Friday, October 4, 2019

Resep Paragede Jaguang Padang Panjang, Cemilan Gurih dan Hangat Sehangat Cinto Uda ka Adiak


Resep Paragede Jaguang Padang Panjang, Cemilan Gurih dan Hangat Sehangat Cinto Uda ka Adiak

 
Resep Paragede Jaguang Padang Panjang
Resep Paragede Jaguang Padang Panjang



Rahma Weni ---- Paragede Jaguang, begitulah namanya di Sumatera Barat. Perkedel jagung atau bakwan jagung merupakan jajanan gurih dan hangat yang  biasanya dijajakan di perhentian bus antar kota.  Di kawasan ini takhanya bus antar kota saja yang berhenti, kendaraan lain pun banyak yang berhenti di sini. 

Biasanya di jalan ke Bukittinggi atau jalur yang melewati air terjun Lembah Anai, di sekitar wisata Lembah Anai bus-bus antar kota akan berhenti sejenak dan pada saat iytu naiklah para penjaja perkedel jagung atau yang lebih sering disebut paragede jaguang yang aroma perkedelnya sungguh menggugah selera, rasanya gurih, manis, sedikit pedas dan dijual dalam keadaan masih hangat. 

Cemilan Paragede jaguang ini sangat hits, lho. Saking nge hits nya muncullah slogan, “Cinto Uda ka Adiak, mode Paragede Jaguang di lembah Anai, Angek Taruih”. (Cinta Abang ke Adek seperti Perkedel Jagung di Lembah Anai, selalu hangat). hohoho

Perkedel jagung ini dibuat dari jagung manis yang dihaluskan lalu ditambah dengan bawang yang dihaluskan dan tepung lalu digoreng. Biasanya perkedel jagung Padng Panjang ini berukuran lebih mini dan bentuk yang bulat lonjong jika dibandingkan dengan perkedel jagung di tempat lain yang berbentuk lebih gepeng. 

Kalau ke Padang Panjang atau Bukittinggi ataupun melewati Lembah Anai, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah membeli perkedel jagung. Kamu harus nyicipin jajanan ngehits ini, "paragede angek, paragede angek" begitu kira-kira penjualnya menjajakan cemilan ini.  

Baca Juga:

3 Ide Bekal Sekolah Anak Tanpa Dimasak. Cepat, Mudah dan Mengenyangkan

Bahan-bahan  

2 buah jagung manis
1 batang daun bawang
3 batang seledri
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah cabai merah keriting (sesuai selera, jika mau lebih pedas, bisa ditambah)
 1 telur ayam
1 sendok makan tepung beras
3 sendok makan tepung terigu
secukupnya garam
secukupnya  lada bubuk

Cara Membuat:

Jagung manis diblender kasar, cabe keriting digiling halus dengan bawang putih.
Daun bawang dan seledri iris halus
Campurkan jagung, telur, tepung beras dan terigu, potongan daun bawang dan seledri, gilingan cabe dan garam secukupnya
Aduk rata adonan, kalau masih encer tambahkan tepung terigu dan beras secukupnya sampai adonan mencapai kekentalan yang pas
Cetak dengan menggunakan sendok makan, kurang lebih 1 sdm
Goreng dengan api sedang
Kalau udah kecoklatan angkat, lalu tiriskan
Paragede Jaguang siap sajikan.
Cemilan ini sangat nikmat disantap ketika masih hangat.
Selamat mencoba.

Itulah resep Perkedel Jagung Padang Panjang yang bisa dicoba di rumah.

­­­ Sehangat Cinto Uda ka Adiak
mrkantuk dzikirkukan oleh semua wanita, termasu wanita yang sedang haid.

3 Amalan Sunnah Wanita di Hari Jum’at

3 Amalan Sunnah Wanita di Hari Jum’at


 
3 Amalan Sunnah Wanita di Hari Jum’at
Amalan Sunnah di hari Jum'at




Rahma Weni --- Hari Jum’at merupakan hari istimewa karena berbagai hal besar terjadi di hari Jum’at. Nabi Adam diciptakan pada hari Jum’at, dimasukkan di keluarkan dari surga pada hari Jum’at juga, dan hari kiamat kelak akan terjadi pada hari Jum’at juga.\

Pada hari Jum’at, ada beberapa amalan sunnah yang bisa kita lakukan. Ada banyak pahala sunnah yang bisa diraup ketika hari Jum’at tiba. Di hari yang istimewa ini tentunya sangat sayang untuk melewatkan pahala amalan sunnah yang bisa kita tabung.

