Monday, March 18, 2019

6 Rahasia Cepat Kontraksi dan Lancar Melahirkan, Ibu Hamil Wajib Tahu

Rahma Weni ----- Memasuki semester akhir kehamilan atau mendekati HPL merupakan suatu hal yang sangat mendebarkan terlebih bagi wanita yang hamil anak pertama. Gambaran tentang melahirkan begitu mengkhawatirkan. Ditambah lagi mendengar pengalaman orang lain atau kisah tentang sakitnya kontraksi, menunggu bukaan lengkap jalan lahir yang bisa berjam-jam lamanya. Duuh, tambah membuat ketakutan ibu hamil menjadi-jadi. 

Tapi, jangan takut, jangan khawatir dulu, ya! Untukmu yang sedang menunggu hari kelahhiran bayi, Trik ini bisa kamu lakukan untuk mempercepat kontraksi. 


1. Biasakan Jalan Kaki walaupun Badan Terasa Semakin Berat


Mendekati HPL, lakukan jalan pagi setiap hari. Walaupun bobot badan terasa semakin berat, tetap usahakan jalan kaki di pagi hari. Berjalan kaki dapat memperkuat otot dan memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, berjalan kaki juga dipercaya dapat memperlancar proses persalinan karena akan membantu janin cepat turun ke arah panggul.

Hal yang harus diperhatikan ketika berjalan kaki adalah posisi tubuh harus benar, yakni berdiri tegap tanpa terlalu mencondongkan badan  ke belakang. Hindari jalan yang menanjak dan jangan terlalu memaksa diri. Jika terasa lelah, istirahatlah sejenak. 

Baca Juga:

Persalinan Normal atau Caesar, Kamu Pilih Mana? Simak Kelebihan dan kekurangannya

9 Cara Jitu mengatasi Mual dan Muntah saat Hamil Muda

2. Ikut Kelas Senam Hamil atau Yoga Khusus Ibu Hamil


Gerakan-gerakan dalam senam hamil atau yoga tentunya akan membantu merangsang dan memperlancar kontraksi. Selain gerakan yang memperlancar kontraksi, ketika melakukan kegiatan ini kamu juga akan berlatih teknik pernafasan yang baik serta teknik mengejan dengan benar.


Olah raga ini disinyalir juga dapat membantu melemaskan atau melenturkan daerah pada jalan lahir, membantu kontraksi rahim serta membantu proses persalinan menjadi lebih mudah dan lancar. 

3. Lakukan Pemijatan untuk Meringankan Kecemasan 


Ibu hamil yang dipijat ketika mengalami kontraksi, rasa sakit dan kecemasannya terasa lebih berkurang jika dibandingkan dengan mereka yang tidak dipijat. Mintalah suami untuk memijat bagian tubuh yang diinginkan seperti di leher atau di punggung bagian bawah. Pijatan lembut ini akan sangat membantu terutama ketika kontraksi awal mulai terasa.


4. Mandi Air Hangat 


Ketika kontraksi akan membuat otot-otot menegang. Hal ini akan menambah rasa ketidaknyamanan ibu hamil. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mandi air hangat. Mandi air hangat sambil melakukan pemijatan lembut bisa mengurangi rasa tidak nyamanmu. Selain itu, juga bisa meredakan ketegangan otot-otot saat kontraksi sehingga bukaan pun akan berjalan dengan cepat.

Akan lebih baik lagi jika kamu berendam dengan air hangat untuk merilekskan otot yang menegang. Saat kamu merasa cukup rileks, kamu bisa keluar dari bathtub. Jangan kaget ya, setelah keluar dari bathtub kamu akan mendapati pembukaan sudah lengkap dan bayi siap dilahirkan.

Baca Juga:


Waspada 5 Masalah Kehamilan ini, Ibu Hamil Wajib Tahu

5. Melakukan Stimulasi pada Puting 


Bagian ini  merupakan salah satu bagian yang paling sensitif dari tubuh wanita. Jika disentuh maka ia akan melepaskan hormon oksitosin yang bisa membantu mempercepat proses kontraksi. Kamu bisa memijat atau memutarnya selama beberapa menit dalam sehari. 

Tapi, jangan lakukan dengan berlebihan karena akan mengakibatkan kontraksi yang sangat kuat serta mengganggu aliran darah pada janin. 


6. Melakukan Hubungan Intim Ternyata Bisa Memperlancar Kontraksi, lho!


Stimulasi lain yang bisa kamu lakukan untuk memperlancar kontraksi adalah dengan melakukan hubungan intim. Hormon prostaglandin bisa membantu melunakkan leher rahim sehingga pembukaan jalan lahir akan berlangsung lebih cepat.

Jadi, jika kamu ingin kontraksi berjalan cepat dan melahirkan lancar. Kamu bisa melakukan 6 tips di atas. Tapi, sebelum melakukan upaya alami untuk mempercepat kontraksi, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya! Saran dari dokter sangat penting untuk kamu ikuti agar keselamatan kandunganmu  yang sudah memasuki masa hamil tua tetap terjaga.

SETIP
day 16



EmoticonEmoticon