Wednesday, January 2, 2019

5 Kreasi Resep Tempe Kekinian Ala Menu Restoran, Favoritmu Yang Mana?

5 Kreasi Resep Tempe Kekinian Ala Menu Restoran, Favoritmu Yang Mana?


Tahu kan kalau tempe, makanan asli Indonesia ini, sudah go internasional. Tempe memang makanan yang sudah melekat di lidah indonesia kita karena selain harganya yang ramah di kantong, tempe juga kaya akan protein.

Tapi, bosan nggak sih kalau tempenya dimasak  jadi tempe mendoan aja  tiap hari tanpa kreasi dan inovasi? Kesannya tempe merupakan makanan yang kurang greget, kurang kece, nggak kekinian dibanding makanan mewah di restoran.

Duh, siapa bilang sih tempe makanan yang biasa –biasa aja, kurang berkelas dan kurang kece. Tempe juga bisa lho mengikuti perkembangan zaman dan menyesuaikan penampilannya. Tempe juga bisa dihidangkan seperti hidangan ala-ala restoran.

Coba saja lihat resep-resep kreasi tempe di bawah ini, pasti kamu akan semakin cinta sama tempe. Nggak percaya? Yuk, disimak.

1. Steak Tempe

resep steak tempe
img via widhiaanugrah.com


Tak hanya daging yang bisa diolah menjadi steak dengan taburan saus lada hitam seperti hidangan resto berkelas, tempe juga bisa dong! Cara membuat steak tempe mudah, tak seribet yang kamu pikir lho. 
Bahan yang  kamu perlukan:

1/2 papan tempe
1 butir telur
2 sdm tepung terigu
4 siung bawang merah
ketumbar bubuk
garam dan gula secukupnya
1 bungkus saus lada hitam siap saji
lada hitam bubuk
1 bawang bombay
Minyak untuk menumis

Cara membuat Steak Tempe:

Potong tempe menjadi bagian kecil-kecil lalu rebus sekitar 10 menit.
Ulek bawang merah, bawang putih, dan ketumbar hingga halus.
Tumbuk  tempe sampai agak halus lalu campurkan dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, masukkan tepung terigu, garam, dan gula sekucupnya.
Bentuk adonan tempe menjadi pipih, layaknya steak, dan panggang di atas teflon yang sudah diberi minyak.
Panggang hingga kecoklatan. Angkat dan taruhlah di atas piring saji.
Untuk sausnnya, kamu cukup menambahkan saus lada hitam siap saji ke dalam wajan kemudain tambahkan irisan bawang bombay.
Tuangkan saus di atas steak tempe, lalu taburkan lada hitam bubuk.
Tadaaa! Steak tempe lada hitam sudah siap untuk kamu santap.
Boleh juga lho kalau kamu mau menambahkan sayuran yang sudah direbus
Mudah, Bukan?

2. Ulala~ Burger Tempe, Enaknya Maknyus

Resep Burger Tempe
dapurkobe.com


Bagi kamu yang burger holic, cobain deh burger tempe ini. Selain enak, kamu juga bisa membuatnya sendiri. Bahan yang perlu disiapkan, antara lain:

3  potong  roti burger
Tempe setengah papan
Kornet secukupnya
2 sdm margarin
daun selada
tomat, iris
Garam secukupnya
1 butir telur
1 bungkus tepung bumbu
minyak untuk menggoreng
mayonaise, saus dan keju (optional)

Cara Membuat Burger Tempe

Parut tempe, campurkan dengan kornet dan garam.
Bentuk adonan menyerupai bulatan yang pipih.
Kocok telur lalu  celupkan adonan ke telur, gulingkan adonan yang sudah diberi kocokan telur ke tepung bumbu.
Goreng dengan api sedang hingga matang.
Oles roti burger dengan margarin, beri isian selada, tomat, burger tempe,
Beri parutan keju, olesi dengan saus, dan mayonaise sesuai seleramu.
Ulala, burger tempe siap jadi cemilan di sore hari.

  

3. Bakso Tempe yang Rasanya Nnggak Kalah Nikmat dari Bakso Sapi

Resep Bakso Tempe
img via pinterest


Bagi kamu yang suka bakso, nggak rugi deh kalau nyobain bakso tempe. Rasanya nggak kalah enak kok dari bakso ayam atau sapi.