Inilah 3 amalan sunnah yang bisa kita lakukan untuk meraih pahala yang berlimpah:

Membaca Surat Al Kahfi

Amalan sunnah yang pertama yang bisa kita lakukan adalah membaca QS AL Kahfi. Membaca surat Al Kahfi merupakan hal yang sangat dianjurkan (mustahab) di hari Jum’at karena pahalanya yang begitu besar sebagaimana dua hadist ini

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470).

Semoga kita bisa melakukan amalan sunnah yang pahalanya besar ini. Semoga Allah selalu memberikan kemudahan kepada kita untuk melakukan amal shaleh.

Memperbanyak Shalawat

Amalan selanjutnya adalah membaca shalawat. Amalan ini bisa dilakukan oleh semua wanita, termasuk wanita yang sedang haid.

Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap hari Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti“. (HR. Al-Baihaqi)

Memperbanyak Do’a


Di hari Jum’at kita dianjurkan untuk memperbanyak berdo’a. Di hari selain Jum’at pun dianjurkan untuk berdo’a, tetapi di hari Jum’at Rasul menyebutkan keutamaannya:

 “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangan beliau sebagai gambaran akan sedikitnya waktu itu” (H.R Muttafaqun Alaih).

Gambaran waktu yang dimaksud, terdapat 4 pendapat ulama
1.      Sejak imam naik mimbar sampai selesai shalat Jum’at
“Waktu tersebut adalah ketika imam naik mimbar sampai shalat Jum’at selesai”[10]. Pendapat ini dipilih oleh Imam Muslim, An Nawawi, Al Qurthubi, Ibnul Arabi dan Al Baihaqi.

2.      Setelah ashar sampai terbenamnya matahari. Berdasarkan hadits:
“Dalam 12 jam hari Jum’at ada satu waktu, jika seorang muslim meminta sesuatu kepada Allah Azza Wa Jalla pasti akan dikabulkan. Carilah waktu itu di waktu setelah ashar”[11]. Pendapat ini dipilih oleh At Tirmidzi, dan Ibnu Qayyim Al Jauziyyah. Pendapat ini yang lebih masyhur dikalangan para ulama.

3.   Setelah ashar, namun diakhir-akhir hari Jum’at. Hal ini didasari oleh riwayat dari Abi Salamah. Ishaq bin Rahawaih, At Thurthusi, Ibnul Zamlakani menguatkan pendapat ini.

4.   Pendapat keempat, yang juga dikuatkan oleh Ibnu Hajar, yaitu menggabungkan semua pendapat yang ada. Ibnu ‘Abdil Barr berkata: “Dianjurkan untuk bersungguh-sungguh dalam berdoa pada dua waktu yang disebutkan”.

Dengan demikian seseorang akan lebih memperbanyak doanya di hari Jum’at tidak pada beberapa waktu tertentu saja. Pendapat ini dipilih oleh Imam Ahmad bin Hambal, Ibnu ‘Abdil Barr.[12]

Semoga kita diberikan kemudahan oleh Allah untuk melakukan amalan sunnah di hari Jum’at.


Thursday, October 3, 2019

Kumpulan Resep Infused Water dr. Zaidul Akbar


Kumpulan Resep Infused Water dr. Zaidul Akbar

Kumpulan Resep Infused water dr. Zaidul Akbar
Kumpulan Resep Infused water dr. Zaidul Akbar


Rahma Weni – Sudah pada tahu apa itu infused water? Yap, Infused water adalah air mineral atau air putih biasa yang dicelupkan beberapa potong buah-buahan, sayur atau rempah ke dalamnya lalu disimpan di wadah tertutup atau botol kaca dan didiamkan selama waktu tertentu (sekitar 6-12 jam) untuk mendapat manfaat yang lebih banyak. Infused water ini sedang menjadi trend minuman kesehatan dan termasuk di Indonesia.  


Air memegang peranan penting dalam tubuh kita, lebih dari 50% tubuh kita terdiri dari air. Kebutuhan cairan tubuh harus terpenuhi setiap hari dan setiap orang punya cara masing-masing untuk memenuhi asupan cairan entah itu dengan minum air putih atau air soda, jus atau cairan lainnya. 


