Sunday, February 17, 2019

Pengalaman Memakai Kartu XL



Sudah hampir satu tahunan saya memakai kartu seluler dengan operator XL. Sebagai salah satu pengguna XL, saya termasuk tipe yang nggak "setia""alias mendua. Saya belum bisa sepenuhnya setia ke provider XL karena sebagian besar keluarga saya masih 'kekeuh' dengan operator pesaingnya, Telkomsel.  

Jadi, saya belum bisa sepenuhnya mengandalkan jaringan XL. Saya hanya menggunakan XL untuk keperluan internetan dan Telkomsel untuk menerima dan melakukan panggilan tanpa jaringan internet. 

Sebelum menjatuhkan pilihan ke XL, saya pernah menggunakan operator lain seperti indosat. Jauh sebelum seleksi pilpres membahana, *duuh, kenapa bawa-bawa seleksi pilpres, sih* saya sudah berpetualang menyeleksi operator seluler yang murce, murah dan kece, menyeleksi semua jaringan operator yang ada saat itu. Memilih operator mana yang terbaik khususnya untuk internet. 

Boleh dong, kita selektif dalam memilih sesuatu. Tujuannya tak lain dan tak bukan adalah mencari operator seluler yang nggak merogoh kocek terlalu dalam *emak emak mana mau rugi, wkwk.  Akhirnya, setelah gonta ganti operator seluler, saya menjatuhkan pilihan pada operator XL, walaupun Simpati masih tetap belum terganti. 


Selama satu tahun bersama XL, tentunya banyak pengalaman pahit dan manis yang sudah saya rasakan selama satu tahun kebersamaan ini, *kek orang pacalan aja*

Berikut pengalaman pribadi saya selama setahun memakai XL. 

1. Kekuatan Sinyal


Kekuatan sinyal suatu operator seluler ketika berada di daerah atau area tertentu, pasti menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting bagi siapapun ketika menjatuhkan pilihan dari sekian banyak opsi provider seluler. Kalau sinyalnya nggak kencang, mustahil kita memakainya, ye kan, ye kaan? 

Sinyal XL di tempat saya bagaimana? Kekuatan sinyal di sini cukup kencang dan sangat jarang mengalami kendala atau gangguan sinyal. Saya dan suami punya usaha keluarga, toko helm yang dikelola secara offline dan online yang berlokasi di wilayah Canggu, Kuta Utara, Bali. Sehari - hari kami menghabiskan waktu di toko melayani pembeli offline dan online. Tentunya untuk tetap terhubung dengan calon pembeli dan pelanggan online, saya butuh koneksi internet yang cepat dan stabil. Sinyal di Canggu lumayan kencang, bahkan saat cuaca hujanpun jarang terjadi gangguan sinyal. Kecepatan download pun saya rasa juga cepat dan bagus.

Namun, sinyal akan muncul malu-malu dan seret begitu saya sampai di rumah, di daerah Padonan. Di Padonan, sinyal akan sedikit mengalami penurunan. Mungkin karena kondisi tempat tinggal kami yang tertutup oleh bangunan tinggi di sampingnya. Ketika dipakai untuk mendownload, kekuatannya lebih lambat jika dibandingkan ketika mendownload di toko. Namun, masih bisa dipakai untuk browsing meskipun dengan kecepatan kek keong lagi balap.



2. Harga Paket Internet dan Bonus Paket Telepon


XL menyediakan berbagai paket internet yang bisa dipilih oleh pelanggannya, sama seperti operator seluler lainnya. Ada paket hotrod, hotrod prima, super ngebut, paket opera mini  chat dan sosmed dan paket Xtra Combo. Saya memakai paket Xtra Combo Llite dengan kuota 4,5 GB  dan bomus 15 menit nelpon ke semua operator. Jadi, selain paket internet yang kita beli, kita juga dapat paket nelpon. Pokonya keren, deh. 

3. Banyak Promonya, Euy


Sejak aktif memakai XL, hp saya jadi rame, khususnya smsnya karena XL sering memberi hadiah kepada pelanggan setianya berupa promo - promo menarik yang dikirim melalui pesan singkat.

Awal-awal dulu, saya memakai XL dengan cara sekali pakai saja. Beli kartu perdana yang ada paket internetnya, registrasi, kemudian setelah kuota internetnya habis, saya unreg dan say goodbye pada XL, kemudian beli kartu baru lagi. Duuh, jadi ketahuan gak setianya. Begitu aja terus sampai 5 kali. 

Kemudian, suami sering dapat promo Internet dari XL yang dikirim lewat sms. Bonus internetan 1 Gb selama 3 hari tanpa S&K karena sudah 1 bulan memakai XL, dan berbagai bonus lainnya. 

Melihat promo berdatangan silih berganti ke hp suami, lalu saya juga memantapkan hati setia sama XL. Dan benar saja, setelah 1 bulan saya memakai XL, saya dapat promo juga. Bonus Internet 500MB dengan isi pulsa 5000, dan berbagai bonus Internet. Segala jenis promo juga berdatangan lewat pesan singkat, padahal saya belum terlalu lama pakai XL. 

Promo inilah yang merupakan salah satu nilai tambah untuk tetap bersama XL. Ada aja promo yang ditawarkan pada konsumen. Sebagai konsumen, siapa coba yang nggak mau dikasih promo atau gratisan? Sementara di provider Simpati, saya belum pernah ditawari promo apapun, walaupun sudah setia bertahun-tahun dengannya.

