Sunday, January 6, 2019

Musim Hujan Datang Jangan Tumbang. Jaga Kesehatan Dengan 7 Tips Ini


Musim Hujan Datang Jangan Tumbang. Jaga Kesehatan Dengan 7 Tips Ini



Selalu ada kegembiraan yang turun bersama hujan. Apalagi kalau huan turun setelah kemarau panjang Tapi hati-hati, saat musim hujan akan ada berbagai penyakit yang siap menyerang tubuhmu. Karena itu, menjaga kesehatan di musim hujan sangat dianjurkan agar kamu tetap bisa fit selama musim hujan.

Yuk, jaga kesehatan dengan melakukan 7 tips sederhana ini agar kamu tidak tumbang selama musim hujan datang.

1. Jangan Percaya Ramalan Cuaca, terkadang Ramalan Cuaca Sering PHP


Buat kamu yang sering berpatokan ke prakiraan cuaca di gadget, jangan terlalu percaya deh. Terkadang cuaca bisa menipu. Pagi hari cuaca cerah berawan eh sore diguyur hujan. Jangan mau di PHP sama cuaca ya. Jadi ada baiknya kamu sedia payung atau jas hujan di tas jika kamu akan bepergian agar tidak kehujanan. Setelah dipakai jangan lupa keringkan ya dengan cara diangin-anginkan agar esok bisa dipakai lagi dan tidak menimbulkan bau yang bisa merusak moodmu.





2. Segera Mandi setelah Kamu Kehujanan


Jika kamu kehujanan, setelah sampai di rumah  segera mandi. Lebih baik lagi jika kamu mandi berendam air hangat. Berendam air hangat akan membuat tubuh kembali segar dan melancarkan sirkulasi darah.



3. Tetap Berolahraga


Sudah tahu kan kalau sel darah putih akan membantu tubuh melawan penyakit? Nah, olahraga akan membuat sel darah putih dalam tubuh menjadi lebih aktif. Kamu cukup melakukan olahraga ringan saja, nggak perlu yang berat-berat kok. Sit-up, push up atau melakukan peregangan otot saja itu sudah cukup lho.



4. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan


Saat musim hujan jangan lupa jaga kebersihan diri ya. Udara yang lembab akan membuat kuman gampang berkembang biak. Tubuh kita, apalagi tangan kita, jadi lebih mudah dihinggapi kuman penyakit. Kalau bibit penyakit sudah menempel di tangan akan lebih mudah masuk  ke tubuh. Jadi, biasakan cuci tangan pakai sabun sebelum dan setelah makan ataupun stelah berakitivitas agar kamu tetap higienis.

Tak hanya kebersihan diri yang harus dijaga ya. Kebersihan lingkungan juga harus dijaga. Bersihkan saluran  air yang menggenang karena air yang menggenang akan menjadi tempat berkembang biak nyamuk demam berdarah.



5.  Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh



Musim hujan tak berarti kamu mengabaikan kebutuhan terhadap air putih, lho. Walaupun udara dingin yang membuat kamu jarang merasa haus, kebutuhan tubuh akan air putih tetap sama seperti biasa.

Pasokan air yang cukup akan meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan kamu tetap mengonsumsi cairan sedikitnya 1,5 liter perhari. Jika bosan terus-terusan minum air putih, sesekali bisa kok diganti dengan teh tawar hangat atau air jahe yang akan membuat tubuh terasa lebih hangat.

6. Jaga Asupan Makanan


Jangan lupa makan makanan yang bergizi selama musim hujan agar tetap bisa fit beraktivitas. Ada baiknya kamu memperbanyak konsumsi makanan hangat dan berkuah agar tubuh tetap merasa hangat meski udara di luar begitu dingin. Misalnya sup kuah, sayuran dengan kuah hangat, soto ayam dan makanan berkuah sehat lainnya.



7. Istirahat yang Cukup


Tips terakhhir yang nggak kalah penting adalah istirahat yang cukup. Saat musim hujan jangan sampai kamu kurang tidur. Kurang tidur akan menyebabkan kondisi fisik melemah dan kamu akan mudah terserang bibit penyakit.

Itulah 7 tips yang bisa kamu lakukan agar tubuh tidak tumbang saat musim hujan datang. 

Postingan ini diikutsertakan dalam ODOP Estrilook COmmunity
#day7