Wednesday, January 30, 2019

Belalang Goreng, Kuliner Ekstrim Khas Gunung Kidul. Berani Mencobanya?


Kuliner apa saja yang pernah kamu cicip saat liburan ke Jogja? Gudeg yang melegenda? Bakpia khas Jogja? Tiwul atau makan di angkringan? Hmm, rasanya kuliner ini sudah akrab di lidahmu, apalagi bagi kamu yang sudah berkali-kali ke Jogja. Namun, akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan jika kamu berlibur di Jogja dan mencicipi kuliner ekstrem di Jogja. Yap, belalang goreng Gunung Kidul.

Apa yang terpikir saat melihat belalang? Serangga yang biasa ditemukan di persawahan ini memang menjadi makanan yang biasa dikonsumi oleh penduduk Gunung Kidul. Belalang goreng khas gunung Kidul ini aman di konsumsi karena belalang yang digoreng merupakan  belalang daun. 

Belalang Daun
Belalang Daun


Kudapan ini aman di konsumsi asalkan kamu enggak merasa geli menyantapnya. Belalang dibersihkan kemudian dibalur dengan bumbu bawang putih, ketumbar dan garam lalu digoreng. 

Varian rasa dari belalang goreng ini ada 2 yaitu original dan pedas manis. Untuk rasa pedas manis maka akan ditambahkan cabai ke dalam baluran bumbunya.

Bagaimana rasa belalang goreng ini? Kriuk! Renyah, itulah kesan pertama bagi setiap orang yang baru pertama kali mencoba belalang goreng. Rasa gurih mendominasi rasa yang dikeluarkan belalang pada pertama kali gigitan. Semua bagian belalang bisa dimakan termasuk bagian kepala dan kakinya, lho.

Jika dirasakan dan dinikmati, belalang goreng ini memiliki cita rasa yang tak jauh berbeda dengan udang. Hanya saja, karena bentuknya yang tak biasa membuat orang merasa geli untuk mencicipinya.

Belalang Goreng Khas Gunung Kidul
Belalang Goreng Khas Gunung Kidul, Berani Menyantapnya?

Ternyata untuk mencicipi kuliner ekstrem tak perlu jauh-jauh ke Thailand, di Gunung Kidul pun kamu bisa mencicipinya. Biasanya cemilan belalang goreng ini dijual di warung-warung sepanjang jalan di Gunung Kidul. Harganya pun beragam, berkisar Rp 6.000/bungkus  sampai Rp 12.000.

Bagi kamu yang alergi makanan berprotein tingga maka sebaiknya berhati-hati saat menikmati makanan ini karena dapat menyebabkan gatal-gatal yang disebabkan oleh kandungan protein yang ada di belalang. Kamu berani mencobanya?


Salam, 

30 komentar

Zaman dulu katany belalang goreng nih lumrah y mb
Tapi saya pribadi geli2 gimana gitu wkkk

enggak, saya ngeliatnya geli, wkwk. Duh saya makan yang normal-normal ajalah, gak berani makan yang aneh-aneh, wkwkkw.

Saya gak berani mencobanya, Mba. Geli. Melihatnya aja udah gimana gitu, bagaimana bisa memasukkannya ke mulut.

Gak tega mau makannya juga Mbak, kalo ada yang nawarin saya pass aja

Gak mau nyobain. Hihi 😅 saya kebayang pas masih hidupnya. 🙈🙊

Duh, jadi ingat masa lalau. Sebagai seorang yang mendalami ilmu di perguruan per-seranggaa-an, saya pernah makan belalang goreng, kriuk-kriuk, enak kok.. Katanya di Thailand, ada restoran khusus penyedia makanan dengan berbahan dasar serangga. Kapan-kapan mau ah ke sana..Hehe

Duh aku gelii ya liat gambarnya hehe.. suamiku pernah makan dan akhirnya langsung gatel2 parah, jdnya aku gak berani coba deh

seumur-umur, saya belum pernah nyobain belalang goreng. penasaran sih. tapi kok geli ya kalau banyak gitu

Enak banged nih mba...aq suka bbrp kali ke Gunkid sll mmpir untul mmbeli. Betul rasanya kriuk dan gurih banged. Tp hrganya kok yg mb tulis murah bnged? Kami mmbelinya 25 rb/ mika ... Hehe...topaq suka walang goreng, hehe

Kuliner ekstrim yang pernah saya cicipi laron mb, hehe. Itu aja dulu saat masih kecil. Sekarang gelii liatnya.

Iyap, belalang goreng di Gunung Kidul terkenal banget, tapi sayang, saya nggak berani nyoba. Gak tega makan yg aneh² hihii

Gmn ya Mbak? Di daerah kami ga pernah makan seperti ini. Jadi, membayangkannya agak gimana gitu

iya mbk, biasa aja dulu orang makannya. dulu belalang dicari di sawah, kemudian digoreng dan dimakan, gitu cerita tetangga saya yang sudah nenek2. sekarang ngebayanginnya aja udah geli hihi

hihi, sama mbk. saya juga geli liatnya.

katannya sih enak mbk, gurih kaya udang dan ketika digigit ada senssi kriuk krispinya.

hihi. sama mbk, saya juga gak ada nyali buat nyicipinnya.

gak tega atau gak berani mbk? duaduanya kali ya

bergerak, loncat loncat ya mbk. takut nanti pas dimakan kebayang dia loncat sana sini

wih mbk salbiah berani nyobain y. Makan belalang dalam rangka apa mbk, tugas kuliah atau gimana? iya, katanya di thailand banyak resto dengan kuliner ekstrem

hihi, geli y mbk. katanya kalau alergi dengan makanan berprotein tinggi, sebaiknya gak usah makan belalang mbk.

hihi, liat belalang setoples jadi gak berani nyicipin

wiih,mantap. mbk erny sering makan walang goreng. katanya sih harga tergantung juga ama suply belalang daunnya mbk. kalau lagi musim, harganya murah. tapi kalau gak musim kadang harga 1 ekor belalang mentah yg masih hidup aja bisa sampai seribuan, apalagi kalau yg udah digoreng, lebih mahal lagi.

makan laron mbk? masihh ingat gan mbk, gimana rasanya? sekarang jadi geli sendiri y mbk

kita makannya gak usah yang ekstrim2 y mbk.geli.

dulu di daerah saya juga ada yg makan belalang goreng mbk, tapi sekarang udah gak ada lagi kayaknya. sekarang kita makan yg nirmal2 aja/ hehe

Waduh, saya malah ngeri ya liatnya, Mbak. Makannya ekstrim banget, kalau di tempat kelahiran saya di Papua malah lebih ekstrim lagi. Ulat bulu dimakan hidup😓

Waduh, saya malah ngeri ya liatnya, Mbak. Makannya ekstrim banget, kalau di tempat kelahiran saya di Papua malah lebih ekstrim lagi. Ulat bulu dimakan hidup😓

serin dengar menu belalang goreng ini, tapi rasanya kalo disuruh makan, daku belum sanggup mbak huhuhuhu

Mbaaaa aku tuh pernah mau beli ini, pas lagi mau otw k goa pindul trus ga d bolehin sama mamah, karena geli sama bentukannya juga takut akunya alergi. Suatu saat aku mau banget nyoba! Hihi


EmoticonEmoticon