4. Suara Jelas


Suara yang dihasilkan ketika melakukan percakapan telepon sanat jernih dan jelas. Baik itu ketika berada di kota yang sama maupun dengan lawan bicara yang berbeda kota dengan kita. Selama sinyal di keduabelah pihak bersahabat, akyivitas teleponan akan lancar jaya.

5. Internet Lancar


Untuk urusan browsing dan download disemua device, handphone atau laptop terbilang cukup baik dan lancar. Nonton Youtube pun jarang buffering. Saya pun sering memanfaatkan USB Thetering dengan menggunakan Hp Huawei Y6 2018 sebagai Modem untuk berselancar di dunia maya dengan menyambungkannya ke Laptop. Hasilnya juga lancar tanpa kendala.

6. Youtube an Tanpa Kuota

Ini yang sering dicari para pengguna Internet, ye kan? Bisa youtube an tanpa menguras kuota. Tahu sendiri kan, kalau youtube bakal memakan banyak kuota? Nah, di XL kamu nggak perlu khawatir lagi untuk ngeyoutube. XL memberi promo gratis YouTube tanpa kuota dari jam 12 malam sampai jam 6 pagi. Puas-puasin deh nge youtube selama jam tersebut, bagi kamu yang kuat melek sampai pagi  jangan sia siakan kesempatan ini, gaes

Suami pernah mencoba nonton youtube dan download ceramah Ustadz Abdul Somad, dari jam 5.30 sanpai jam 06:00 pagi dan benar saja, setelah dicek ternyata nge youtube nya free, alias gak memakan kuota utama. Keren kan? 

Itulah beberapa alasan yang membuat saya tetap. Memakai XL, bahkan sampai postingan ini dibuat. Pun begitu juga dengan suami saya. Bagaimana denganmu, temans? Yuk, sharing pengalamanmu bersama operator telepon seluler yang kamu pakai di kolom komentar.


Cheers,


SETIP Day 5



19 komentar

Wow.. Belum pernah pakai XL sih kak, tapi terima kasih untuk informasinya..

Sy awal2.punya hp thn 2003 itu kartunya XL, Mahal juha sih, tp krn byk sodara yg pake iti jd nya ttp itu.. Sejalannya wakti byk tmn2 yg pale selain xl, akhirnya beralih juga heheh

Saya pernah beli perdana XL, tapi hilang, jadilah saya gak pernah nyicipin pake XL. Tapi dari review mba aku jadi kepikiran mau beli kartu XL lagi, hihi ^^

Selama ini baru nyoba indosat pas awal punya HP banget. Ga ada masalah enak jaman dulu bisa 3detikan nelpon tanpa dikenakan pulsa hehe. Abis ganti HP beralihlah ke telkomsel ampe sekarang. Kayaknya udah 11 tahun pake telkomsel meskipun ya lumayan mahal. Tapi sayang sama nomernya ga mau ganti2 lagi hehe

Kekuatan sinyal adalah yang paling paling saya perhatikan (dan mungkin juga bagi sebagian besar orang). Lalu kemudian dg promo2nya. Tapi beh, bonus yg youtube itu keren euy. Menggiurkan.

Di tempat saya sinyal XL kurang bagus mba, masih kalah sama telkomsel. Apalagi untuk penggunaan jaringan internet, sepertinya disini telkomsel masih mendominasi... 🤔

waktu awal gawai booming dulu aku pernah pake nomor XL, tapi di rumah aku signalnya kalah juga ama telkomsel..akhirnya berpindah ke lain hati deh

Pernah sih pake XL, mula-mula lancar tapi kemudian menjadi tidak lancar. AKhirnya, saya beralih ke kuning sebelum akhirnya nyantol di merah.

Wow beneran bisa YouTube tanpa kuota ? Bisa jadi pertimbangan nih pake XL

Saya pakai Axis sih mbak, cukup bagus signalnya.
Hanya saja kadang sering timbul tenggelam di malam hari.
Nggak tahu kenapa?

Saya pernah pake XL, tapi sekarang udah gak pake lagi karena ditempat baru ini sinyalnya jelek kadang gak ada

dulu sih pake XL, sekarang udah gak lagi karena di tempatku kekuatan signalnya blm stabil siih, si Merah masih menguasainya heheheh.

Coba tuh yaaa free youtube nya pas jam normal lebih kereen lagi deh yaah :D

Wah...kalau saya tipe setia dengan xl ini..dari awal py hp sampai sekarang nomer ga pernah ganti...��

Keren juga yah kartu XL ini. Murah dan banyak bonysnya pula. Cuma sampao sekarang memang saya masih setia dengan telkomsel saja karena di daerah saya yang paling kuat jaringannya ya telkomsel

Pernah pake XL jaringan lancar untuk internetan. Nah berhubung ada 2 simcard, 1 masih setia dengan yang kuning..hehehhe

Saya juga pake yang gak pernah nelisik keuntungannya apa saja. Makasih ya udh dibeber smuanya mb...

Senangnya hidup di kota besar ya spt ini mbak. Sinyal lancar dan mulus bak jalan tol. Semua penawaran terbaik bisa digunakan. Namun bagi kami yg jauh di kalimantan, harus pilah pilih kartu yg jaringannya bisa meluas hingga ke desa, supaya nggak ada kendala sinyal di lapangan

Katanya sih gitu XL ya Mbak, murah untuk internetan tapi sejauh ini aku nyamannya pakai simpati...

Saya dulu suka pakai XL, murah dan internet lancar. Sayang pas pindah rumah nggak kebgaian sinyal, jadinya malah mati kartunya. Sayang padahal...


EmoticonEmoticon