Ini nih bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat bakso tempe:
1 papan tempe
250 gr tepung sagu
100 gr tepung terigu
1 butir telur
3 siung bawang putih, haluskan
Garam, penyedap (opsional), air es secukupya

Cara Membuat Bakso Tempe

Potong tempe kecil-kecil, kukus sampai empuk, kemudian haluskan.
Campurkan semua bahan kecuali air dan aduk sampai rata.
Masukkan air es sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk.
Bentuk adonan menjadi bakso lalu rebus di air mendidih yang sudah ditambahkan minyak sayur 2 sdm.
Angkat bakso jika sudah mengapung
Bakso tempe siap dihidangkan bersama mi dan pelengkap lainnya.

4.  Sushi Tempe, Sushi ala Indonesia

Resep Sushi Tempe
foody.id

Kalau biasanya sushi diisi dengan daging ikan salmon, kali ini kita isi dengan tempe. Sushi isi tempe pastinya akan lebih cocok buat lidah Indonesia kita ini. Nggak usah bingung mau beli sushi tempe di mana, kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah.

Bahan yang kamu perlukan cuma 500 gr tempe, nori secukupnya, 4 buah telur, 1 buah timun,  bawang putih dan secukupnya garam.

Cara Membuat Sushi Tempe:

Kukus tempe yang sudah dipotong kecil setengah matang
Beri bumbu bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan
Kukus lagi hingga matang.
Campur bumbu dan tempe hingga rata lalu diamkan sampai tempe dingin.
Kocok telur lalu goreng dengan ketebalan kurang lebih 1-1,5 cm, kemudian iris memanjang.
Siapkan gulungan sushi atau bisa jjuga dengan memakai plastik.
Taruh nori di atas gulungan dan tambahkan tempe yang sudah dihaluskan tadi sambil ditekan-tekan agar padat.
Tambahkan telur dan irisan timun di atas tempe (isinya bisa disesuaikan dengan selera kamu ya).
Kemudian kamu gulung sambil ditekan agar sushinya padat
Potong sushi tempe sesuai dengan seleramu.
Jadilah sushi tempe yang nikmat

5. Yuhu, Bola-bola Tempe Isi Telur Puyuh yang Endess 

Bola-bola Tempe Isi Telur Puyuh yang Endess
img via Thinkstock.com


Untuk membuat bola-bola tempe, kamu hanya memerlukan bahan-ini
200 gr tempe, kukus dan tumbuk sampai halus
1 butir telur
1 batang daun bawang, iris tipis
Telur puyuh rebus yang sudah dikupas
minyak goreng secukupnya
Bumbu yang di haluskan:
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai rawit merah
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt garam
kaldu bubuk secukupnya

Bahan balutan untuk membuat bola-bola tempe:
3 sdm tepung terigu, larutkan dengan segelas air
100 gr tepung roti

Cara Membuat Bola-bola Tempe :

Campurkanlah tempe yang sudah ditumbuk dengan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk sampai rata.
Tambahkan telur dan daun bawang, lalu aduk lagi hingga tercampur semuanya.
Ambil satu sendok makan adonan, lalu pipihkan dan beri isian satu butir telur puyuh, bulatkan adonan hingga telur puyuh terbungkus dengan adonan tempe.
Lakukan seterusnya hingga adonan habis.
Celupkan bola tempe ke larutan terigu lalu gulingkan ke tepung roti.
Diamkan bola-bola tempe yang sudah diberi tepung roti di dalam kulkas selama 1 jam agar tepung roti menempel sempurna.
Goreng dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan.
Bola-bola tempe pun siap disajikan.

Nah, itu dia 5 kreasi olahan tempe yang akan membuat tampilan dan rasa tempemu nggak membosankan. Terbukti kan, tempe tetap bisa tampil kekinian?  Penampilan, penyajian tempe tetap bisa keren dan kece kan dengan kreasi tempe ini? Nggak ada salahnya kok kalau kamu mau mencobanya.

Yuk, buat sendiri kreasi tempemu. Semoga berhasil ya!   

Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day3