Sunday, January 13, 2019

9 Cara Jitu mengatasi Mual dan Muntah saat Hamil Muda


Mual merupakan keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil di masa-masa awal kehamilan. Banya khal yang menyebabkan mual pada ibu hamil diantaranya kadar hormon HCG dan hormon estrogen yang melonjak drastis di awal-awal masa kehamilan.  Hal ini disebabkan karena kedua hormon ini memicu bagian otak yang mengontrol mual dan muntah menjadi lebih sensitif terhadap aroma, bau, dan rasa tertentu.

Mual saat hamil tidak bisa dianggap sepele jika nafsu makan  menghilang, badan lemas dan lesu, dan jarang berkemih. Saat hamil muda, tubuh membutuhkan banyak nutrisi untuk pertumbuhan janin yang optimal. Jika mual membuat ibu hamil kehilangan nafsu makan, dari mana janin bisa memperoleh kebutuhan gizinya? Karena itulah mual saat hamil perlu diatasi dengan baik.

Yuk, simak 9 Cara Jitu mengatasi Mual dan Muntah saat Hamil Muda
.

1.                  Cukupi Kebutuhan Air




Ibu hamil yang sering mengalami mual dan muntah akan kekurangan cairan. Oleh sebab itu ibu hamil harus mengganti cairan tubuh yang hilang dengan cara minum air putih yang cukup, 10-12 gelas per hari karena kebutuhan cairan saat hamil lebih banyak dibanding saat sebelum hamil.

Air putih hangat bisa dijadikan pilihan jika mual dan muntah melanda karena minum air hangat akan menetralisir penyebab mual. Rasa hangatnya bisa lebih diterima oleh usus dibandingkan jika kamu minum air putih dingin atau es.

2.         Hirup Aroma Wewangian yang Segar



Mual pada masa awal kehamilan umumnya disebabkan oleh indera penciuman yang sensitif. Kadar hormon estrogen yang meningkat menyebabkan indera penciuman menjadi lebih sensitif. Wajar jika ibu hamil dapat mencium aroma yang kurang sedap dari jarak yang lumayan jauh atau malah tidak suka aroma tertentu selama hamil. Saat mual mulai muncul karena mencium aroma yang tidak disukai, cobalah hirup aroma wewangian yang segar, seperti lemon atau rosemary untuk mengurangi mual saat hamil muda. Pilih aroma wewangian yang mengandung bahan alami ya!

3.         Makan dengan Porsi yang Sedikit, namun Sering



Ketika hamil, produksi asam lambung meningkat yang menyebabkan perut sering terasa kembung. Hal tersebut sering membuat nafsu makan berkurang karena rasa mual tak tertahankan. Namun, kamu harus tetap makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Untuk mengatasinya, makanlah dengan porsi yang sedikit, namun sering. Selalu siapkan camilan atau biskuit ke mana pun pergi untuk menahan rasa mual. Jangan biarkan perutmu kosong, Dears!

4.         Konsumsi Jahe



Jahe disinyalir mampu mengatasi mual bagi ibu hamil. Kandungan minyak atsiri yang ada dalam jahe ampuh mengatasi rasa mual. Saat mual coba tambahkan irisan tipis jahe ke dalam air hangat atau teh. Minumlah hingga rasa mual mereda. Selain akan memberikan rasa hangat di perut, aroma jahe yang segar bisa membuat tubuh dan pikiran rileks.

5.         Melakukan Jeda Saat Pagi Hari



Kebiasaan sebelum hamil ketika bangun tidur adalah langsung beranjak dari tempat tidur. Kebiasaan itu akan terbawa saat hamil muda. Jangan langsung beranjak dari tempat tidur Beri jeda waktu antara  bangun tidur dan waktu beranjak dari tempat tidur. Ketika bangun tidur dan merasakan mual, sebaiknya makan camilan atau biakuit sebelum beranjak dari tempat tidur.

6.         Konsumsi Buah yang Kaya Vitamin C



Kandungan vitamin C yang ada di dalam buah bermanfaat untuk menetralisir rasa mual, namun buah yang terlalu asam tidak dianjurkan bagi ibu hamil yang menderita asam lambung. Buah dalam kondisi dingin dipercaya bisa menetralisir rasa mual dibandingkan dengan buah dalam suhu ruang.

7.         Alihkan Perhatian



Ketika rasa mual yang melanda terasa mengganggu, alihkan perhatian dengan melakukan hal-hal yang menenangkan seperti membaca buku, main game sejenak, melatih pernafasan hidung dan perut, atau sekedar berjalan-jalan menghirup udara segar. Saat tenang, badan dan pikiran jadi rileks. Saat rileks, mual tidak akan mudah datang dan menyerang.

8.         Istirahat yang Cukup



Ibu hamil yang mual dan muntah disarankan untuk istirahat yang cukup. Istirahat bisa membantu pikiran dan badan ibu hamil rileks. Saat rileks, mual bisa hilang dan diatasi.

9.         Olahraga



Ibu hamil muda juga harus olahraga. Olahraga yang bisa dilakukana selama hamil adalah olahraga dengan gerakan ringan. Olahraga ringan yang dilakukan ibu hamil dapat mengurangi rasa mual yang melanda. Jalan-jalan di pagi hari bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa mual pada ibu hamil.
Nah, selain menghindari bau-bauan yang memicu rasa mual, 9 Cara jitu di atas bisa kamu coba untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil muda

 Postingan ini diikutsertakan dalam ODOP Estrilook Community

#day11



EmoticonEmoticon