Wednesday, March 13, 2019

Taman Janggan, Playground Gratis dan Nyaman di Kota Denpasar


Playground Gratis Taman Janggan
Playground Gratis Taman Janggan 



Rahma Weni --- Kawasan Taman Janggan merupakan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang berlokasi di jalan Raya Puputan. Setiap harinya area bermain ini selalu ramai pengunjung, apalagi saat weekend, rame banget sampai anak-anak berdesakan bermain di playground. 


Taman Janggan menjadi salah satu area publik yang banyak diminati warga Denpasar. Di sini terdapat  area bermain anak, area fitness, taman dan sekaligus tempat bersantai bagi keluarga yang semuanya dapat dinikmati secara gratis.


Kawasan Taman Janggan terbilang cukup lengkap. Di sini anak-anak bisa menikmati wahana playground gratis. Terdapat beragam  wahana  permainan anak seperti jungkat-jungkit, istana permainan yang dilengkapi dengan tangga, area memanjat, perosotan yang seperti lorong dan slide, dan ayunan.  


Terdapat dua jenis ayunan di sini, 2 ayunan yang yang cocok untuk anak dibawah 3 tahun yang kemampuan motoriknya belum sempurna. Ayunan ini disekeliling pinggang dan perutnya diberi karet dengan tujuan pengamanan, serta 2 ayunan yang tanpa karet di sekelilingnya. Di bagian luar playground terdapat areal untuk bermain pasir. Selain itu juga terdapat wastafel untuk mencuci tangan setelah bermain pasir.  


Kolam Pasir Taman Janggan
Kolam Pasir Taman Janggan


Baca juga:

Siapa Sangka, Ternyata Traveling Sama Balita Itu Banyak Manfaatnya

Di bagian Baratnya, disediakan bermacam-macam alat olahraga seperti sepeda udara (air walker), alat bantu sit up, horse rider machine dan elliptical machine. Selain itu di area fitness outdoor ini juga terdapat jogging track serta jalur bebatuan yang bisa digunakan untuk refleksi kaki. 


Wahana Playground gratis dan fasilitas gratis fitness outdoor ini selalu ramai dikunungi warga Denpasar setiap harinya. Bahkan hingga pukul 11 malam, hal ini juga ditunjang oleh penerangan yang cukup memadai. Semua wahana di playground ini bisa melatih kemampuan motorik anak.  Untuk masuk ke playground, pengunjung harus melepas alas kaki. Bagi orang tua yang mengawasi anak-anaknya bermain bisa duduk di pinggir playground karena lantainya dialasi dengan karpet busa yang empuk.


Kawasan yang baru saja diresmikan oleh Wakil Gubernur Bali, Drs. Ketut Sudikerta pada tanggal 6 Januari 2017 lalu, dikelilingi pepohonan yang rindang. Selain udara yang sejuk, di sini juga cukup aman karena di kelilingi dengan pagar pembatas, sehingga anak-anak bisa bermain dengan  aman tanpa khawatir anak nyasar ke jalan raya.. Biasanya tempat ini akan dipadati pengunjung  pada pagi dan sore hari saat weekend atau ketika hari libur. 

Baca Juga:

5 Pesona Destinasi Wisata Di Bali Yang Tak Boleh Kamu Lewatkan


Secara keseluruhan, Taman Janggan cukup bagus, hanya ada beberapa hal yang harus di tingkatkan, tetutama masalah toilet umum. Saya tidak melihat keberadaan toilet di sini. Kebayang kan kalau anak-anak lagi asyik main, lalu tiba-tiba minta ke toilet karena kebelet,  waduuh, bisa kacau, kan? Hehe


Oh iya, selain menjadi areal playground dan fitness, ada pemandangan miris di sini. Saya sering melihat pedagang kaki lima yang main kucing-kucingan dengan Satpol PP. Hampir setiap sore ketika saya ke sini, pedagang mainan dan makanan yang berjualan di sekitar sini, terpaksa mengemas barang dagangannya dengan sigap kalau tidak mau barang dagangannya disita oleh SATPOL PP karena mereka berpacu dengan petugas patroli. Saya juga kurang tahu pasti kenapa pedagang kaki lima ini dilarang berjualan di sekitar area taman. 


Bagi kamu yang mau mengajak anak ke playground gratis, disinilah tempatnya. Bagi kamu yang mau nge gym gratis, tak salah lagi, outdoor fitness Taman Janggan bisa kamu manfaatkan, lho.

SETIP 
Day 13

Img source: tribunbali


EmoticonEmoticon