Friday, January 25, 2019

Kuota Internetmu Sering jebol? Yuk Baca 5 Tips Mudah Menghemat Kuota Internet di Smartphone (Part 2)

Hai sobat blogger!

Tips dan Trik --- Bagi kamu yang merasa sering boros kuota internet, sudah baca belum 5 Tips Mudah Menghemat Kuota Internet di Smartphone? Kamu bisa baca di sini

Masih belum cukup puas dengan 5 tips mudah yang pertama? yuk, baca   5 Tips Mudah Menghemat Kuota Internet di Smartphone (Part 2) 

6. Setting Aplikasi WhatsApp




Sering kita temui gambar yang dikirim via WhatsApp sudah tersimpan di Gallery sebelum kita membuka chatt di WhatsApp. Fitur Auto download ini membuat kuota internetmu boros, lho. Kamu hanya perlu mengatur settingan WhatsApp seperti ini: 
Buka aplikasi Whatsapp >kemudian tap menu dengan ikon tiga garis > Pilih Settings > Pilih Data Usage > Tap “When using mobile data” pastikan semua kolom tidak dicentang > kemudian tap OK.

Dengan melakukan pengaturan seperti ini, gambar, video atau media apapun di WhatsApp tidak akan diunduh ke smartphonmu. Selain menghemat data internet, kamu juga menghemat penggunaan space memori smartphonemu, lho.

7. Download Musik dan Video Kesayanganmu


Bagi kamu yang suka streaming YouTube, Spotify, serta situs streaming video dan musik lainnya, dapat dipastikan kuotamu akan cepat jebol. Selain kuota yang jebol, kegiatan streaming ini  juga boros baterai dan membuat smartphone cepat panas. 

Cara paling mudah menghemat kuota untuk memonton video dan musik di smartphone adalah dengan cara mendownload musik kesukaanmu biar kamu bisa memutarnya sesering yang kamu mau tanpa memikirkan kuota. Tentu saja mendownload musik membutuhkan microSD dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besa, tapi cara ini lumayan bisa mengakali kuota internet daripada harus streaming musik online setiap kali kamu ingin mendengar lagu kesukaanmu yang membuat kuota intermu jebol. 

8. Non-Aktikan Push Content dari Aplikasi




Push Content merupakan notifikasi bahwa ada update di sebuah website yang secara otomatis “didorong atau di push” ke ponsel Anda. Push content ini biasanya berasal dari berbagai aplikasi yang terinstal di smartphone Anda, misalnya Facebook, Twitter, Pinterest, dan aplikasi lain yang diinstall di Smartphonemu.

Jumlah push content yang tinggi secara konstan akan membuat penggunaan kuota semakin besar. Nah, kamu bisa menonaktifkan Push Content ini melalui menu Data Usage. Selain itu, kamu juga bisa menonaktifkan melalui menu di aplikasi itu, misalnya pada aplikasi Facebook. 

Buka aplikasi Facebook > Tap bagian menu dengan ikon tiga garis > Pilih Pengaturan Akun > Pemberitahuan > Tap “Aktivitas Tentang Anda” > Non aktifkan Push, Email, dan SMS. 

Dengan begini, Push Notification sudah kamu non aktifkan dan akan berpengaruh pada pemakaian kuota yang lebih irit.

9. Jangan Sembarangan Upload Video dan Gambar ke Sosmed



Apa yang ada di pikiran kita ketika menemukan sesuatu yang menarik di sekitar? Yap, cekrek, cekrek, cekrek kemudian upload ke media sosial. Kebiasaan inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa kuota internet cepat habis. Salah satu cara menyiasatinya adalah tidak sembarangan upload video dan gambar ke media sosial.


10. Jangan Sia-siakan Hotspot di Sekitarmu



Berselancar di internet secara gratis adalah surga bagi para penggila smartphone. Ketika kamu sedang di kafe, restoran, atau tempat-tempat yang menyediakan koneksi Wi-Fi gratis, sebaiknya jangan sia-siakan kesempatan ini. Manfaatkan layanan tersebut semaksimal mungkin. 

Ketika kamu terhubung dengan Wi-Fi, maka kamu bebas melakukan apa saja, misalnya update aplikasi, upload video ke sosial media, streaming music atau apapun yang kamu mau. Berselancar dengan menggunakan internet gratis dari Wi-Fi merupakan cara menghemat kuota internet di smartphone yang paling saya sukai, hehehe. *missqueen kuota*


Itulah 10 cara menghemat kuota internet di Smartphone agar kuotamu nggak jebol lagi. 

Selamat mencoba ya.

Salam internet gratis,

#ODOP
#day17
#estrilookcommunity



EmoticonEmoticon