Sunday, January 13, 2019

Waspada Gigi Gigis Pada Anak! Cegah Dengan 7 Tips Ini




Masalah gigi yang sering dialami balita selain gigi berlubang adalah gigis. Gigis merupakan suatu kondisi gigi yang mahkotanya sudah terkikis. Gigi gigis ditandai dengan munculnya karies di sekitar gigi susu yaitu gigi-gigi yang tumbuh pertama kali sebelum berganti dengan gigi permanen.
.
Gigi yang paling sering mengalami gigis atau dalam istilah kedokteran disebut Rampant Caries biasanya deretan gigi seri bagian atas, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa gigis bisa terjadi pada gigi seri bagian bawah dan gigi geraham.






Gigi gigis tidak hanya disebabkan oleh susu formula saja, lho. ASI dan makanan manis yang dikonsumsi anak pun juga bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Saat anak tidur gula yang menempel pada permukaan gigi akan diubah menjadi asam oleh bakteri yang terdapat di dalam mulut. Asam inilah yang nantinya akan membuat gigi menjadi lunak dan terkikis sedikit demi sedikit sehingga menimbulkan kerusakan pada gigi.





Menurut berbagai penelitian, 90% anak usia 3 sampai 6 tahun mengalami masalah gigi gigis. Biasanya permasalahan gigi gigis terjadi di negara berkembang karena makanan dan minuman yang dikonsumsi sangat bervariasi namun tidak diiringi dengan bertambahnya tingkat kesadaran orang tua untuk menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut anak.





Gak mau kan, melihat senyum manis si kecil dihiasi dengan deretan gigi gigis yang sudah menghitam?

Yuk, Lakukan 7 Tips Berikut ini untuk Mencegah Gigi Gigis pada Anak:


1. Latih Anak untuk Menyikat Gigi begitu Gigi Pertama Mereka Tumbuh.



2. Setelah minum ASI sebaiknya lap gigi dan lidahnya dengan kain kasa yang dibasahi dengan air hangat. Jika anak sudah berusia 1 tahun lebih, berikan air putih setelah minum susu untuk menghilangkan sisa gula yang menempel pada giginya.



3. Biasakan anak untuk menyikat gigi sebelum tidur. Ajari anak cara menyikat gigi yang benar (gerakan horizontal). Setelah anak menyikat giginya kita harus menyikat ulang untuk memastikan tidak ada lagi sisa makanan yang menempel di gigi anak.



4. Kurangi frekuensi pemberian makanan dan minuman manis diantara waktu makan utama



5. Berikan anak buah dan sayur serta banyak minum air putih untuk merangsang aliran air ludah



6. Jika anak memiliki kebiasaan minum susu (ngedot) sebelum tidur atau sambil tidur, berikan minum air putih kemudian bersihkan gigi dan lidah anak menggunakan kain kasa yang sudah dibasahi air hangat.



7. Ajak anak ke dokter gigi untuk memeriksa gigi susunya setiap 6 bulan sekali



Namun jika gigi anak terlanjur gigis, apa sebaiknya yang harus dilakukan orang tua? Haruskah deretan gigi gigis itu dicabut? Tak perlu ya. Biarkan saja sampai nanti gigi susu berganti dengan tumbuhnya gigi tetap. Tapi, yang harus diingat adalah selama gigi gigis itu belum tanggal tetap harus dirawat dan dijaga kebersihannya, jangan sampai anak mengalami sakit gigi.

Jika gigi anak sudah terlanjur sakit terutama di bagian gusi, orang tua harus segera membawanya ke dokter gigi untuk dilakukan tindakan selanjutnya.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba di rumah agar si kecil terhindar dari gigi gigis. Agar senyum-senyum di wajah kecil mereka tetap merekah indah tanpa terganggu oleh gigi gigis.





Salam,









#day13
#ODOP
#Estrilookcommunity










































EmoticonEmoticon