Friday, March 1, 2019

Anak Kecanduan Gadget? Apa yang Harus Kita Lakukan?

Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget
Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget


Rahma Weni ---- Duuh, pusing nggak sih, kalau Balita di rumah sudah nggak bisa lepas dari hp?

Suka gemas gimana gitu kalau anak udah nggak bisa dipisahkan dari hp, entah itu main game atau nonton youtube. Banyak orang tua yang mengeluh kalau anaknya kecanduan gadget. Kalau jalan-jalan ke grup ibu-ibu di facebook, rata-rata banyak yang curhat dan minta solusi agar anaknya lepas dari hp. Tak hanya curhatan online saja, namun ketika para ibu-ibu ini arisan atau ketemu dan curhat,  isi curhatannya juga tak lepas dari anak yang kecanduan gadget.


Berawal dari memberi kemudahan akses untuk buah hati, akhirnya hasrat si kecil yang sudah terlanjur “jatuh cinta” dengan hp, jadi sukar dikendalikan. Teknologi, khususnya Gadget bak pisau bermata dua. Alih-alih menyediakan hiburan untuk buah hati, si kecil justru bisa saja sewaktu-waktu terpapar konten berbahaya jika tak diawasi.


Kecanduan gadget tak bisa dianggap enteng, lho karena ini akan mempengaruhi kesehatan fisik dan jiwa anak.

Baca juga: 

Punya Anak Generasi Alpha, ini 6 Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua dalam Mendidiknya



Bagi bunda yang sedang berjuang men detox anak dari kecanduan gadget, coba tips berikut ini,  yuk!

1. Berikan Contoh yang Baik dalam Penggunaan Gadget


Bagaimana mungkin anak bisa lepas dari gadget kalu orang tuanya kesehariannya bersama gadget? Memang keberadaan gadget sangat memudahkan orang tua apalagi orang tua yang pekerjaannya bersifat online. Tapi, Orang tua yang terus menerus menggunakan gadget tanpa henti, pastinya akan berakibat buruk pada anak. Anak akan menarik kesimpulan kalau  penggunaan gadget terus menerus merupakan sesuatu yang dibolehkan.


2. Tunjukkan Kegiatan Lain sebagai Alternatif


Salah satu alasan anak lebih memilih untuk main  hp adalah karena mereka merasa bosan. Untuk itu, alihkan perhatian anak dengan hal lain.  Alihkan perhatian anak untuk melakukan kegiatan  lain misalnya membaca buku cerita. Bila perlu, dampingi anak selama membaca atau orang tua bisa membacakan cerita tersebut untuk anak. Selain membaca, kegiatan lain yang bisa dilakukan anak untuk mengindari rasa bosan adalah bermain lego, slime atau permainann lain. Bisa juga dengan bermain mobil-mobilan atau boneka, ataau mengizinkan anak bermain di luar bersama teman-temannya selagi tidak berbahaya.

Sebagian orang tua ada yang tidak menginginkan si kecil bermain di luar rumah dengan tujuan melindungi anak dari berbagai hal yang buruk di luar. Seperti ajakan dari teman-temannya yang kurang baik, bicara yang kurang sopan, atau takut kotor. Namun ada baiknya kita memberi kesempatan kepada anak untuk bermain di luar rumah supaya tidak kesepian dan merasa bosan sekaligus berlatih bersosialisasi dengan teman sebayanya.

3. Berikan Batasan Waktu dalam Menggunakan Gadget


Terdapat batasn waktu atau jam jam tertentu dimana anak boleh bermain gadget. Pembiasaan batasan waktu dalam menggunakan gadget ini merupakan cara mengatasi anak kecanduan gadget yang cukup ampuh dilakukan. Anak-anak akan terbiasa, kapan waktu bermain gadget dan kapan anak tidak boleh memainkannya.

 Baca juga:

Tips Agar Si Kecil Tidak takut dan Tidak Trauma ke Dokter Gigi, Pengalaman Pertama Mengajak Balita ke Dokter



4. Luangkan Waktu untuk Bermain Bersama Anak


Salah satu alasan anak lebih memilih bermain gadget karena anak merasa kesepian dan kurang mendapat perhatian dari orang tuanya. Oleh karena itu, luangkanlah sedikit waktu kita untuk bermain bersama anak. Memantau tumbuh kembangnya dan bercerita dengan anak.

