Saturday, January 26, 2019

5 jenis Gendongan Bayi dari Masa ke Masa, Favoritmu yang Mana?

Memiliki bayi tentunya tak lepas dari aktivitas gendong-menggendong. Zaman dahulu, ketika aktivitas gendong menggendong belum se hits sekarang, bayi yang sering menangis minta digendong dicap sebagai anak yang ‘bau tangan’. Namun sekarang sebutan bau tangan sudah dihempas manja oleh para mama muda, yang memberdayakan menggendong bayi atau yang lebih populer dengan babywearing.
Gendongan bayi merupakan perlengkapan wajib yang harus dimasukkan dalam list persiapan lahiran lho. 

Ada banyak jenis gendongan bayi dengan berbagai model atau jenis yang dijual di pasaran. Kamu dapat memilih gendongan yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan. Yuk, intip 5 jenis gendongan bayi dari masa ke masa.

1. Ring Sling


Gendongan ini bentuknya seperti selembar kain yang ujungnya diselipkan ke cincin (ring) besi hingga terbentuk simpul. Ring sling memiliki dua buah ring yang biasanya berbahan besi atau plastik. Kedua ring ini akan berfungsi sebagai simpul untuk mengikat, yang akan mengatur kencang atau longgarnya gendongan.
Ring sling cukup ngehits di kalangan pasangan muda yang baru memiliki bayi karena lebih praktis. Penggendong tidak perlu mengikat-ikat kain gendongan untuk membuat simpul. Ring sling bisa dipakai sejak newborn hingga bayi mencapai berat badan 18 kg.
Nilai plusnya gendongan ini terletak pada kepraktisannya ketika dipakai serta ringnya dapat diatur panjangnya sesuai dengan postur tubuh penggendong. Sedangkan kekurangan gendongan tipe ini adalah beban yang tertumpu pada satu bidang bahu, kalau lama-lama ya pegal juga.

2. Pouch Sling




Gendongan Pouch sling merupakan gendongan dari selembar kain yang kedua ujungnya dijahit sehingga menjadi satu lingkaran utuh. Penggendong tinggal mengalungkan kain ke leher tanpa harus mengatur panjang pendeknya. Pouch sling dijual dengan panjang yang bervariasi, kamu dapat memilih ukuran pouch sling yang sesuai dengan postur tubuhmu. Nilai plusnya pemakaian gendongan ini sangat mudah sekali lho, praktis tanpa ribet, tingal slup, namun kekurangannya gendongan ini tidak bisa dipakai bergantian jika postur tubuh ayah atau ibu yang akan menggendong berbeda jauh.

3. Baby Wrap



Gendongan ini berbentuk sehelai kain yang lumayan panjang yang memungkinkan untuk membuat berbagai macam simpul saat menggendong bayi. Kainnya lembut dan berbahan elastis sehingga bisa dililitkan di tubuh untuk menggendong bayi dengan cara menghadap depan, menghadap dada, samping, atau di belakang. Gendongan ini cocok digunakan untuk bayi berusia di bawah 1 tahun atau yang tidak terlalu berat.
Nilai plus gendongan ini kainnya yang fleksibel untuk dibuat bermacam simpul yang membuat penggendong nyaman. Kalau capek gendong samping karena beban tertumpu pada satu bahu, bisa diganti dengan gendong model depan yang digantung di kedua bahu. Namun kelemahan baby wrap ini terletak pada penggunaanya yang rumit, dibutuhkan skill mengikat untuk membuat simpul.

4. Jarik



Nah, ini gendongan tradisional yang menggunakan ikatan atau simpul. Siapa sih yang gak kenal gendongan kain jarik? Gendongan yang sudah populer sejak zaman dahulu. Sehelai kain batik panjang yang dipasangkan mengelilingi tubuh bayi dan penggendong lalu dibuat simpul di ujung untuk mengencangkannya. Jarik bisa dipakai sejak bayi baru lahir hingga usia 2 tahun.
Kalu dulu motif jarik hanya batik, namun kini motifnya tak melulu batik lho. Ada juga motif-motif modern yang bisa disesuaikan dengan selera.
Nilai plusnya gendongan jarik adalah nyaman digunakan di rumah selain itu kain bagian depan juga bisa berfungsi sebagai penutup saat menyusui atau saat anak tidur. Namun karena beban tertumpu pada satu bahu, kalau terlalu lama menggendong akan menimbulkan rasa kurang nyaman.

5. Soft Structure Carrier (SSC)


SSC ini gendongan masa kini yang berbentuk seperti ransel dan bersabuk pinggang. Gendongan ini dipasang di bagian depan tubuh penggendong. Bisa dipakai sejak bayi 3-4 bulanan jika SSC memiliki dudukan bayinya (hipseat). Bayi bisa digendong menghadap depan atau menghadap ke tubuh penggendong. 

Gendongan jenis SSC ini banyak diminati para ayah, mungkin karena modelnya yang mirip ransel ya, terlihat lebih keren. Nilai plusnya gendongan ini adalah bisa menutupi tubuh saat menyusui. Talinya juga bisa disesuaikan dengan postur tubuh. Namun agak repot ketika memakainya.

Dari 5 jenis gendongan bayi dari masa ke masa, favoritmu yang mana?

Salam gendong,



#ODOP
#day21
#estrilookcommunity


EmoticonEmoticon