Wednesday, April 10, 2019

Masya Allah, 7 Amalan Kecil ini Datangkan Pahala yang Besar


Masya Allah, 7 Amalan Kecil ini Datangkan Pahala yang Besar





Rahma Weni --- Sebagai hambaNya tentu kita ingin memiliki pahala yang banyak, tapi seringkali kita berpikir bahwa untuk mendapat pahala kita harus melakukan amalan, yang menurut pikiran kita yang awam ini, berat untuk dilakukan. Rasanya mustahil ya, dapat banyak pahala tanpa susah payah? 

Tahukah kamu bahwa ada amalan-amalan kecil yang bisa kita lakukan, amalan yang kelihatannya remeh, namun bernilai besar pahalanya di mata Allah. Apa saja amalan kecil itu?

1. Mendo’akan Orang Lain

Amalan ringan yang bernilai besar pahalanya di mata Allah adalah mendo’akan orang lain. Orang yang mendo’akan orang lain akan mendapat pahala sebanyak pahala orang yang dido’akannya.  Sebagaimana hadist Nabi SAW:
“Barang siapa yang mendoakan mu’min laki-laki atau pun perempuan   niscaya Allah akan memberi pahala kebaikan dari setiap mu’min laki-laki dan perempuan  yang didoakannya.” (HR. al-Thabrani dan di anggap hasan oleh Albani)
Maka perbanyaklah mendoakan orang lain dalam kebaikan dan ketaqwaan agar kita juga mendapat pahala yang besar nilainya.

2. Berdzikir

Berdzikir merupakan amalan ringan dan bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, tapi pahalanya bangat besar. Nilai pahala dzikir melebihi nilai kekayan dunia dan seluruh isinya. Sesuai sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam:

“Aku membaca: Subhaanallah wal hamdulillah walaailaaha illallahu wallahu akbar (maha suci allah, segala  puji bagi Allah, tiada tuhan yang berhaq diibadahi selain Allah dan Allah maha besar). Bacaan itu lebih aku sukai daripada mendapat kekayaan sebanyak apa yang dibawah sinar matahari.” (HR. Muslim).

3. Membaca Do’a Masuk Pasar

Amalan ringan yang nilai pahalanya besar adalah membaca do’a ketika masuk pasar. Hal ini sesuai dengan sabda nabi

“Barang siapa yang masuk kedalam pasar dengan membaca, (Tiada tuhan selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dialah yang memilii kerajaan dan pujian, yang menghidupkan dan mematikan dan Dialah Maha Hidup dan tidak akan pernah mati, ditangan-Nya segala kebaikan  dan dia maha kuasa atas segala sesuatu), niscaya Allah akan membrikan kepadanya seribu-seribu (sejuta) kebaikan dan menghapus seribu-seribu (sejuta) keburukan serta diangkat kedudukannya seribu-seribu (sejuta) derajat. Dalam riwayat lain dikatakan: Niscaya Allah akan membangunkan rumah di dalam syurga,”(HR.Tirmidzi dan Albani menganggapnya hasan).
Nah, mulai sekarang jika kamu masuk pasar sebaiknya baca do’a , ya.

Berikut do’a masuk pasar yang bisa kita amalkan:
لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ
(Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya dan Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu)

Baca juga:

Tips Aman dan Nyaman Berkendara dengan Sepeda Motor untuk Hijabers


3 Hal Yang Menyebabkan Wanita Masuk Neraka dan 1 Amalan Penyelamatnya


4. Memberi Kelonggaran pada yang Berhutang


Ketika ada salah seorang saudara kita yang berutang, mungkin ada yang bisa dengan segera melunasi utangnya, adapula yang kesulitan memenuhi janjinya, bahkan ditagih berkali-kali pun, mungkin belum juga dilunasi. Berilah tenggang waktu dan kelonggaran pada orang yang berutang. Sesuai dengan firman Allah,

وَإِنْ كَانَ ذُو عُسْرَةٍ فَنَظِرَةٌ إِلَى مَيْسَرَةٍ وَأَنْ تَصَدَّقُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ
“Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 280)

Rasulullahu shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Barang siapa yang memberi tempo kepada seorang belum mampu membayar hutang maka setiap hari ia memiliki sedekah sampai hutang itu jatuh tempo. Jika jatuh tempo dan orang itu belum mampu membayar hutangnya kemudian ia memberi kelonggaran lagi, maka setiap hari ia bersedekah dua kali lipat dari harta yang dipinjamkannya,” (HR Hakim dan disepakati oleh Al-Bani).
Orang yang memberi kelonggaran pada orang yang berhutang, maka ia akan mendapatkan pahala sedekah dua kali lipat dari harta yang dipinjamkannya.
  

5. Menjenguk Orang Sakit

Dalam sebuah hadist diriwayatkan:
“Tiada seorang muslim yang menjenguk seorang muslim pada waktu pagi melainkan dia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga sore hari. Dan ia menjenguk pada sore hari maka ia didoakan oleh 70.000 malaikat hingga pagi harinya. Dan akan mendapatkan jaminan buah-buahan yang siap dipetik di dalam surga,” (HR. Tirmidzi dan dia berkata hasan dianggap shahih oleh Al-Bani).
Masya Allah, betapa besar pahala dari perbuatan kecil ini, ya. Kita dido’akan oleh 70.000 malaikat.

6. Membaca Satu Huruf Al Qur’an

Membaca Al Quran merupakan perdagangan yang tidak pernah merugi. Mengapa demikian? Karena 1 hurufnya saja diganjar dengan 1 kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-qur’an maka ia mendapat satu kebaikan dan setiap kebaikan mempunyai sepuluh kelipatan pahala. Aku tidak mengatakan Aliflaammim itu satu huruf, tapi aliif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf,”(HR. Tirmidzi).

7. Menjadi Muadzin

Adzan merupakan panggilan untuk shalat atau sebagai tanda masuknya waktu shalat. Meskipun disuarakan oleh manusia, pada hakikatnya adzan merupakan panggilan Allah kepada segenap hamba-Nya untuk segera menunaikan shalat. Beberapa keutamaan adzan dan pahala bagi muadzin sampai-sampai Rasulullah mengisyaratkan, jika orang-orang mengetahui pahala menjadi muadzin, mereka pasti berebut untuk adzan meskipun dengan cara diundi.Keutamaan muadzin lainnya adalah Allah akan memberi ampunan padanya.

Muadzin juga akan mendapat pahala seperti orang yang shalat bersamanya. Ketika muadzin mengumandangkan adzan, kemudian orang datang menunaikan shalat jamaah karena mendengar adzan tersebut, maka muadzin mendapatkan keutamaan pahala seperti pahala orang-orang yang shalat bersamanya tersebut.
Sebagaimana hadist nabi 
“Muadzin itu akan diampuni dosa-dosanya sesuai dengan panjangnya suara adzan dan pahala seperti orang-orang yang shalat bersamanya,”(HR.Al-Thabrani).
Masya Allah, tak menyangka 7 amalan ringan yang sepertinya sepele ini bernilai pahala yang besar. Yuk, mulai sekarang kita amalkan. 


EmoticonEmoticon