Thursday, April 4, 2019

7 Manfaat Minum Air Sambil Duduk, Masih Berani Minum Sambil Berdiri?

7 Manfaat Minum Air Sambil Duduk, Masih Berani Minum Sambil Berdiri? 




7 Manfaat Minum Air Sambil Duduk
7 Manfaat Minum Air Sambil Duduk

Rahma Weni
---
Siapa nih yang masih minum sambil berdiri? Meskipun sudah tahu anjuran minum sambil duduk, tapi tetap aja kamu masih sering melakukannya sambil berdiri. Hayo, siapa, ngaku aja deh.

Hmm, kalau begitu kamu perlu baca tentang efek positif yang akan kamu dapatkan jika minum sambil duduk. Kamu nggak bakal menyangka kalau ternyata manfaatnya banyak banget, lho. Yuk, simak!

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan


Jika kamu minum sambil duduk, air akan turun ke ususmu secara perlahan. Jika kamu minum sambil berdiri maka air akan menghantam dinding usus secara keras, seperti terjangan Tsunami. Jika kebiasaan minum sambil berdiri terus berlanjut maka lama kelamaan ususmu akan melar dan berakibat disfungsi saluran pencernaan yang akan membuat lambung kesulitan mencerna makanan. 

Sebaliknya, bila kamu biasa minum sambil duduk, ususmu selalu aman dari tabrakan keras dengan air. Efeknya, lambungmu akan mudah mencerna makanan.

Baca juga:


Rambutmu Rontok? Yuk, Gunakan Ramuan Alami ini untuk Mengatasinya

Perut Buncitmu Bikin Nggak Pede? Konsumsi Buah-Buahan ini Agar Perutmu Kembali Ramping

Waspada Gigi Gigis Pada Anak! Cegah Dengan 7 Tips Ini

2. Menyehatkan Ginjal


Tahu kan kalau ginjal berfungsi untuk menyaring cairan yang masuk ke dalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk urin? Nah, jika kamu minum sambil duduk, kamu telah membantu kinerja ginjal menyaring cairan secara optimal. Kotoran yang terkandung dalam cairan akan tersaring sempurna sehingga kandung kemih pun akan aman dari gangguan saluran kemih dan ginjalmu tetap sehat.

Namun, jika kamu minum sambil berdiri air yang diminum akan langsung masuk ke kandung kemih tanpa melalui proses penyaringan. Sehingga akan membuat penyerapan menjadi tidak maksimal dan merusak ginjal.

3. Terhindar dari Penyakit Artritis


Penyakit Artritis merupakan peradangan pada sendi yang disertai dengan rasa sakit, bengkak, kaku, dan keterbatasan bergerak. Jika kamu selalu minum sambil duduk, kebiasaan tersebut bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Akibatnya, sendi-sendi di tubuhmu akan terhindar dari penumpukan cairan yang bisa menimbulkan peradangan.

4. Terhindar dari Penyakit Asam Lambung


Kalau kamu minum sambil duduk, air yang diminum secara perlahan-lahan bisa membantu mengencerkan kadar asam di dalam lambung lho. Nah, sebaliknya, kalau kamu sering minum sambil berdiri, asam lambung akan mudah naik ke eksofagus dan bikin kerongkonganmu teriritasi. Ihh, syerem yaa.

5.  Menenangkan Syaraf


Minum air sambil duduk akan menenangkan syaraf di tubuh, lho. Kitanya aja yang nggak sadar secara syaraf-syaraf di tubuh ini gak terlihat, kan? Kerja sistem parasimpatetik akan lebih santai sehingga saraf menjadi nggak kaku. Dampaknya penyerapan air akan makin baik dan proses pencernaan pun lebih optimal.

6. Tubuhmu akan Terasa Lebih Segar


Minum sambil duduk juga bakal memberi efek segar bagi tubuhmu, lho. Air yang jatuh secara perlahan ke dalam tubuh akan tertampung secara sempurna di dalam lambung yang nantinya akan dipompa oleh jantung ke seluruh tubuh. Semakin baik cairan dipompa ke organ-organ tubuh, maka tubuhmu terasa makin segar.

7.  Terkesan Lebih Santun bila Minum sambil Duduk


Orang lain tentu bakal menilaimu sebagai pribadi yang santun dan beradab karena perilaku minum sambil duduk. Hal ini sesuai dengan budaya ketimuran kita. Nggak cuma itu, kamu bisa sekaligus memberi contoh yang baik, lho untuk orang-orang di sekitarmu.

Hmm, ternyata banyak banget kan manfaat positif yang akan didapatkan tubuhmu kalau kamu minum sambil duduk? Bagikan artikel ini ke orang-orang yang kamu sayang, ya! Supaya mereka juga ikut membiasakan diri untuk selalu minum sambil duduk.



EmoticonEmoticon