Wednesday, February 27, 2019

[Review Aplikasi] Flip-Transfer Beda Bank Gratis, Tanpa Biaya Admin




Rahmaweni.com --- Hai, kali ini saya mau review sebuah aplikasi yang sudah setahun terakhir ini terinstal di android saya. Aplikasi ini sangat membantu saya dalam urusan transfer uang antar bank yang bebas biaya admin. Sebuah aplikasi karya anak bangsa. Yap, aplikasi Flip. 


Kabar gembira untuk kita semua, kulit manggis kini ada ekstraknya, wkwk. Bagi ibu bangsa yang suka belanja online dan rekening seller nya berbeda dengan bank yang kita punya otomatis saat transfer kita dikenakan biaya admin sebesar Rp.6.500. Iya sih, Cuma 6.500 per transaksi. Tapi, kalau ditotalkan dengan berapa kali kita transfer antar bank, akan terasa mengiris dompet juga. 

*tim emak emak perhitungan*


Sekarang, transfer antar bank enggak usah mikirin biaya admin lagi. Pakai Flip aja.


Oke, langsung aja, yes.


Pertama Kali Kenal dengan Flip


Sedikit cerita, awal mula saya tahu Flip dari teman-teman sesama reseller produk edukatif anak. Waktu itu ada peserta yang membeli Hafiz Talking Doll dan Smart Hafiz ke saya dengan cara arisan. Setelah transfer iuran arisannya, saya akan mentransfer uang tersebut ke Penanggung Jawab arisan dan waktu itu saya dan PJ arisan beda bank, saya BRI sedangkan PJ arisannya Mandiri. Atas rekomendasi PJ tersebut, saya disarankan pakai Flip agar transfer beda bank enggak kena biaya admin. Itulah awal mula saya kenal Flip



Cara Daftar Flip


Untuk membuat akun Flip, kamu bisa langsung akses Flip.id lalu klik Daftar


Kemudian masukkan nama, email, dan password.


Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman baru yang mengatakan kalau Registrasi Berhasil.


Kemudian isi data diri, lalu verifikasi nomor HP. Lalu masukkan data untuk verifikasi data diri, membutuhkan kartu identitas seperti KTP. Ikuti saja langkah selanjutnya, isi semua kolom yang diminta


Setelah kamu mendaftar di Flip, selanjutnya adalah verifikasi tatap muka untuk memastikan identitas KTP yang dimasukkan valid. 


Kalau dulu, waktu saya mendaftar Flip, verifikasi dilakukan secara langsung dengan agen Flip. Bertemu secara langsung dengan orang yang ditunjuk Flip di suatu tempat dengan membawa KTP asli. Verifikasi ini tanpa dikenakan biaya. 


Sekarang, verifikasi tatap muka bisa dilakukan di Alfamart dan dikenakan biaya sekitar Rp4.000. Jika sudah diverifikasi akun Flipmu sudah bisa digunakan.



Tutorial Cara Transfer Flip, Nanti menyusul yah.

Baca Juga:

Gimana Sih Cara Kerja Flip? 


Misal, kamu punya rekening BRI dan akan transfer sejumlah uang ke rekening Mandiri. Dengan bantuan Flip, maka kamu  tidak langsung transfer dananya ke Mandiri, tapi kamu akan transfer melalui rekening BRI milik Flip.



Setelah itu, Flip melalui rekening bank Mandiri nya akan meneruskan transferan mu ke rekening Mandiri temanmu. Jadi, otomatis tidak ada biaya admin ‘kan? Ya, sesimpel itu mekanismenya.



Ini solutif sekali sih menurut saya pribadi. Sebagai ibu-ibu yang cukup sering bertransaksi secara online yang mengharuskan transfer uang ke orang lain, ini jelas sangat membantu. Transfer beda bank dengan biaya admin 6.500, sekali atau dua kali sih tidak terlalu terasa nominalnya. Tapi, kalau dikali 100 kali transfer beda bank, ‘kan lumayan juga tuh. Bisa buat beli pospak bayi atau beli skincare, ‘kan? 

