Saturday, May 4, 2019

5 Fakta Menarik Pulau Lombok yang Jarang diketahui, nomor 4 bikin Kamu Lebih Sehat


5 Fakta Menarik Pulau Lombok yang Jarang diketahui, nomor 4 bikin Kamu Lebih Sehat

5 Fakta Menarik Pulau Lombok
5 Fakta Menarik Pulau Lombok

Rahma Weni --- Pulau Lombok  merupakan bagian dari Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau kecil nan indah ini menjadi primadona wisata liburan belakangan ini. Lombok tak hanya dilirik oleh wisatawan lokal saja, tetapi wisatawan manca negara pun sudah banyak yang jatuh cinta dengan keindahan dan keeksotisan pulau mungil ini.  Berbagai jenis objek wisata di pulau ini siap memanjakan siapa saja yang bertandang ke pulau ini.

Tapi tahukah kamu jika ternyata masih banyak yang tidak tahu fakta-fakta menarik tentang pulau Lombok ini. Apa saja fakta menarik tersebut?

1.      Lombok yang berarti lurus

Apa yang terlintas di pikiran ketika mendengar kata “Lombok”? Mungkin sebagian dari  kita berpikir bahwa kata Lombok berasal dari bahasa Jawa yang artinya Cabai. Sebenarnya Lombok berasal dari bahasa sasak “lomboq” yang berarti lurus. Konon kabarnya nama lomboq diberikan untuk memperingati perjalanan panjang para nenek moyang masyarakat Lombok saat menemukan pulau ini. Namun, seiring berjalannya waktu, kata Lomboq berganti menjadi kata Lombok. Pada akhirnya sekarang kata Lombok lebih populer dan dikenal oleh banyak orang.

2.      Suku Sasak

Suku Sasak dikenal sebagai penduduk asli Pulau Lombok, sama halnya seperti suku Aborigin di Australia. Suku Sasak sudah menghuni daratan Lombok ratusan tahun lamanya.

Baca Juga:

Angels’s Billabong, Keindahan Surgawi yang Tersembunyi Dibalik Bebatuan Pantai Nusa Penida

3.      Memiliki Gunung berapi tertinggi ke dua di Indonesia, Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi ke-dua di Indonesia dengan ketinggian sekitar 3.726 m dpl dan merupakan gunung api yang masih aktif. Nama Rinjani begitu tersohor dikalangan para wisatawan apalagi bagi para pendaki. Dari puncak Rinjani ini kita bisa melihat pemandangan hampir seluruh bagian Pulau Lombok. Hmm, indah sekali ‘kan?

4.      Kawasan Bebas Kendaraan Bermotor

Tahu Pulau Hydra di Teluk Saronic Yunani yang melarang menggunakan kendaraan bermotor? Siapa sangka ternyata di Indonesia juga terdapat pulau yang bebas dari kendaraan bermotor yaitu di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Di sini tidak boleh ada satupun kendaraan bermotor yang digunakan.

Semua orang harus jalan kaki atau bersepeda untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Jika perjalanan jauh yang tidak bisa ditempuh dengan jalan kaki atau bersepeda, maka alternatif kendaraan lain yang bisa dipakai adalah kereta kuda atau yang lebih sering disebut Cidomo, Hmm, kebayang kan, betapa bersihnya udara di tempat ini? Jauh dari polusi dan hiruk pikuk kendaraan bermotor. Siapa sangka, keunikan ini ternyata menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun manca negara. Peraturan yang melarang penggunaan kendaraan bermotor didasarkan pada peraturan adat yang kemudian diadopsi oleh pemerintah setempat.

5.      Kuliner dengan cita rasa pedas

Bagi para pecinta kuliner pedas, Lombok merupakan salah satu destinasi yang sangat cocok untuk memanjakan lidah. Pasalnya, pulau ini memiliki makanan khas yang bercita rasa pedas seperti ayam taliwang, beberuk terong, plecing kangkung, sate bulayak, sate rembiga dan banyak lainnya. Cita rasa pedas dari kuliner khas Lombok ini dipengaruhi oleh cabai asli Pulau Lombok yang memiliki pamor pedas yang benar-benar nampol di lidah.

Bagaimana, tertarik mengunjungi Lombok? Sudah siap berpetualang di Lombok sambil menikmati kuliner pedasnya?
Mari packing dan mulai liburan.


EmoticonEmoticon