Saturday, January 26, 2019

7 Persiapan Melahirkan yang Tak Boleh Ketinggalan, Ibu Baru Wajib Tahu

Memasuki trimester ketiga kehamilan banyak hal yang harus dipersiapkan apalagi bagi Mom Wannabe. Momen menunggu saat-saat kelahiran buah hati tentu menjadi momen yang membahagiakan sekaligus mendebarkan. Bahagia karena makhluk kecil yang sudah menghuni rahim hampir 9 bulan lamanya tak lama lagi akan hadir ke dunia, mendebarkan karena akan memasuki ruang bersalin dan merasakan kontraksi demi kontraksi.

Sembari menunggu hari persalinan tiba, calon ibu perlu mempersiapkan berbagai perlengkapan yang akan dibawa. Persiapan melahirkan tidak hanya tentang baju-baju si kecil lho. Barang-barang kebutuhan kita sebagai ibu khususnya ibu baru juga perlu dipersiapkan, agar proses melahirkan lebih nyaman. Apa saja ya, barang keperluan ibu yang harus dipersiapkan, selain menyiapkan mental dan biaya persalinan?

Intip yuk, 7 keperluan Ibu yang perlu dibawa menjelang melahirkan di rumah sakit.

1. Kartu Identitas


Kartu identitas merupakan hal penting yang harus dipersiapkan sebelum melahirkan. Kartu identitas ini meliputi semua kartu pengenal seperti KTP, Kartu Keluarga, kartu asuransi atau kartu jaminan kesehatan. Kartu identitas ini tidak boleh ketinggalan karena kelengkapan data pribadi diperlukan untuk mengurus administrasi rumah sakit.

2. Ponsel


Siapa sih yang gak bisa lepas dari ponsel di era milineal? Yap, ponsel, charger, power bank merupakan item nomor 2 yang harus siap. Ponsel berfungsi sebagai alat multi guna. Ponsel nantinya akan digunakan untuk menghubungi keluarga dan kerabat untuk memberi tahu kabar bahagia tentang kelahiran buah hati.

Selain itu ponsel juga akan mengabadikan momen bahagia bersama si kecil melalui bidikan foto ataupun video ketika ia sudah hadir ke dunia ini. Pastikan kamu menyimpan daftar kontak untuk dihubungi dan menyiapakan space kosong untuk foto-foto bersama si kecil.

3. Toiletries (Perlengkapan mandi & perawatan tubuh)


Sebaiknya kamu membawa peralatan mandi dan skin care sendiri. Walaupun ada rumah sakit atau klinik yang menyediakan peralatan mandi, belum tentu cocok dengan produk yang biasa kamu pakai terutama jika kulitmu tergolong sensitif.

Itulah kenapa sebaiknya kamu membawa perlengkapan mandi. Selain perlengkapan mandi, ada baiknya kamu juga membawa skincare dan alat makeup sederhana, seperti lotion, pelembap, bedak atau lipbalm supaya terlihat segar ketika ada kerabat yang berkunjung.

4. Pakaian Menyusui yang Nyaman dan Kaus Kaki

Salah satu persiapan melahirkan yang harus disiapkan jelang persalinan adalah pakaian yang nyaman dan simple. Sebaiknya bawa pakaian dengan jenis bukaan depan, hal ini bertujuan untuk mempermudah proses menyusui ketika si Kecil sudah lahir nanti. Tak lupa juga bra menyusui. suhu di ruang bersalin sangat dingin yang kadang membuat kamu harus mengenakan kaus kaki.

Bagi kamu yang berhijab, perlu sekali membawa persediaan hijab terutama saat menyusui atau menerima tamu yang berkunjung

5. Cemilan


Cemilan kaya energi seperti biskuit dan buah-buahan bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Namun, jika kamu memiliki riwayat alergi konsultasikan terlebih dahulu dengan doker untuk mengetahui apakah ada makanan tertentu yang menjadi pantangan sebelum dan setelah proses persalinan.

6. Benda-benda Relaksasi


Kamu memiliki benda favorit seperti MP4 player, foto, boneka, atau bantal? Nah, benda-benda favoritmu boleh dibawa untuk kenyamanan saat harus menginap di rumah sakit. Keberadaan benda-benda favorit ini dapat memberikan energi positif dan ketenangan serta membantu mengurangi rasa cemas dan stres sebelum melahirkan. Benda-benda favorit itu akan membuatmu lebih rileks jelang proses melahirkan

7. Buku Catatan


Yap, buku catatan ini nantinya akan berguna setelah melahirkan untuk mencatat hal penting yang disampaikan dokter mengenai perawatan bayi yang baru lahir. Catatan ini dapat menjadi pegangan untuk memonitor perawatan si Kecil, seperti saat kamu mencatat perkembangan janin dalam kandungan.
Itulah 7 perlengkapan yang perlu dibawa sebagai persiapan untuk melahirkan. perlengkapan ini harus sudah berada di tas dan ready to go jika hari persalinan sudah dekat.
Semoga proses persalinan nanti berjalan dengan lancar!


Salam,

#day22
#ODOP
#Estrilookcommunity


EmoticonEmoticon