Namun, uniknya penikmat minuman manis dan dingin lebih banyak jika dibandingkan dengan air putih, termasuk saya. Hihi. Dulu, saya jarang minum air putih. Ketika cuaca sedang panas terik dan tenggorokan kering, saya lebih memilih minuman manis seperti teh atau kopi kemasan yang manis dan dingin karena saya nggak terlalu suka dengan air putih yang cenderung tawar.


Setelah minum teh atau kopi kemasan memang rasa haus hilang seketika, tapi besoknya tenggorokan saya langsung sakit dan suara serak. Akhirnya ketemu sama resep air infused Jurus Sehat Rasulullah (JSR) dr. Zaidul Akbar  yang rasanya ada manis-manisnya, gitu. Hihi. Apalagi infused water buah, hmm, seger beneer.


Mengapa Harus Infused Water

Menurut dr Zaidul Akbar, buahan-buahan atau sayuran ataupun herbal lain yang direndam dalam waktu tertentu memiliki kandungan yang lebih sehat daripada mengonsumsinya secara langsung. Hal ini disebabkan karena sari-sarinya sudah menyatu dengan air karena proses difusi osmosis yang terjadi. Infused water atau air alkali ini dapat menyeimbangkan ph tubuh dan membantu membakar lemak.

Apa saja resep air nano yang kaya manfaat itu? 

Resep Infused Water yang Kaya Manfaat itu? 

Kayu Manis, Madu dan Jahe

Tahu nggak kalau kombinasi jahe, madu sama kayu manis ini bagus banget? Salah satunya bisa sebagai obat sakit perut, membantu sistem kekebalan tubuh, dan sebagai obat kanker. Kayu manis juga bisa bikin langsing, lho. Yuk, yang mau coba infused water kayu manis

Bahan-bahan

2 buah kayu manis
2-3 ruas jahe
3-4 sdm madu
Secukupnya air matang

Cara membuat:

1. Cuci semua bahan sampai bersih
2. Masukan kayu manis dan jahe yg sudah di iris tipis kedalam wadah botol kaca
3. Isi air matang secukupnya, tambahkan madu
4. Bisa di simpan dalam waktu 6 jam. Maksimal 12 jam.

Kayu manis dengan nama Latin Cinnamomum verum ini kalau di cari di kolom pencarian google manfaatnya banyak banget. Ciri khas dari tanaman ini adalah bisa menghasilkan minyak (Cinnamaldehyde) dan menghasilkan asam lemak (arachidonic) yang berfungsi untuk mencegah pengumpulan darah dan sebagai anti peradangan. Dan khasiat yang paling terkenal dari Kayu Manis ini adalah mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, jadi baik digunakan bagi penderita diabetes.

Semangka Lemon

Bahan-bahan:

Semangka, beberapa potong

Lemon, beberapa iris tipis

Cara Membuat:


Semangka potong-potong, kulitnya juga masukkan, ya. Karena di kulit semangka juga mengandung nutrisi.
Masukkan potongan semangka 1/3 dari botol lalu beri irisan lemon 3 potong.
Rendam semua bahan dengan 600ml air lalu biarkan selama 6-12  jam di suhu ruang atau di kulkas juga bisa, setelah itu siap dikonsumsi.

Manfaat semangka

Menyehatkan jantung dan tulang
Semangka kaya likopen sebagai antioksidan
Menghindari dehidrasi dan kaya serat
Mengatasi dan mencegah impoten
Kaya witamin dan nutrisi penting
Mengontrol diabetes. ...
Mengobati gangguan ginjal. ...
Mengatur tekanan darah.

Manfaat jeruk lemon

~Baik untuk perut
~Perawatan kulit
~Perawatan gigi
~Menyembuhkan infeksi tenggorokan
~Menurunkan berat badan
~Kontrol tekanan darah tinggi

Jangan lupa cuci bersih kulit buah pakai baking soda/cuka apel/air garam. Karena di kulit semangka mengandung banyak pestisida. Jadi, pastikan semangkanya dicuci bersih, ya.

