Thursday, April 4, 2019

8 Bisnis dengan Modal Kecil untuk Pelajar Mahasiswa

8  Bisnis dengan Modal Kecil untuk Pelajar Mahasiswa


Rahma Weni --- Apakah untuk berbisnis harus memiliki modal besar dulu? Bisa iya, bisa juga tidak. Bagaimana kalau masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa yang budget bulanannya sudah ditentukan oleh orang tua? Pastinya sulit sekali untuk mulai berbisnis merintis karir atau untuk menambah uang jajan.

Hmm, enggak usah khawatir, kali ini saya akan rangkum 8 jenis usaha dengan modal kecil yang cocok untuk mahasiswa dan pelajar. Hal yang harus diperhatikan dalam berbisnis tentunya tidak mengganggu kegiatan utama di sekolah atau kampus.

Berikut 8 bisnis dengan modal kecil yang bisa kamu coba

 1. Bisnis Pulsa dan Paket Internet

Bisnis pulsa dan paket internet adalah salah satu contoh bisnis mahasiswa tanpa modal besar. Selain modalnya kecil, bisnis pulsa dan paket internet ini cukup menjanjikan karena pulsa dan internet saat ini sudah menjadi kebutuhan hidup yang tak terpisahkan dari kita. Target market berbisnis pulsa ini sudah terpampang nyata di depan mata, mereka adalah teman sekolah atau teman kampus. 

Untuk menjadi agen pulsa atau paket internet cukup mudah, cukup daftarkan diri kamu di agen pulsa terdekat atau agen pulsa di dunia maya. Keuntungan dari berbisnis pulsa ini memang terlihat kecil, sekitar Rp1. 000 – Rp2.000 saja. Namun, jika konsisten dan punya banyak konsumen maka keuntungannya juga lumayan kan?

Tapi perlu diperhatikan, risiko yang biasanya dihadapi oleh para penjual pulsa ini adalah pembeli yang berhutang. Maka, kamu harus disiplin dalam menjalankan bisnis kecil-kecilan ini, agar usaha kecil-kecilanmu tidak rugi.

Baca Juga:

5 Cara Menghasilkan Pundi-Pundi Rupiah Dari Instagram Nyaris Tanpa Modal

7 Aplikasi Browser Tercepat dan Terbaik untuk Berselancar di Internet

5 Smart Phones dengan Kapasitas Baterai Besar dan Tahan Lama, Mana Pilihanmu?

2. Menjadi Penulis Artikel

Salah satu ide bisnis mahasiswa yang cukup menjanjikan adalah menjadi penulis artikel. Jika kamu suka menulis atau punya kemampuan menuangkan ide dalam bentuk tulisan maka peluang bisnis yang satu ini bisa jadi pilihan terbaik untukmu, lho. Selain itu kammu juga bisa mengasah kemampuan menulis dan kreativitasmu dengan cara ini.

Peluang sebagai penulis sangat menjanjikan karena kebutuhan akan tulisan baik untuk kebutuhan media online atau konten kreatif selalu dibutuhkan setiap saat. Kamu hanya perlu laptop dan koneksi internet. 

Tawaran penulis lepas bisa kamu temukan di ranah online melalui blog atau situs freelance seperti Projects.co.id, sribulancer.com, freelancer.co.id, mojok.co.id atau ketik saja di pencarian dengan keyword freelance writer.

3. Menjadi Pengajar atau Tentor Privat

Bisnis ini tergolong mudah dilakukan pelajar atauu mahasiswa karena waktunya cukup fleksibel.  Target market dari bisnis ini adalah pelajar yang berada di jenjang pendidikan di bawahnya. Target market terbaik adalah siswa SMU yang ingin lulus UMPTN, atau pelajar SMP dan SD yang kesulitan mata pelajaran tertentu.

Kamu bisa memilih menjalankan bisnis ini secara mandiri dengan system private door to door atau bekerja sama dengan lembaga bimbel atau franchise pendidikan.

4.  Jasa Desain Grafis

Kalau kamu punya daya kreativitas tinggi bisnis sampingan ini sangat cocok untuk kamu coba. Selain daya kreativitas, kamu juga perlu menguasai penggunaan software edit gambar seperti Photoshop, Adobe Illustrator, atau Corel Draw.

Selain itu, perangkat komputermu pun harus memadai karena akan berpengaruh pada hasil kerja. Yang pasti, bisnis jasa desain grafis ini merupakan bisnis menjanjikan untuk mahasiswa yang punya skill desain.

5. Jasa Translator

Bisnis modal kecil lainnya yang bisa kamu coba adalah jasa translator atau penterjemah. Mungkin peluang usaha ini masih belum terlalu banyak digarap. Peluang bisnis jasa ini juga tidak terbatas untuk para mahasiswa bahkan pelajar atau orang umum pun juga memerlukan bantuan penerjemahan.

6. Menjadi Blogger

Salah satu bisnis untuk mahasiswa yang cukup populer saat ini, dan mungkin untuk panjang adalah menjadi blogger.  Namun, untuk bisa menjadi blogger profesional dibutuhkan skill menulis, ilmu blogging dan juga basic internet marketing.

Untuk tahap awal mulai nge-blog kamu bisa menggunakan platform gratisan seperti Blogger.com yang juga produk dari Google. Atau jika nanti kamu ingin lebih serius nge blog, kamu bisa membeli hosting dan domain sendiri.

Kalau menjadi penulis artikel di media online, kamu bisa langsung mendapat honor begitu artikelmu di publish di sana. Berbeda dengan menjadi blogger, tulisanmu tidak akan langsung dibayar, kamu menulis untuk mengisi blog pribadimu. Lha, kalau nggak dapat penghasilan buat apa? Hehe. 

Kamu akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang muncul di blog pribadimu. Yup, iiklan lah yang akan menjadi sumber pendapatan blogmu.

7.  Bisnis Travel Online

Bisnis Travel online apa mungkin dilakoni mahasiswa atau pelajar? Tentu saja bisa. Untuk mengawali bisnis travel ini, kamu bisa memulainya dengan bergabung dengan salah satu agen bisnis travel.

Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa yang suka traveling, baik di dalam negeri ataupun ke luar negeri. Selain punya bisnis yang menguntungkan, Anda juga berkesempatan untuk traveling ke banyak tempat.

8. Menjadi Dropshipper atau Reseller Online

Usaha lain yang bisa kamu jalankan sebagai mahasiswa tau pelajar adalah menjadi reseller atau dropshipper secara online.  Dropship merupakan salah satu model bisnis online dimana kita bisa menjual produk orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Jadi, kita tidak perlu modal untuk beli barang . Kita hanya memasarkan barang secara online dan mendapat keuntungan dari barang yang kita jual.

Berbeda dengan Dropshipper, Reseller sebelum menjual produk orang lain, diharuskan membeli produk terlebih dahulu. Setelah pembelian pertama kamu bisa menjual atau memasarkan produk tersebut dan nantinya akan dapat keuntungan dari penjualan produk tadi.
Mahasiswa sekarang udah banyak lho yang jualan online, masa kamu enggak?

Tentunya jangan sampai mengganggu aktivitas di sekolah atau kampus ya.

Itulah 8 Bisnis dengan Modal Kecil untuk Pelajar Mahasiswa. Semoga bermanfaat. 








.



 


EmoticonEmoticon