Thursday, February 21, 2019

Cara Ampuh Memperbaiki Broken Link di Web Master Tool

Cara Ampuh Memperbaiki Broken Link di Web Master Tool
Cara Ampuh Memperbaiki Broken Link 


Hallo Temans!

Rahma Weni ---- Sudah pada tahu 'kan Google Webmaster Tools? Google Webmaster tools merupakan sebuah tool/alat yang disediakan oleh Google untuk mengatur blog/website yang kita miliki. Google webmaster tools akan memudahkan kita untuk memonitor keadaan blog. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan SEO blog.

Bagi kamu yang belum mendaftar Google Webmaster tools, buruan daftar ya, enggak dipungut biaya apapun alias free. Punya blog tapi nggak daftar ke Webmaster tools itu ibarat dandan tapi nggak pakai kaca *duuuh, apasih

Oke, langsung aja ya, temans!

Apa itu Broken Link ?

Broken link merupakan link yang rusak atau url dalam blog yang tidak berfungsi atau tidak terjangkau.

Kalau broken heart, apa hayoo? Yang broken heart, mana suwaranyaaa? Hehe

Broken link bisa muncul karena berbagai sebab, diantaranya ketika halaman terkait telah dihapus oleh pemilik blog, atau ketika kita menggunakan url yang salah atau bisa saja karena masalah lainnya. 

Pernah ‘kan ketika mengklik suatu url di blog, tapi halaman yang kita kunjungi nggak ada lalu muncul pesan error 404? Kalau link error atau not found, penonton kecewa, donk. Ya nggak? Bahkan ada visitor yang mengganggap hyperlink rusak itu sama halnya dengan melakukan suatu penipuan. Dan yang lebih parahnya lagi, Search Engine akan memberi nilai negatif pada blog kita. Duuh, ngeri amat ya. 

Nah, untuk mengantisipasi hal yang mengerikan ini, yuk, kita basmi tuntas si broken link. Sebenarnya banyak cara untuk membasmi si broken link ini, bisa dengan menggunakan aplikasi atau situs online pihak ke-3. Namun kali ini kita akan memberikan cara termudah dan efektif dengan menggunakan bantuan tool dari Google Webmaster Tools.

Cara Menghapus Broken Link


a. Login di Webmaster Tools 



b. Masuk ke dashboard webmaster tools dan klik link blog yang akan dihapus broken linknya. nanti tampilannya akan seperti ini

c. Masuk ke menu Kesalahan perayapan/ crawl error dan lihat daftar link yang error





d. Masuk pada menu Indeks Google » Hapus url 




 Klik Sembunyikan Sementara

b. Masukkan broken link yang terdapat pada crawl error sebelumnya di kolom yang telah disediakan kemudian klik "Terus"






 d. Lakukan sampai broken links selesai di submit semuanya. Kemudian klik Kirim Permintaan


Selesai deh, menghapus link yang rusak atau not found di blogmu, temans. Link-links yang kamu submit tadi, nggak bisa langsung terhapus begitu kamu men submitnya, tentu butuh waktu donk. SERP butuh waktu untuk menghapus link yang rusak.  

Broken Heart aja butuh waktu untuk move on, apalagi broken link yang udah tertanam di blog.

Semoga bermanfaat


SETIP
day7





















EmoticonEmoticon