Wednesday, March 13, 2019

Meriahnya Pawai Ogoh-Ogoh Menyambut Hari Raya Nyepi

Ogoh-Ogoh 


Rahma Weni ---- Ogoh-Ogoh merupakan patung dengan aneka bentuk dan rupa yang merupakan simbolisasi unsur negatif, sifat buruk, dan kejahatan yang ada di kehidupan manusia. Ogoh-Ogoh ini biasanya berbentuk atau berwujud seperti raksasa yang sangat besar dan berwajah menakutkan. Dahulunya Ogoh-Ogoh dibuat dari kerangka bambu yang dilapis dengan kertas. Namun, sekarang kebanyakan Ogoh-Ogoh dibuat dari bahan styrofoam karena bahan ini akan menghasilkan bentuk tiga dimensi yang lebih halus dan nyata. 


Biasanya, proses pembuatan Ogoh-Ogoh ini sudah dimulai beberapa minggu sebelum Nyepi. Waktu dan proses pembuatan sebuah patung Ogoh-Ogoh tergantung pada ukuran, jumlah SDM yang mengerjakannya serta kerumitan desainnya. Pada saat pembuatan Ogoh-Ogoh ini semua pemuda dan remaja bersatu padu mengerjakanya.  


Salah Satu Ogoh-Ogoh


Malam hari menjelang hari raya Nyepi, Ogoh-Ogoh akan diarak keliling desa dan juga diadakan parade Ogoh-Ogoh. Setelah Ogoh-Ogoh diarak keliling desa dan dilombakan, semua patung Ogoh-ogoh yang menyeramkan ini akan dibakar. Prosesi ini dinamakan malam Pengerupukan. Pelaksanaan ritual Pengerupukan dan pawai Ogoh-Ogoh berlangsung serempak di setiap banjar di seluruh Bali. 


Pawai Ogoh-Ogoh di Bali diiringi dengan beleganjur (gamelan Bali) dan obor. Semua warga mulai dari anak-anak hingga lansia pun ikut memeriahkan malam Pengerupukan ini. Semuanya tumpah membanjiri jalanan demi menyaksikan parade Ogoh-Ogoh pada malam Pengerupukan ini. Persiapan pawai biasanya sudah dimulai sejak sore dan pawai atau arak-arakan Ogoh-Ogoh ini akan berlangsung hingga menjelang tengah malam. 


Salah Satu Ogoh-Ogoh Besar


Liburan  ke Bali ketika bertepatan dengan hari raya Nyepi, tentunya akan menjadi pengalaman spesial dalam acara liburanmu, lho. Kamu harus sudah sampai di penginapan pada siang atau sore hari sebelum acara malam Pengerupukan di mulai karena nanti jalan akan di tutup sehingga kendaraan tidak bisa lewat. 



Pada saat Nyepi suasana akan jauh terasa berbeda, sepi, tak ada kendaran yang lalu lalang satu pun, jauh dari hiruk pikuk dan kebisingan Bali pada hari – hari biasa. Wisatawan harus ikut menyepikan diri atau berdiam diri di hotel atau tempat penginapan. Semua aktivitas sosial dan kegiatan ekonomi lainnya mati total selama seharian. Jaringan Internet dan siaran televisi pun mati total selama 24 jam. Hanya rumah sakit yang diizinkan untuk beroperasi pada hari itu.

Pada malam Pengerupukan, jangan lupa menyiapkan bekal makanan untuk hari Nyepi karena tidak ada satu warung atau mini market pun yang beroperasi. Pastikan stok makanan mencukupi selama 24 jam, terlebih bagi yang punya anak dan balita. Jangan sampai si kecil tantrum karena nggak ada makanan kesukaannya. hihi. Sore atau malam pengerupukan ini dapat dipastikan semua Minimarket dan pasar dibanjiri pembeli. 


MiniMarket yang dipenuhi Pembeli


Sebagai warga pendatang di Bali, saya pun harus menyesuaikan diri saat Nyepi. Kami tidak boleh menghidupkan lampu selama 24 jam, mulai dari jam 6 pagi sampai jam 6 pagi esok harinya, jadinya kalau malam harus gelap-gelapan.  Hanya suara jangkrik yang terdengar ketika malam mulai menyapa. Hihi. Kami tidak boleh membuat suara kegaduhan yang akan mengganggu ketenangan beribadah umat Hindu. 


Beberapa Barang Banyak yang Sudah Habis

Esok harinya dinamakan Ngembak Geni, semua orang sudah bebas lagi beraktivitas. Penduduk sekitar sudah boleh beraktivitas seperti biasanya. Wisatawan sudah boleh melakukan kegiatan wisatanya. Kamu bisa ke pantai untuk surfing, berjemur atau menikmati deburan ombak. Tapi, tetap Perhatikan  Tips-tips Ini Agar Liburan ke Pantaimu Jadi Makin Kece!

Pawai Ogoh-Ogoh memberikan tontonan menarik bagi warga maupun wisatawan yang sedang liburan di bali.

Kalau kamu mau menikmati Bali dalam sepi, datanglah ke Bali beberapa hari sebelum hari raya Nyepi. Kamu akan merasakan Bali yang biasanya penuh hiruk pikuk dan kebisingan tiba-tiba menjadi tenang dan sepi, seperti kota mati. 

SETIp
day14






EmoticonEmoticon