Friday, January 25, 2019

Padang Mangateh, New Zealand yang Terhampar di Tanah Minang


Bagi kamu yang suka sekali dengan novel atau film The Lord of the Rings, pasti tahu dong ya setting novelnya? Yap, New Zealand. Kamu yang fans beratnya pasti terbersit keinginan untuk bisa plesir ke New Zealand suatu saat nanti. Menghirup udara segar perbukitan, bentangan alam pemandangan hijau sejauh mata memandang dan menikmati keindahan Desa Hobbiton. Tapi, sayangnya keinginan untuk bertandang ke sana belum bisa kamu wujudkan dalam waktu dekat karena terkendala biaya. Impianmu untuk menikmati indahnya desa Hobbiton harus kamu kubur karena kamu harus merogoh kocek dalam-dalam. Huhuhu, syedih deh.

Tapi tenang aja, kamu nggak usah sedih. Ada satu daerah di Indonesia yang sering disandingkan dengan New Zealand karena kemiripannya dengan padang rumput Hobbiton yang hijau. Namanya Padang Mangateh, Hanya saja di padang Mangateh kamu tidak akan menjumpai rumah Hobbit yang warna-warni seperti di New Zealand. Tapi, soal panoramanya enggak kalah kece deh, dengan yang di New Zealand.

Pemandangan Padang Mangateh
Pemandangan Padang Mangateh pict via instagram

Sejarah Padang Mangateh


Padang Mangateh, begitulah penduduk lokal menyebutnya. sebuah lokasi yang dibuat khusus untuk peternakan yang diberi nama Balai Pembibitan Ternak Unggul Dan Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas (BPTU-HPT) yang telah berdiri sejak tahun 1916. Peternakan ini merupakan warisan zaman kolonial Hindia Belanda dengan luas 280 hektar.

Padang Mangateh merupakan komplek peternakan yang terletak di ranah Minang, di kaki gunung Sago Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.  Dulunya, hewan yang diternakkan adalah kuda. 

Padang Mangateh dulunya sempat menjadi peternakan terbesar di Asia Tenggara, lho. Dalam sejarah perjalannya, peternakan ini pernah mengalami pasang surut bahkan kehancuran. Namun, kini pemerintah mulai mendukung eksistensi peternakan ini.

Lokasi Padang Mangateh


Padang Mangateh berlokasi di Jl. Padang Mangatas, Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Padang Mangateh berjarak lebih kurang 136 KM dari Kota Padang dan dari Kota Payakumbuh berjarak sekitar 12 KM.

Keindahan Padang Mangateh, New Zealand Ranah Minang

Udara yang segar, panorama alam yang sangat memanjakan mata, dan hamparan padang rumput hijaunya yang begitu luas menjadi ciri khas Padang Mangateh. Panorama padang rumput hijau membuat Padang Mangateh menjadi spot kece untuk foto-foto. 

Tak hanya untuk menikmati hamparan padang rumput yang hijau dan menghirup udara yang segar, bahkan ada juga pasangan yang mengabadikan momen romantis mereka di sini untuk mengambil foto pra/pasca wedding. Kamu kapan foto wedding di sini, mblo

Prawedding/Pasca Wedding di Padang Mangateh
Prawedding/Pasca Wedding di Padang Mangateh


Rona hijau rerumputan yang terhampar luas selaras dengan langit biru berhias awan, sungguh mirip dengan wallpaper dalam laptopmu. Hehe.

img via instagram @nlha_kurnia


Ada lebih dari 1200 ekor sapi  Limosin mendiami padang rumput hijau ini. Sapi-sapi ini dibiarkan berkeliaran agar mereka memperoleh makanan terbaik dan terhindar dari stres jika mereka di kandangkan.

Rerumputan hijau yang terbentang beserta bukit-bukit yang mengelilinginya membuat Padang Mangateh menyerupai padang rumput yang ada di New Zealand. Ada jalan selebar 1 mobil yang membelah rerumputan hijau di Padang Mangateh ini. Jalan berliku yang akan menuntunmu menuju puncak bukit dan bisa melihat keindahan kota Payakumbuh.

Jalan berliku menuju puncak bukit img via instagram


Buatmu yang butuh piknik, pastikan masukkan Padang Mangateh dalam bucket list tujuanmu ya! Buat kamu fans berat LoTR dan belum sempat mewujudkan keinginanmu untuk bertandang ke New Zealand, tenang, kamu bisa mengunjungi Padang Mangateh lebih dulu. Setidaknya ini bisa menjadi pengobat rindu akan mimpimu yang belum kunjung terwujud.

Salam,

#ODOP
#day18
#estrilookcommunity




EmoticonEmoticon