Apel, Anggur, Chiaseed

Bahan-bahan:

Apel, potong potong
Anggur, cuci bersih, potong (masukkan juga bijinya)
Chiaseed

 Cara Membuat:

Semua bahan dimasukkan dalam wadah lalu tambahkan air, diamkan selama 6 jam. Infused water siap diminum.
Manfaat Apel :
 Meningkatkan kesehatan kulit.
 Mencegah penyakit stroke.
 Membantu diet.
 Menetralisir kadar gula darah.
 Menurunkan kolesterol.
 Mengurangi resiko kanker & penyakit jantung.
 Melancarkan buang air besar.
.
Manfaat Anggur :
 Mencegah kanker.
 Melawan penuaan dini.
 Menjaga kesehatan otak.
 Menurunkan kadar kolesterol.
 Menjaga kesehatan mata.
 Mengendalikan gula darah.
 Membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Chiaseed :
 Melawan radikal bebas & mengurangi peradangan pada pencernaan.
 Membantu menurunkan kolesterol.
 Kaya akan serat, sehingga membantu menjaga kesehatan pencernaan.
 Kaya kandungan antioksidan, sehingga melindungi tubuh dari penyakit berbahaya.
 Membantu mengendalikan gula darah.
 Kandungan serat tinggi, membantu mencegah diabetes.

Baca juga:

Berjalan Tanpa Alas Kaki Itu Ternyata Menyehatkan, lho.

Itulah beberapa infused water yang bisa kamu coba. Tapi, nggak harus saklek seperti itu, ya. Kalau saya sih biasanya apa yang ada di dapur dan disekitar saja. 




Tuesday, October 1, 2019

4 Tips Mudah Agar Anak Suka Membaca

4 Tips Mudah Agar Anak Suka Membaca

 
 4 Tips Mudah Agar Anak Suka Membaca
 4 Tips Mudah Agar Anak Suka Membaca

Rahma Weni ---- Punya anak yang suka membaca itu rasanya nano-nano. Di satu sisi saya senang melihat minat dan ketertarikannya pada buku disaat orang tua lain bersusah-susah mengenalkan buku pada anaknya. Tetapi, di sisi lain saya juga yang repot karena anaknya minta dibacakan buku setiap saat, nggak lihat keadaan. Bayangin aja, saya lagi masak tiba-tiba dia datang dengan setumpuk buku dan menyodorkannya pada saya. “Bundo, tolong bacain buku”, lagi nyuci pun diinterupsi dengan minta dibacakan buku. Bahkan saat saya di kamar mandi pun dia sudah nongkrong di depan pintu sambil memegang buku untuk dibacakan.
  
Memang sejak kecil saya mengenalkannya pada aktivitas membaca buku. Saya coba kenalkan buku sedikit demi sedikit, saya ceritakan satu gambar dan cerita. Sampai sekarang, di usianya yang 4 tahun, Zi sudah mulai menampakkan kecintaannya dalam membaca. Apa saja usaha dan tips yang saya lakukan agar anak bisa akrab dengan buku?

Kenalkan Buku Sejak Dini


 4 Tips Mudah Agar Anak Suka Membaca 
Saya mengenalkan Zi dengan buku pertama kali ketika umurnya 1 tahunan. Waktu itu ada bazaar Big Bad Wolf di Jakarta tahun 2016. Berhubung lokasi domisili yang jauh dari lokasi bazaar, saya memakai jasa titip yang ada di sosial media. Saya membeli buku anak yang jenisnya board book, flip flop dan activity book. Bukunya colorfull, kertasnya tebal dan halamannya terbagi dua bagian.

Perlahan saya bacakan buku pada bocah 1 tahun yang jangankan untuk mengerti ceritanya, bahkan untuk bicara pun dia belum bisa. Pada saat awal-awal dibacakan, anaknya nggak ngerti, melongo aja lihat saya membacakan buku dan membolak-balik halamnnya.
  
Saya rutinkan mengenalkan buku padanya. Butuh waktu berbulan-bulan untuk membuatnya sampai di tahap anteng dibacakan buku. Sampai akhirnya suka dan nagih minta dibacakan buku. Bahkan satu buku bisa khatam sampai berulang-ulang, lalu  minta dibacakan lagi. Saking seringnya dibacakan, dia sampai bisa membaca sendiri lengkap dengan menirukan intonasi saya ketika membacakan buku untuknya. Bukan karena sudah bisa membaca, tapi karena terlalu sering dibacakan akhirnya hafal.  Hmm, anak memang peniru ulung ya.