5. Berikan Batasan Akses Internet di Rumah


Hal lain yang bisa dilakukan adalah memberi batasan akses internet pada anak. Jangan biarkan jaringan Wifi selalu menyala atau jangan mengizinkan anak tahu password wifi. Sambungan internet yang mudah mereka akses akan memperparah kecanduan anak terhadap internet dan gadget. Maka dari itulah kita patut membatasi penggunaan jaringan internet.


6. Ajak Anak Berdiskusi


Cara lain yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan kecanduan gadget adalah mendiskusikannya dengan anak. Jelaskan pada anak mengapa kita, orang tua, membatasi penggunaan gadget. Katakan dengan bahasa yang mudah dipahami anak, bahwa hal itu dilakukan demi kebaikan dirinya juga. Selain itu, berikanlah pemahaman yang logis kepada anak jika sudah kecanduan gadget maka akan banyak dampak yang ditimbulkan baik dari segi kesehatan maupun dari segi psikologisnya.

Baca juga:

Pengalaman Pertama Mengajak Balita ke Dokter Gigi

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget.

SETIP
day 12


16 komentar

Emh, hidup di era seperti saat ini melaranh total anak sama gadget memang bukan solusi yanh bagus. Namun, tetap kita harus mengontrol penggunaannya. Makasih tipsnya ya, Mbak.

Memang orang tua mesti intens memperhatikan anak menggunakan gedget,, dilepas 100% pun gk mungkin apalagi zaman sekarang.
Nice info ��

nah iya ini perlu, ponakan begini juga nih kalau makan enggak ada hp enggak mau makan, duh, pr banget. akhirnya sekarang di kasih buku sticker deh, karena dia suka banget buku sticker jadi lupa gadget emang kitanya harus pinter mengalihkan yaa.

Nomor 2,3, dan 4 emang ampuh banget mba, saya udah pernah coba, meluangkan waktu lebih banyak utk main sama anak itu adl cara yg paling ampuh kayaknya :)

Nah bener nih kitanya juga perlu ikut andil untuk berperan main sama ank biar anak ga nyandu gadget banget. Contoh yang baikpun wajib dilakukan. Hmmm kalo udah gini jd kangen masa kanak2 di tahun 90an nih no gadget maunya maen masak2an hehe

Nomor 1 paling susah karena ibunya kerja sebagian besar pakai henpon. Paling disiasati anak dikasih henpon yang jadul dan gak dikasih data. Lama-lama bosen juga main game itu-itu terus, akhirnya hape ditinggal main sepeda ke luar.

Intinya tetap harus didampingi dan dibatasi penggunaannya ya mb...krn sebenarnya gadget juga banyak manfaatnya asal dipakai secara bijak...tfs mb..

ini nih, saya ngeri sendiri. rasanya saya udah makin kecanduan sama gadget. nggak kebayang kalau nanti punya anak. jangan-jangan nurun. huhuhu

Tips keren... memang sih skrg tugas sekolah juga bnyk dari internet. Jasi mau tdk mau anak kita bersentuhan dgn gadget asal ada batasannya kyk di tips mb. Thx yas sharingnya..

Wah ..Berasa ditampar. Anak saya yg sulung ini yang susah sekali untuk dikontrol, ngapa-ngapain aja mesti smarthphone nan. Tipsmya ok mb.Makasih

Point penting itu orang tua yang harus mengurangi main gadget depan anak2nya. Karena pasti si anak pengin juga. Apalagi jika si anak merasa diabaikan.
Thanks banget nih mba infonya

Thanks sharingnya mbak, menambah ilmu saya agar anak nggak kecanduan gadget. Selama ini anak-anak saya udah patuh nggak pegang gadget selama waktu sekolah, hanya saat libur. Tapi saya rasa pas liburpun tetep harus saya kurangi mereka pegang gawai.

Benar banget, Mba. Alhamdulillah, anak-anak di rumah juga insya Allah tidak kecanduan gawai meski kami juga tidak melarangnya 100 persen.

Tips yang bermanfaat mbak. Saya mengalami punya anak yg lengket dgn gadget. Beberapa tips ini telah sy lakukan untuk menjauhkannya. Memberinya alternatif kegiatan lain dan banyak bercerita bersama sangat membantu membuatnya lupa dg gadget😊😊

Ponakan saya nih kecanduan liat youtube. Sama, saya juga alihkan dg menemaninya bermain. Juga batasi waktunya. Ditambah bilang, "Habis ntar kuotanya. Jangan lama2. Kalau habis gak bs liat lagi" Hihi

Wah terima kasih banyak mba tips nya, bagi aku nanti yg susah adalah memberikan role model untuk ga memegang gawai terlalu lama, duh ini PR besar banget yaaa


EmoticonEmoticon