Sunday, February 24, 2019

Blogmu Banyak Situs Perujuk Spam? Blokir dan Laporkan dengan Cara Ini


Cara Blokir Situs Perujuk Spam
Blokir Situs Perujuk Spam


Situs perujuk atau URL perujuk merupakan situs atau link yang mengarah ke blog yang dikelola oleh orang lain atau yang lebih dikenal dengan backlink (link eksternal / tautan balik) yang mengarah ke situs web / blog yang kita kelola.

Hakikatnya keberadaan sebuah backlink di blog, sah-sah saja, apalagi situs yang memberi backlink ke blog kita mempunyai konten dan nilai yang bagus di SERP rank. Tentunya hal ini akan memberi dampak positif ke blog yang kita kelola. Situs tersebut bisa mendongkrak traffic  ke blog yang kita kelola.

Namun,  suatu url atau situs perujuk yang memberi backlink ke suatu blog akan menjadi masalah ketika situs perujuk tersebut berisikan konten negative atau spam,  mempunyai konten yang tidak bagus di SERP.

Kenapa Situs Perujuk Spam Harus di Blokir?


Sejatinya, link eksternal dari pihak ketiga yang masuk bisa mempengaruhi opini Google terhadap sebuah situs.  Karena itulah, kita perlu mengawasi setiap link eksternal yang masuk supaya tidak berdampak buruk bagi kelangsungan blog. Apalagi situs yang berisi konten negatif, harus cepat-cepat di blokir.

Google telah menyediakan tool yang dapat memblokir atau menyangkal tautan yang berisi spam atau berkualitas rendah yang mengarah ke sebuah web. Jadi, kita dapat meminta Google untuk menghapus  tautan tertentu saat mengakses sebuah situs.

Beberapa waktu yang lalu, saya melihat  statistic blog dan mendapati suatu url perujuk pada Dasboard Blogger yang mencurigakan seperti berikut ini :




Benar saja, setelah dicek tak ada satupun link/url blog saya yang tertulis di situs tersebut. Situs yang memberi backlink ke blog saya merupakan situs dengan konten negative. Hi, serem amat. Akhirnya, saya memasukkan situs tersebut dalam daftar situs yang dicekal dengan menggunakan bantuan Google Web Master.

Khusus untuk pengguna platform blogger untuk melihat situs atau url perujuk spam dapat dilakukan dengan cara login kea kun bloggermu, kemudian klik Statistik kemudian  pilih sumber lalu lintas maka akan tampak di sana Situs perujuk dan url perujuk.

Untuk melakukan pemblokiran terhadap situs yang berisi spam atau konten negative, kamu bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini:

Cara Mudah Mengatasi / Memblokir Situs Perujuk Spam


Sebelum melaporkan atau memblokir situs perujuk spam yang mampir di blogmu, kamu harus mendaftarkan blogmu ke Search Console / Google Webmaster.

Simpan terlebih dahulu daftar situs yang akan kamu blokir dalam format .txt

Sesuai arahan  yang diberikan Google, setiap situs yang diblokir harus diberikan oleh Google, nanti setiap situs yang akan ditambahkan ke dalam daftar perlu ditambahkan baris domain: , contoh domain:namasitusdiblokir.com

Jika kamu ingin yang instan tanpa capek dan repot mengcopy paste satu persatu situs perujuk di blogmu, kamu bisa mendownload daftar situs yang dicurigai sebagai spam atau berisi konten negatif di :
https://drive.google.com/file/d/1zRtSTx5RNaZonElGnXS9AIwdfJGIBRW8/view?usp=sharing

Selanjutnya masuk ke Akun Search Console.

Baca Juga:

Cara Ampuh Memperbaiki Broken Link di Web Master Tool

Setelah itu kamu buka laman https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links sehingga nanti akan muncul tampilan seperti berikut





Kamu pilih properti yang ada, properti yang dimaksud di sini adalah situs atau blog kamu yang sudah kamu daftarkan ke search console.






Ketika kamu sudah memilih  properti, maka secara otomatis akan muncul tampilan seperti berikut





Untuk mengupload daftar situs atau url perujuk spam, kamu klik tombol Menyangkal tautan (Disavow Links), sehingga nanti muncul jendela pop up


Klik Pilih File > masukkan file dengan format.txt yang sudah kita simpan dan beri nama tadi.

Klik Kirim (Submit), nanti akan muncul pesan “Anda berhasil mengunggah file tautan yang ditolak" (You Succesfully uploaded a disavow links file (nama file.txt) containing domains and urls) 




Bila ada URL baru yang ingin ditolak, kamu cukup mengedit filenya dengan menambahkan situs baru yang kamu anggap spam kemudian upload ulang filenya (ditimpa)

Pastikan bahwa situs atau backlink yang kamu tolak atau blokir merupakan situs yang benar -benar kamu yakini mengandung spam atau berkualitas rendah.




SETIP
Day 9





 




EmoticonEmoticon