Naluri emak-emak yang nggak mau rugi, buahaha. 

Baca Juga:

Apa Aja yang Bisa Kamu Lakukan di Flip?


Kamu bisa transfer dari dan ke bank-bank terbesar di Indonesia dengan bebas biaya admin. 



Flip sudah mengcover banyak pilihan bank besar. Transfer dari dan ke BCA, BNI, Mandiri, BRI, CIMB Niaga, BTPN, Jenius, BTPN Wow, BNI Syariah, Mandiri Syariah, CIMB Niaga Syariah, dan Muamalat tanpa biaya administrasi. Transfer dapat dilakukan ke siapapun, selain itu penerima tidak perlu memiliki akun Flip.



Nomor rekening tujuan yang dicek secara otomatis. 

Hal ini untuk memastikan bahwa  penerima adalah orang yang tepat. Setelah nomor rekening tujuan diketik di form, maka sistem akan langsung mendeteksi dan menampilkan nama pemilik si pemilik rekening yang kita tuju. Dengan begini kita bisa memastikan bahwa nomor rekening yang kita tuliskan itu adalah benar. Kalau salah input data nomor rekening dan pilihan banknya, maka sistem akan mendeteksinya sebagai error. emuanya terdeteksi secara otomatis untuk menghibdari kesalahan dalam transfer. 


Kode Unik untuk Memudahkan Verifikasi

Setelah proses isian di atas, di tahap akhir kita disuruh untuk transfer sejumlah uang ke rekening flip (sesuai bank yang kita punya) yang  nantinya akan diteruskan oleh flip ke rekening tujuan kita.


Untuk transfernya kita harus menyertakan kode unik beerupa angka 3 digit di akhir nominal transfer. Misal transfer 300.000, setelah ditambah kode unik jadi 300.050. Tujuannya untuk konfirmasi otomatis atau verifikasi. Artinya sistem sudah bisa mengenali bahwa transfer dengan nominal tersebut adalah pengirimnya adalah kita. Jadi tidak perlu repot-repot klik untuk konfirmasi manual.


Kode unik yang jumlahnya 3 digit itu juga uang 'kan? Itu diambil Flip sebgai keuntungannya? BIG NO, Dears!


Kode unik itu tidak diambil oleh Flip  layaknya di marketplace, tetapi akan dikumpulkan di akun Flip kita.  Jika sudah mencapai nominal tertentu bisa kita tarik kembali ke rekening. Ya untuk sekali dua kali transaksi mungkin terasa kecil cuma seratus atau dua ratus lima puluh rupiah. Tapi kalau transfernya sering. lumayan juga kan, bisa buat jajan cimol.


Mengecek status transfer secara real time


Karena yang transfer menggunakan jasa Flip bukan 1 atau 2 orang, melainkan ratusan orang, jadi kita harus mengantre. Nah, kita bisa cek antrean nomor berapa. Flip akan menampilkan urutan antrean kita secara realtime. 


Bukti transfer yag dikirim melalui email dan aplikasi


Setelah transfer berhasil, bukti transfer akan dikirim melalui email dan juga ada notifikasi di aplikasinya. Di Flip, semua prosesnya transparan. Begitu juga  dengan validas bukti transfer. Setelah transaksi sukses di proses, pihak Flip akan langsung mengirimkan SS (Screenshoot) bukti transfernya yang bisa didownload dan kita kirimkan ke orang atau penjual online yang rekeningnya kita jadikan tujuan transfer untuk bukti bahwa kita telah transfer.


Live chat yang siap membantu jika ada masalah


Jika kamu ada masalah atau kendala, kamu bisa menghubungi CS nya via live chat. JAdi, semua keluhan atau pertanyaanmu akan dijawab secara langsung.



