Saturday, January 19, 2019

Rambutmu Rusak? Simak 5 Tips Mudah untuk Merawat Rambut Rusak

Setiap wanita pasti menginginkan rambut yang indah dan hitam berkilau. Beragam cara pun dilakukan untuk menjaga rambut tetap terlihat indah. Namun karena frekuensi pemakaian alat penata rambut yang panas, pemakaian pewarna rambut atau paparan sinar matahari membuat mahkota wanita pun menjadi rusak. Lalu, bagaimana cara merawat rambut yang sudah rusak agar bisa kembali sehat dan hitam berkilau? 


Yuk, simak 7 tips mudah untuk merawat rambut rusak berikut ini.

 1. Minimalisir Pemakaian Alat Penata Rambut yang Panas



Apa saja alat styling rambut yang banyak dipakai wanita? Yap, Hairdryer, Catokan, Curling Iron. Tapi, tahukah kamu kalau alat-alat penata rambut yang sering kita temui ini dapat mencapai suhu hingga 230°C? Bayangkan tingkat panas yang harus dihadapi rambut kita setiap harinya.  Alat-alat yang memiliki panas ini menjadi penyebab rambut menjadi kering dan rusak.


Jadi, sebaiknya kamu meminimalisir penggunaan alat styling rambut agar rambutmu tidak semakin rusak dan mengganggu penampilanmu. Namun, jika kamu terpaksa harus menggunakannya, pakailah serum atau heat protector sebelum proses styling agar rambut tidak semakin rusak.


2. Sisir Rambut dengan Lembut



Saat basah atau sesaat setelah keramas merupakan kondisi yang paling lemah untuk rambut. Meskipun kamu merasa saat setelah keramas merupakan waktu yang paling tepat untuk menyisir, namun menyisir dengan terlalu semangat ketika rambut dalam keadaan basah justru dapat menyebabkan kerusakan pada kutikula rambut. Jika kutikula rambut rusak maka dapat menyebabkan ujung rambut bercabang dan patah.

Sisirlah rambut dengan menggunakan jari saat keramas menggunakan kondisioner. Kondisioner berfungsi melapisi setiap helai rambutmu dan berperan sebagai pelican atau pelumas. Kondisioner akan membuat rambut menjadi lebih mudah untuk disisir.

Bagilah rambut menjadi beberapa bagian dan sisirlah dengan lembut. Dalam memilih sisir, pilihlah sisir dengan sikat berbahan plastik dan bergigi jarang atau sisir garpu dengan bahan plastik dan bergigi lebar. Sisir jenis ini akan memberikan area lebih bagi helai-helai rambut supaya lebih mudah diurai dan tidak terlalu kusut. 


3.  Atur Frekuensi Keramas



Keramas yang terlalu sering dalam selang waktu yang berdekatan dapat mengikis kelembapan helai rambut dan membuat rambut menjadi kering dan rapuh. Sering keramas akan membuat akar rambutmu jadi lebih mudah lepek serta  kering dan kasar di bagian batang rambut. Jangan terlalu sering keramas, sebagai gantinya gunakan saja dry shampoo di hari-hari kamu tidak keramas. Dry shampoo akan membantu menyerap minyak berlebih di kulit kepala dan menghilangkan bau agar rambut terlihat dan terasa segar seperti sehabis keramas, meskipun tak ada yang mampu menyaingi rasa segar dari rambut setelah keramas. Cukup keramas dua hari sekali agar rambut rusakmu tidak semakin parah.

4.  Jangan Lupa Memakai Hair Mask dan Vitamin Rambut



Memakai masker rambut  juga bisa mengembalikan keindahan rambut. Kamu bisa memakai masker yang dijual di pasaran atau kalau kamu mau yang lebih natural kamu bisa menggunakan masker alami dari lidah buaya, alpukat, atau madu. Masker rambut minimal dua kali seminggu agar rambutmu kembali halus dan berkilau.

Saat rambut dalam keadaan setengah kering, jangan lupa oleskan vitamin rambut. Produk vitamin rambut yang biasanya berbentuk minyak atau gel ini mengandung banyak vitamin dan kandungan lain yang dapat mengembalikan kesehatan rambutmu. Ini akan membuat rambutmu semakin sehat.


5. Lakukan Trimming Rambut secara Berkala


Hal yang tak kalah penting dalam merawat rambut rusak adalah melakukan Trimming secara berkala. Trimming merupakan pemotongan sedikit saja pada ujung rambut, biasanya satu atau dua sentimenter. Trimming berguna untuk membuang ujung rambut yang pecah dan bercabang dengan tetap mempertahankan bentuk rambut.

Itulah 5 cara merawat rambut rusak, agar mahkotamu kembali indah.  


Semoga bermanfaat!


Salam,


Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP Estrilook community
#day15


EmoticonEmoticon