Baca juga:

Si Kecil Bosan Ketika Perjalanan Jauh? Coba Lakukan 4 Permainan ini selama di Kendaraan


Tempatkan Buku di Semua Sudut Ruangan



Letakkan buku di semua sudut ruangan dan di tempat yang bisa dijangkau anak. Jadi, ketika anak mau membaca buku, dia akan mengambil seendiri buku yang disukainya lalu membawanya ke kita untuk dibacakan. Kalau bertamu ke rumah saya, jangan heran kalau buku berserakan dimana-mana, bahkan di kasur pun ada buku. Setiap saat saya "ditodong" untuk membacakan buku yang segabruk sampai kadang mulut rasanya kering, tenggorokan serak karena "ditodong" bacain buku berjilid-jilid.

  
Ciptakan Kebiasaan Read Aloud

Pernah mendengar metode read aloud? Read aloud dapat diartikan dengan membacakan anak buku cerita, dengan suara yang lebih nyaring, intonasi yang berbeda dan juga diikuti dengan mimic wajah. Metode read aloud diperkenalkan oleh Jim Trelese dalam bukunya “The Read Aloud Handbook”. Menurutnya, metode read aloud merupakan metode membaca paling efektif untuk anak-anak. Mengapa? Karena metode ini bisa mengondisikan otak anak untuk merasakan bahwa membaca merupakan aktivitas yang fun. Poin penting metode read aloud yang harus dipahami bersama adalah mengajarkan anak suka membaca, bukan bisa membaca.

Beri Contoh

Anak akan lebih cepat memahami apa yang kita lakukan daripada apa yang kita ucapkan. Sebagai orang tua berikan contoh pada anak bahwa kita juga punya kebiasaan membaca. Mau baca buku cerita, novel atau majalah atau apapun nggak masalah. Sepanjang anak melihat kita membaca, maka anakpun akan mencontohnya. Ia akan terdorong juga untuk ikut membaca.

Itulah beberapa tips sederhana yang saya terapkan pada anak untuk menumbuhkembangkan  rasa cinta membaca sejak dini. Selamat bersenag-senang dengan buku. Semoga berhasil. Tapi, setelah berhasil resiko tanggung sendiri. Kalau setiap saat ditodong buat bacain buku sama anak bahkan tengah malam saat terbangun pun mintanya dibacain buku. Mata sepet, disuruh bacain buku, salah baca anaknya marah. Kejadian ini sering saya alami, lho. Ampun deh kalau kayak begini
















Pengalaman Melahirkan Secara Normal

Pengalaman Melahirkan Secara Normal





Rahma Weni --- Saya adalah tipe orang yang sangat takut berhadapan dengan dokter, rumah sakit dan segala jenisnya.  Apalagi sebagai perempuan, ketakutan terbesar saya adalah saat melahirkan. Dalam benak saya terbayang rasa sakit yang amat sangat menyakitkan. Ketakutan ini disebabkan apa? Yap, karena sinetron-sinetron yang pernah saya tonton. Digambarkan di sinetron itu betapa sakitnya melahirkan, sampai-sampai pemeran wanitanya berteriak histeris menahan sakit. Iya, dulu waktu kecil saya suka nonton sinetron bahkan sering numpang nonton tv ke rumah sebelah agar bisa menyaksikan kelanjutan sinetron yang kemaren, tapi sekarang saya sudah tobat, nggak pernah lagi nonton sinetron. Gimana mau nonton, tv aja nggak punya. Sejak punya anak kami memutuskan untuk tidak memiliki televisi di rumah. Kami memang orang tua anti mainstream. Haha

Selaain karena sinetron yang menayangkan proses persalinan yang menyakitkan  ditambah lagi dengan cerita dari mulut ke mulut tentang proses melahirkan makin membbuat nyali saya menciut dan takut melahirkan.  Hingga sampai saat saya menikah pun ketakutan itu masih setia tersimpan di pikiran. 2 tahun setelah menikah saya positif hamil. Bahagianya luar biasa saat itu tapi di sisi lain ada rasa ketakutan yang menari-nari.