Selain itu, kamu bisa beli pulsa, yang harganya lebih murah biasanya


Selain transfer dan beli pulsa, kamu juga bisa Isi Paket Data 





Review Kelebihan Flip





Bahasa yang dipakai terkesan Santai


Biasanya aplikasi berbasis finansial menggunakan bahasa yang baku dan formal. Namun, Flip memakai bahasa yang santai dan ringan. Selain itu kata sapaan “Kak” yang dipakai membuat mereka terkesan ramah dan kita terasa semakin dekat.  



CS di Live Chat Sangat Ramah dan Responsif


Sejatinya, CS memang harus ramah dalam melayani customernya. Nah, begitu juga dengan CS di Flip. CS-nya sangat ramah dan responsif dalam menjawab setiap pertanyaan dan complain yang masuk.


Satu hal lagi, setiap masuk waktu shalat Dzuhur dan Ashar, CS Flip akan istirahat dan segala chat yang masuk akan dibalas segera setalah mereka sudah mulai berperasi lagi pada jam kerja. 


Keamanan Dijamin


Flip meng-claim bahwa semua komunikasi antar servernya dienkripsi memakai Secure Socket Layers (SSL). Jadi, kamu enggak perlu khawatir lagi soal data pribadi yang kamu cantumkan pada Flip. Sejauh ini saya belum pernah mengalamai kebocoran data di Flip ataupun mendengar kebocoran data customer atau penipuan yang dilakukan Flip.


Untuk legalitas transaksi keuangan, Flip sudah mengantongi izn atau lisensi dari Bank Indonesia.


Performa Aplikasi yang Nggak Berat


Aplikasi yang berukuran 17 MB ini terbukti tidak memberatkan kerja android ketika di akses. HP saya yang kapasitas RAM 3 GB pun tidak berat dan tetap stabil. Sebenarnya Flip juga ada versi web nya yang bisa di akses melalui PC, tapi sejauh ini saya lebih suka pakai yang versi aplikasi karena lebih praktis dan mudah aja menurut saya.



Review Kekurangan Flip


Transaksi Tidak Bisa Diproses Saat Weekend Atau Hari Libur


Bagi kamu yang ingin melakukan transfer beda bank via Flip pada hari Minggu, sayang sekali, Flip tidak bisa memproses transaksimu. Jadi request untuk transfer akan diproses pada hari kerja keesokan harinya.


Kalau transaksimu tidak mendesak dan kamu merasa It’s Ok, jika transaksimu diproses besok hari, kamu bisa tetap pakai Flip. Tapi, jika kategori transfermu merupakan transfer yag harus diproses dan harus masuk hari itu juga, tentu saja Flip tidak bisa jadi pilihanmu. Silakan cari ATM terdekat, ya.


Antrean Transfer Cukup Lama Apalagi untuk Tujuan Bank-Bank Populer


Jumlah nasabah atau customer Flip saat ini sudah mencapai 470.941. Tak heran ‘kan kalau kamu harus mengantre untuk proses transaksi yang dilakukan? Yang transfer ke flip itu jumlahnya banyak setiap waktunya, terlebih untuk tujuan bank-bank besar dan populer. Bisa sampai ratusan antreannya. Jadi transferan kita tidak akan langsung diproses, melainkan harus menunggu antrean atau giliran selama beberapa waktu.



Jadi, kalau transferanmu harus masuk dalam hitungan menit, sebaiknya kamu pilih layanan Transfer Prioritas dari Flip. Proses Transaksimu lebih cepat dari non transfer prioritas dan kamu hanya dikenakan biaya 2.500 per transaksi. Biasanya transaksi akan berhasil diproses dalam waktu 15 menit jika tidak ada gangguan pada system bank. Dengan biaya 2.500 kamu bisa transfer antar bank tanpa harus menunggu antrean yang panjang. 



Sekian saja [Review Aplikasi] Flip-Transfer Beda Bank Gratis, Tanpa Biaya Admin.



Semoga bermanfaat

SETIP
day 11


EmoticonEmoticon