Thursday, February 14, 2019

Angels’s Billabong, Keindahan Surgawi yang Tersembunyi Dibalik Bebatuan Pantai Nusa Penida


   
Angel's Billabong di Nusa Penida
   

Rahmaweni.com ----- Dari sekian banyak objek wisata di Pulau Dewata, khususnya di Nusa Penida, siapa yang belum kenal Angel’s Billabong?  Angel’s Billabong merupakan primadona wisata bagi kamu yang menginginkan liburan yang jauh dari hiruk pikuk Bali. Walaupun kamu harus menyeberang dengan Speedboat ke pulau Nusa Penida, tapi percayalah semua lelahmu akan terbayar ketika kakimu menginjak batu karang di Angel’s Billabong.

Nama Angel’s Billabong berasal dari kata “Angel” yang artinya  malaikat/bidadari, dan “Billabong” yang artinya ujung dari sungai yang buntu. Jadi, Angel’s Billabong di Nusa Penida dapat diartikan sebagai tempat yang berupa ujung dari sebuah sungai yang memiliki keindahan surgawi layaknya bidadari.

Yup, Angel’s Billabong merupakan muara terakhir dari air sungai sebelum air sungai mengalir ke laut lepas. Fenomena alam yang luar biasa ini menghasilkan cerukan-cerukan seperti kolam alami yang sangat memukau. air muara sungai yang sangat jernih kian nampak indah dipadukan dengan batu karang yang berwarna hijau kekuning-kuningan.

Img via instagram

Cara Ke Angel’s Billabong, Nusa Penida

Karena Nusa Penida terletak di Tenggara Bali dan dipisahkan oleh selat Badung. untuk sampai ke Nusa Penida kamu bisa naik Speedboat dari dermaga Sanur dengan tarif seharga Rp. 75.000 /orang. Total waktu tempuh dari dermaga Sanur ke Nusa Penida kira-kira 1 jam. Speedboat ini beroperasi dari pukul   07.30 hingga 16.00 WITA.


Sampai di Pulau Nusa Penida, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan sepeda motor dengan medan yang tidak terlalu bagus untuk dilalui motor, siap-siap terombang-ambing di jalan ya, Pegangan yang kuat, biar kamu nggak jatuh. *jangan baper, mblo!*

Ketika kamu sewa motor sekalian sewa local guide juga, ya agar kamu nggak tersesat.  Perjalanan menuju Angel's Billabong akan penuh dengan medan yang menantang, Kamu berjalan melewati bukit dengan jalan setapak dan akhirnya sampai di area yang penuh dengan bebatuan. Angel’s Billabong memang berada di tepi tebing di pinggir pantai. Jadi perjalanan jalan kaki ini di tepi pantai, sehingga kamu bisa mendengar bunyi deru ombak di kejauhan.

Setelah berjalan kaki, akhirnya kamu sampai di tempat yang bagian bawah dari lokasinya nampak menyerupai sebuah kolam renang dengan kumpulan airnya yang berwarna hijau tosca, sangat berbeda dengan warna air laut yang letaknya bersebelahan. Hmmm…pemandangan yang unik, padahal sama-sama kumpulan air, tapi warnanya berbeda.

Aktivitas Seru di Angel’s Billabong


Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini adalah berenang, tapi dengan sensasi yang berbeda dengan kolam renang biasa. Kalau biasanya kamu berenang di kolam yang tenang, nggak ada riaknya, maka di sini kamu akan merasakan sensasi berenang atau berendam dengan latar laut yang masih sangat  alami dan pastinya penuh tantangan. Sekali-kali akan terdengar suara deburan ombak lautan yang menghempas batu karang karena Angel’s Billabong ini berbatasan langsung dengan laut.


Kamu akan merasa amazed oleh keindahan yang terpampang di kolam alami ini. Wow, luar biasa indahnya, pengen cepat-cepat berenang. Meskipun begitu, jangan langsung nyebur ya. Kamu harus menuruni tebing batu yang tajam dan curam agar bisa berenang. Tetap ikuti saran atau instruksi dari guide ya, agar kamu tetap stay safe.

Tips Liburan Seru Ke Angel’s Billabong

Sebelum berkunjung ke sini, sebaiknya kamu harus prepare segalanya. Berikut tips liburan ke Angels Billabong agar liburanmu makin seru, temans.
Angel's Billabong img via google
  1. Datanglah saat cuaca cerah, jangan musim hujan. Kenapa? Karena setelah hujan berhari-hari, kondisi air Angel’s Billabong cenderung akan keruh. Jadi, kamu nggak bisa mendapatkan spot foto keren di Billabongnya.
  2. Berkunjunglah ketika air laut sedang surut.  Kenapa? Kalau air laut sedang pasang naik, kamu nggak boleh berenang ataupun turun ke bawah. Nggak seru kan, kalau nggak berendam merasakan kesegaran airnya?
  3. Tetap hati-hati saat berenang karena letak Angel’s Billabong yang bersebelahan dengan lautan. Gulungan ombak besar kadang datang tak terduga dari arah lautan lepas .
  4. Kalau kamu nggak mau memakai jasa local guide, pastikan kamu sudah tahu rute jalannya. Jangan lupa download Google Map offline untuk jaga-jaga jika di sana tak ada koneksi internet.  Kalau nggak mau ambil resiko, sebaiknya sewa local guide aja, deh.
  5. Gunakan pakaian casual dan sepatu kets agar kamu mudah bergerak. Jangan SALTUM Yes. Jangan lupa bawa topi, kacamata, dan sunblock untuk melindungi tubuh dari paparan sinar UV.
  6. Jangan Lupa bawa kamera / smartphone untuk mengabadikan keindahan Angel’s Billabong.

Buat temans yang punya informasi tambahan lainnya bisa menuliskan melalui kolom komentar, ya. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

 Cheers,


SETIP day 4


EmoticonEmoticon