Alhamdulillah, kehamilan berjalan normal dan lancer tanpa masalah-masalah yang serius. Keluhan saya semasa hamil berupa pusing, lemas, dan mual, biasa yang terjadi pada ibu hamil. Mendekati hari prediksi kelahiran yang dijadwalkan tanggal 5 Mei 2015, saya masih belum ada tanda-tanda mau melahirkan. Orang tua saya mengatakan bahwa kelahiran bayi itu bisa maju dari HPL, kadang juga bisa mundur dari perkiraan. Biasanya kalau anak yang dikandung laki-laki maka ia akan lahir lebih awal dari HPl, namun jika bayi yang dikandung perempuan, maka kelahirannya akan mundur dari HPL yang sudah dihitung”, begitu kata orang tua saya. Mendengar statement orang tua, saya jadi nggak terlalu mengkhawatirkan HPL yang sudah lewat beberapa hari. Banyakin aktivitas fisik aja, seperti jongkok berdiri, pesan orang tua. Saya manut aja, nggak tahu apa tujuannya saat itu. haha

Sebelum Melahirkan

Tanggal 9, saya merasa ada sesuatu yang tak biasa,ada  air seperti air seni yang tiba-tiba keluar tanpa disadari.Besoknnya  saya periksa ke bidan, di cek pakai kertas lakmus. katanya yang keluar bukan air ketuban. Mungkin karena BBJ yang besar sehingga ruang geraknya terbatas dan menindih kandung kemih”, begitu tutur bidannya. Kemudian dilakukan pemeriksan dalam, baru pembukaan 1. Sementara HPL sudah lewat. Saya disuruh pulang dengan  diresepkan obat. Esoknya, kontraksi sudah mulai terasa dari siang. Perut mulas dengan intensitas yang ringan dan jedda waktu yang lumayan lama.Sementara air masih keluar merembes. Semakin sore semakin sering terasa kontraksi sampai malam hari kontraksi semakin hebat. Bahkan saya sampai berkeringat dingin menahan sakit. Malamnya, jam 8 setelah isya, keluar darah dan air merembes lalu saya langsung ke Puskesmas.
Sampai di puskesmas masuk ke ruang bersalin dan diperiksa lagi,  pembukaan 2 dengan diagnosa ketuban rembes. Saya makin takut dan cemas. Takut akan seramnya proses persalinan, takut dengan diagnose bidannya. Saya disuruh istirahat di tempat tidur sambil diobservasi bidan. “Jika tidak ada kemajuan pembukaan sampai jam 12 malam ini, maka pasien akan kami rujuk ke Rumah Sakit karena ketuban sudah rembes dan HPL sudah lewat”, begitu penjelasan bidan. Perasaan saya semakin tak menentu, terbayang dokter, rumah sakit, ruang operasi di pikiran saya. Hanya 1 hal yang bisa dilakukan saat itu, berbaring sambil istighfar. 

Secara berkala pembukaaan dicek, Alhamdulillah ada kemajuan dari yang awalnya 2 meningkat ke 4, lalu ke 7. Itu artinya saya nggak  jadi dirujuk ke RS. Kadang sakitnya datang, kadang pergi. Saat datang, rasanya sampai nggak bisa nafas. Jam 2.30 sdinihari, mulas semakin kuat dan sering, dicek pembukaan Alhamadulillah sudah lengkap.Semua peralatan tempur disiapkan bidan, instruksi pun dimulai. saat mengejan jangan merem, lihat ke perut. Ketika mengejan pertama, bayi keluar kepalanya saja. mengejan kedua keluar dengan sempurna. "sudaaah", kata bidannya.  Akhirnya legaaaa. Tangisan bayi membuat saya mengucap syukur. tepat jam 3 dinihari, bayi saya lahir ke dunia dengan berat 3 kg dan panjang 51 cm.  Dengan kondisi mata minus 3, saya bisa melihat bayinya dibersihkan dengan samar-samar.  

Setelah dibersihkan, dilakukan IMD. Masya Allah begini rasanya. Setelah bayi dibersihkan, giliran membersihkan plasenta, perut diuyel-uyel rasanya ngiluuu. 

Setelah Melahirkan

Tak lama setelah IMD, drama masih berlanjut. Drama yang tak kalah sakit dari yang sebelumnya, dijahit. Saya dijahit karena tadi bidan melakukan episiotomi. Rasanya? Wow banget. Dijahit tanpa dibius. Saya merasakan setiap tusukan-tusukan jarum dan benang yang ditarik-tarik dalam keadaan sadar.

