Tuesday, February 5, 2019

Persalinan Normal atau Caesar, Kamu Pilih Mana? Simak Kelebihan dan kekurangannya

Pernah gak sih kamu terlibat perang ala emak-emak entah itu di sosmed atau di kehidupan nyata? Tentang berbagai pilihan yang dijalani seorang ibu. Mulai dari cara melahirkan normal atau operasi caesar, pilih ASI atau susu formula, sampai pilihan untuk jadi ibu yang kesehariannya dihabiskan di rumah atau jadi working mom yang menyerahkan pengasuhan anak pada baby sitter. Duh, kalau kamu pernah terlibat dalam salah satu momwar, persalinan normal atau caesar yang sepertinya menjadi permasalahan yang never ending itu, simak dulu yuk, beberapa kelebihan dan kekurangan kedua motede persalinan ini.

1. Rasa Sakit yang Dialami



Persalinan normal atau sesar sama-sama akan mengalami rasa sakit. Kalau biasanya persalin normal akan mengalami rasa sakit saat akan bersalin, merasakan sakitnya kontraksi yang berjam-jam atau bahkan ada yang berhari-hari dan bersabar menanti bukaan hingga lahir.


Dipersalinan cesar ibu tidak akan mengalami rasa sakit saat akan bersalin seperti yang dirasakan oleh ibu yang melahirkan normal, hanya saja rasa sakit dan nyeri akan datang setelah bayi lahir. Bahkan ada juga yang sudah merasakan kontraksi hebat sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukakan persalinan sesar.

2. Masa Penyembuhan



Dalam persalinan normal biasanya kurun waktu penyembuhan relatif lebih cepat. Waktu tinggal di rumah sakit juga akan sebentar berkisar 2-3 hari. Ibu bisa melakukan Inisisi Menyusu Dini (IMD) pada bayi segera setelah bayi lahir. Jika kondisi ibu dan bayi sehat, ibu akan pulang tanpa diberikan obat. Luka bekas melahirkan biasanya akan sembuh setelah 14 hari. bahkan kalau ibu tidak mendapatkan jahitan proses sembuhnya terhitung lebih cepat.


Namun bagi ibu yang menjalani operasi sesar waktu pemulihan relatif lebih lama dari persalinan normal. Bahkan ada yang masih merasakan nyeri bekas jahitan pasca operasi sampai bertahun-tahun ke depan. Sebelum pulang ibu juga akan diberikan berbagai macam obat pereda rasa nyeri dan antibiotik selama proses pemulihan.

3. Biaya Persalinan



Dari segi biaya jelas persalinan normal lebih murah dari persalinan sesar. Biaya persalinan normal dan caesar sangat berbeda jauh.


4. Tanggal Lahir Bayi



Tanggal lahir bayi dalam persalinan normal tidak bisa ditentukan dan dipilih, bayi akan lahir jika waktunya sudah cukup. Pasangan suami istri tidak bisa menentukan hari dan tanggal cantik untuk melahirkan jabang bayinya.
Berbeda dengan persalinan sesar, bagi sebagian pasangan ada yang memilih melakukan operasi agar bayi lahir di hari atau tanggal cantik. Nah, karena persalinan caesar bisa dilakukan kapanpun selama bayi sudah menginjak usia 36 minggu, maka ada yang ingin melahirkan di tanggal-tanggal cantik dengan memilih persalinan caesar.

5. Resiko  



Persalinan normal atau caesar tetap memiliki resiko masing=masing. Bukan berarti persalinan normal bebas resiko lho. Persalinan normal akan mengakibatkan kerusakan pada kulit dan jaringan sekitar jalan lahir serta rasa sakit disekitar daerah perineum. Dalam proses operasi caesar juga tidak terlepas dari resiko, beberapa diantaranya adalah ibu akan mengalami pendarahan. Pada kelahiran selanjutnya tidak akan menutup kemungkinan untuk mengalami kerusakan pada rahim dan plasenta. Disamping itu, diperlukan tenggang waktu tertentu bagi ibu untuk bisa hamil dan melahirkan kembali setelah melakukan operasi caesar.


Nah, dari 5 kelebihan dan kekurangan persalinan di atas, sudah dapat gambaran kan betapa beratnya perjuangan melahirkan. Jadi, mulai sekarang, stop deh momwar tentang melahirkan normal dan caesar. Semua pilihan yang diambil ada resikonya masing-masing. Bukan berarti jika kamu melakukan caesar kamu tidak sempurna jadi ibu lho, Dears. Jadi ibu yang sempurna itu bukan tentang cara melahirkan, tetapi bagaimana kita membesarkan anak-anak dengan penuh cinta dan kasih sayang.


EmoticonEmoticon