Tuesday, April 9, 2019

Windows 10 Lemot di PC mu? Lakukan Cara ini untuk Mempercepatnya


Windows 10 Lemot di PC mu? Lakukan Cara ini untuk Mempercepatnya

 
Windows 10 Lemot di PC mu? Lakukan Cara ini untuk Mempercepatnya
 Cara Mempercepatnya Windows 10

Rahma Weni ---  Bagi kamu yang udah pernah nyobain windows 7, windows XP dan windows 10 mana nih, yang paling bagus performanya? Apakah windows 10 ini lebih bagus dari para seniornya, atau malah bikin PC jadi lemot?


Pada awal –awal pemakaian windows ini terasa lebih ringan dan cepat, maklum karena baru di install. Hehe. Namun, jika sudah lama diinstall dan sialnya kamu termasuk orang yang malas bersih-bersih sampah di hard disk, maka performanya pun menurun dan PC jadi lemot.


Nah gimana cara meningkatkan kecepatan Windows 10? ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

1. Nonaktifkan Efek Windows


Efek-efek pada Windows kelihatannya memang bagus, eye catching, seperti ketika kita me minimizing atau me maximizing layar, namun mengaktifkan efek yang ada di windows ini pada hakikatnya akan mengurangi performancenya, lho. So, daripada efek ini membuat PC jadi lemot, mending di nonaktifkan aja deh.

Baca Juga:



5 Smart Phones dengan Kapasitas Baterai Besar dan Tahan Lama, Mana Pilihanmu?



Kamu bisa melakukannya dengan cara:
1. Klik icon windows di pojok kiri bawah, kemudian  ketik sysdm.cpl. kemudian enter.
2. Kita masuk di menu System Property, lalu pilih Advanced - pada menu Performance pilih Setting.
3. Di Kolom visual Efek tersebut, silakan hapus tanda centang pada:
o   Animate controls and elements inside windows
o   Animate windows when minimizing and maximizing
o   Animations in the taskbar
o   Fade or slide menus into view
o   Fade or slide ToolTips into view
o   Fade out menu items after clicking
o   Show shadows under windows
4.  Setelah itu klik OK.

2. Rajin Bersih-Bersih Sampah


PC pastinya mengandung banyak sampah file di dalamnya, nah jika kamu tidak sering membersihkan file sampahnya, ini juga akan membuat PC mu jadi lemot, lho. Semua sampah yang berupa Temporary File, Prefetch, atau yang di Recycle Bin harus sering dibersihkan. Kalau kamu malas membersihkannya, file-file sampah ini akan terus membengkak dan tentunya akan menyita hard disk yang lumayan besar dan pada akhirnya akan membuat PC jadi lemot.


3. Matikan Fitur Transparan


Jika PC mu punya spek yang bagus, menurut saya nggak masalah kalau kamu mengaktifkan fitur transparan karena ini akan membuat tampilan windows di PC mu terlihat semakin kece. Namun, jika spek PC mu masih rendah, sebaiknya matikan saja fitur transparan ini demi mempercepat kinerja windows 10 di PC lawasmu, hehe.

Cara mematikan fitur tranparan gimana?  buka PC Setting > Personalization > Colors. Lalu swipe ke kiri dan ambil plihan “Make Start, taskbar, and action center transparent”. Nah transparannya langsung hilang deh.

Ok deh, itulah 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat performance jika PC mu lemot menggunakan windows 10. Jadi, jika saat ini PC mu sedang lemot, tidak perlu mewek, yes. Haha. Lakukan aja 3 cara di atas, dijamin deh bisa Meningkatkan Kecepatan Windows 10.



EmoticonEmoticon