2 hari di Puskesmas, saya diizinkan pulang karena kondisi saya dan  bayi sehat. Alhamdulillah    

Monday, September 30, 2019

3 Ide Bekal Sekolah Anak Tanpa Dimasak. Cepat, Mudah dan Mengenyangkan


3 Ide Bekal Sekolah Anak Tanpa Dimasak. Cepat, Mudah dan Mengenyangkan


Rahma Weni --- Saat si kecil sudah memasuki usia sekolah, Bunda tentu tetap ingin agar asupan nutrisinya tetap terjaga dengan membekalinya dengan makanan yang bergizi. Namun seringkali saat pagi hari merupakan saat-saat paling banyak menyita waktu dan menguji kesabaran, mulai dari drama membangunkan anak, drama di kamar mandi, drama pakai baju  dan kegiatan lain yang menguras habis waktu pagi hari sehingga Bunda tidak sempat berlama-lama untuk memasak bekal buat si kecil.

Bagi Bunda yang ingin tetap membekali anak namun dengan tidak berlama-lama di dapur, ide bekal ini bisa Bunda coba. Menu bekal praktis tanpa menghidupkan kompor. Menu cepat, praktis dan enak. Yuk, lihat ide bekal anak mudah ini!

1. Roti Abon

Roti Abon Bekal Sekolah si kecil


Bahan:
- 3 potong roti tawar atau roti gandum
- 1 sendok butter
- 4sdm abon sapi atau abon ayam

Cara membuat:
1. Oleskan semaa permukaan roti dengan mentega secara erata
2. Letakkan abon di wadah, lalu balur permukaan roti yang sudah diberi mentega dengan abon.
Taraa, Roti Abon siap dimasukkan dalam kotak bekal di kecil sebagai pelengkap harinya di sekolah. 

2. Baked Potato

 
Baked Potato bekal sekolah


Bahan
- 2 buah kentang ukuran sedang
- 2 sendok margarin
- 1 batang keju Mozarella atau keju Quick Melt
-  garam dan merica secukupnya
-Mayonaise untuk toppingnya

Cara membuat
1. Cuci bersih kentang lalu tusuk-tusuk semua permukaan kentang menggunakan garpu.
3. Masukkan dalam microwave panaskan selama 5 menit.
4. Balik kentang, lalu panaskan lagi  dengan microwave sisi yang satunya selama 5 menit.
5. Keluarkan dari microwave  jika kentang sudah terasa lembut,. Belah dua kentang lalu bumbui dengan garam dan merica.
6. Oleskan permukaan ketang dengan mentega, beri keju di atasnya.
7. Masukkan kembali kentang ke dalam microwave, masak sebentar sampai bumbu meresap dan keju lumer.
Kalau suka, beri Mayonaise di atasnya sebagai topping.

Kentang  panggang siap jadi bekal anak ke sekolah. Cepat, mudah dan mengenyangkan. Selain itu juga bisa ditambah dengan cocolan saos tomat biar lebih maknyus. .

baca juga:

Si Kecil Bosan Ketika Perjalanan Jauh? Coba Lakukan 4 Permainan ini selama di Kendaraan

Ide Sensory Play Mudah dan Menyenangkan. Main Bareng Buah Hati, Yuk



3. Tuna Sandwich


Tuna Sandwich


Bahan:
- 1 kaleng tuna
- 1 butir bawang merah, iris
- 1 batang seledri, cincang halus
- mayonnaise secukupnya
- 1/2 sdt perasan lemon
- sejumput garam
- sejumput merica
- 2 lembar roti tawar

Cara membuat:
1. Tiriskan tuna lalu campur dengan seledri, bawang, mayonnaise, perasan lemon, garam, dan merica.
2. Oleskan campuran tuna yang sudah diberi bumbu ke atas roti, lalu tutup lagi dengan roti di atasnya.
3. Potong roti secara diagonal sehingga menjadi dua segitiga sama besar
Tuna sandwich ini juga bisa Bunda tambahkan beberapa lembar selada, irisan tomat biar gizinya makin lengkap.

Bekal cepat, mudah dan mengenyangkan sudah siap dibawa si kecil ke sekolah.

Itulah bekal super cepat tanpa perlu menghidupkan kompor, tanpa perlu berlama-lama di dapur. Bunda bisa mencobanya di rumah. Selamat mencoba. Semoga anak-anak suka.