Thursday, January 24, 2019

Kuota Internetmu Sering jebol? Yuk Baca 5 Tips Mudah Menghemat Kuota Internet di Smartphone (Part 1)

Rahma Weni --- Sering nggak sih kamu merasa kuota internetmu boros? Begitu cek kuota, eh tiba-tiba kuota internetnya sudah hampir habis alias sekarat perasaan baru diisi. *jangan bawa-bawa perasaan, yes *  

Padahal kamu jarang membuka aplikasi yang boros kuota internet demi menghemat paket data, tapi tetap aja kuota internetmu jebol. Mau nggak mau paket data kamu pun harus diisi agar tetap terkoneksi dengan dunia luar, apalagi bagi kamu yang sangat tergantung dengan koneksi internet untuk bekerja, ya kan? *Emak-emak online shop, mana suwaranyaaa?* 

Nah, menemukan cara menghemat kuota internet dan menerapkannya pada smartphonemu adalah solusi terbaik agar tidak terjadi pemborosan yang berkepanjangan demi membeli paket internet.

Yuk, baca 10 tips mudah menghemat kuota internet agar kuota internetmu nggak jebol lagi

1. Pilihlah Browser yang Hemat Data untuk Berselancar di Dunia Maya

Google Chrome dan Opera Mini
Google Chrome dan Opera Mini


Ketika berselancar di dunia maya tentunya kita akan membuka browser. Tahukah kamu kalau tidak semua browser bisa hemat data? Beberapa browser bahkan bisa memakan banyak data ketika digunakan untuk membuka halaman website, terutama browser bawaan dari smartphone.

Nah, untuk menghemat penggunaan kuota internet, sebaiknya kamu menggunakan browser yang lebih efisien. Browser yang bisa menghemat kuotamu adalah Google Chrome dan Opera Mini. Kedua browser ini sangat efektif bila kita ingin menghemat kuota internet di Android.

Namun, tentu saja kita perlu melakukan sedikit setting pada kedua browser tersebut. Berikut Settingan untuk masing-masing browser: 

Bagi kamu pengguna browser Google Chrome: setelah membuka browser > kamu tap ikon tiga titik di kanan atas browser > pilih Settings > pada bagian Advanced, kemudian  aktifkan Data Saver

Opera Mini: pada dasarnya opera mini tidak memerlukan pengaturan khusus karena Opera Mini sangat efektif untuk menghemat penggunaan mobile data. Namun, jika kamu sering menonton video streaming di Smartphone dan tetap ingin menghemat kuota internet maka kamu bisa mengompresi video dengan fitur unik di Opera Mini. 

2. Uninstall Aplikasi yang Memakan Kuota Internet dengan Cepat 

Facebook
Facebook

Paket internet habis dikarenakan smartphonemu diinstal dengan aplikasi yang boros internet, memakan paket internet secara massive. Tahukah kamu kalau aplikasi Facebook yang diinstall merupakan aplikasi yang boros kuota internet? Tapi, hampir semua pengguna smartphone menginstal aplikasi Facebook di smartphonenya, termasuk saya. wkwk

Tak dapat dipungkiri kalau aplikasi Facebook ini sangat kita butuhkan terutama bagi yang punya bisnis online. Facebook menjadi salah satu media promosi selain media sosial yang lainnya. Namun, bagi kamu yang menggunakan Facebook sebagai media untuk bersosialisasi saja sebaiknya segera hapus aplikasi ini. Bukan hanya paket internet saja yang cepat habis, daya baterai juga akan cepat terkuras.

Hmm, sepertinya mustahil untuk say goodbye pada aplikasi dengan latar warna biru ini, ya. Jika kamu memakai facebook sebagai media bersosialisasi saja, dan tetap berat hati untuk meng uninstall aplikasi ini, lebih baik pakai aplikasi Facebook Lite saja karena Facebook Lite lebih hemat kuota.

3. Update Aplikasi hanya ketika Connect dengan Wifi

 Update Aplikasi hanya ketika Connect dengan Wifi
 Connect dengan Wifi

Update aplikasi smartphone sangat memakan kuota internet, lho. Apalagi jika aplikasi di smartphonemu cukup banyak yang di update. Pasti memakan kuota internet yang tidak sedikit. Nah, agar kuota internetmu tetap aman terkendali dan untuk mencegah aplikasi melakukan update /pembaruan secara otomatis, yang harus kamu lakukan adalah mengatur update hanya ketika smartphone mu Connect dengan Wifi.  

Buka PlayStore kemudian tap menu dengan ikon tiga garis > Pilih Settings > Pilih “Auto-update apps” > Pilih “Auto-update apps over Wi-Fi only“

Dengan melakukan pengaturan seperti ini, maka semua aplikasi di smartphone hanya akan terupdate jika smartphonemu connect dengan Wi-fi. Tentu saja hal ini akan membuat kuotamu aman terkendali. Jika kamu tak bisa berpisah dengan facebook, kamu bisa coba tips ini untuk menghemat kuota

4. Batasi Penggunaan Data di Latar Belakang

Bacground Data
Bacground Data

Background data merupakan  salah satu pemborosan data internet yang terjadi ketika  kita tidak menggunakannya, bahkan sering tidak disadari. Salah satu contoh background data adalah update feed, sistem notifikasi, widget cuaca, sinkronisasi email, dan lain-lain. Membatasi penggunaan data di latar belakang merupakan cara paling mudah  untuk menghemat kuota internet.  

Caranya klik Settings >kemudian tap Data Usage > Pilih Restrict Bacground Data atau batasi penggunaan data di latar belakang

Selain itu, kamu juga bisa mengaturnya pada masing-masing aplikasi. Misalnya ingin menonaktifkan sinkronisasi email, maka kamu bisa masuk ke settings, kemudian tap Account Google, lalu matikan fitur auto-sync.

5. Setting Aplikasi Navigasi dalam Mode Offline

Offline Map
Offline Map


Aplikasi maps ini sangat boros memakan kuota sehingga sangat disarankan untuk menggunakannya dalam mode offline. Masa sih  kita bisa menggunakan Google Maps ketika tidak tersambung ke internet, gimana caranya? 

Buka aplikasi Google Maps > Tap menu dengan ikon tiga garis > Pilih “Offline Maps” > Pilih “Select Your Own Map” > Geser map untuk menentukan area > kemudian klik Download

Tentunya proses mendownload inipun membutuhkan koneksi internet. Namun, ketika kamu sudah mendownload Offline Maps maka kamu bisa menggunakan aplikasi navigasi dalam mode offline khusus di area yang sudah didownload sebelumnya tadi.

Salam,



#ODOP
#day16
#estrilookcommunity



EmoticonEmoticon