Monday, May 6, 2019

Haid saat Ramadhan? Ini 6 Amalan Sunnah yang Bisa Kamu Lakukan


Haid saat Ramadhan? Ini 6 Amalan Sunnah yang Bisa Kamu Lakukan




Rahma Weni --- Gimana perasaannya saat datang bulan ketika bulan Ramadhan? Sedih. Mungkin itu yang dirasakan ketika kita tak bisa menjalani ibadah puasa Ramadhan secara penuh. Bulan Ramadhan merupakan momen dimana kebaikan diberikan  pahala berlipatganda.

Perempuan yang sedang haid atau nifas memang dibatasi dalam ibadah tertentu seperti shalat dan puasa namun, tak terberarti ia tidak bisa beribadah dan mendapat pahala. Wanita haid tetap bisa melakukan ibadah-ibadah lain demi meraup pahala dari Allah. Apa saja ibadah yang bisa dikerjakan wanita haid saat bulan Ramadhan?

1.  Menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur


Saat ramadhan walaupun kita tidak berpuasa karena haid, kita juga dapat mencari pahala kebaikan dengan menyiapkan makanan untuk berbuka dan sahur untuk keluarga ataupun bagi yang membutuhkan. Sebagaimana Hadist nabi

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (H.R. Bukhari Muslim).

2. Memperbanyak Zikir dan Doa

Amalan lain yang dapat dilakukan adalah memperbanyak zikir dan doa. Ulama sepakat bahwa istighfar, dzikir, dan doa tidak disyaratkan yang melakukannya harus dalam keadaan suci dari hadas baik hadas besar maupun hadas kecil. Itu artinya jika seorang wanita sedang haid, tidak ada larangan baginya untuk beristighfar, dzikir dan berdoa sepanjang waktu selama ia mampu melakukannya.

Berdoa dibulan ramadhan adalah sangat mustajab, dan sangat dianjurkan, tentunya sebagai muslimah juga memanfaatkan waktu dengan senantiasa memperbanyak berdoa dan bedzikir setiap saat, Allah SWT Berfirman: “Dan Rabbmu Berfirman: Berdoalah Kepada-Ku Niscaya akan Aku perkenankan bagimu.” (QS. Al-Mu’min: 60).

3. Membantu Orang Lain (Khidmat)

Jika seorang wanita sedang haid maka ia dapat melakukan amalan lain agar berupa meringankan pekerjaan atau kesusahan orang lain untuk mendapat pahala. Seperti diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kisah berikut.

Dari Anas radliallahu ‘anhu, ia berkata; Dulu kami pernah bepergian bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dan di antara kami ada yang melaksanakan puasa dan ada pula yang tidak berpuasa. Kemudian di hari yang sangat terik itu kami berhenti di suatu tempat dan orang yang bisa berteduh hanyalah orang yang mempunyai pakaian, bahkan di antara kami ada orang berlindung dari sinar matahari hanya dengan tangannya saja. Maka orang-orang yang berpuasa pun berjatuhan. Maka orang yang tidak berpuasa bangkit, kemudian mendirikan tenda  dan memberi minum hewan tunggangan mereka. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun bersabda: “Hari ini mereka yang berbuka telah menuai pahala.” (H.R. Muslim)

4. Memperbanyak Sedekah

Bersedekah merupakan amalan yang dapat memberikan manfaat pada orang lain. Sedekah tentu bisa mengurangi beban dan penderitaan orang lain. Tidak ada alasan bagi kita yang tidak berpuasa karena haid untuk tidak melakukan amalan.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim bahwa Dari Abdullah bin Umar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda: “Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyakkanlah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni Neraka.” (H.R. Muslim) Nah, mulai sekarang, yuk perbanyak bersedeqka selama Ramadan.

5. Mencari Ilmu (Tholabul’ Ilmi)


Rasulullah SAW Bersabda: 
“Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut Ilmu, Niscaya Allah SWT menunjukkan jalan menuju Surga Baginya.” (H.R. Muslim).

Selama bulan Ramadan, banyak sekali majelis-majelis ilmu diadakan.Dataangilah majelis ilmu tersebut untuk menambah pengetahuan keagamaa, walaupun kita dalam keadaan haid.

Ada beberapa riyawat yang melarang wanita haid untuk membaca kitab suci Alquran, tetapi mempelajari al qur’an atau sekadar mendengarkan bacaannya insyaallah merupakan sesuatu yang diperbolehkan. Oleh karena itu, datangilah majelis-majelis keilmuan serta membaca buku-buku yang dapat memperdalam ilmu pengetahuan kita.


Mudah-mudahan, 5 amalan yang disebutkan di atas dapat membantu menjawab kegalauan teman-teman yang haid di bulan Ramadan. Semoga wanita yang haid saat bulan ramadhan, tetap dapat  mengisi bulan yang bertabur pahala ini dengan amalan baik lain yang insyaallah bermanfaat. Semoga apa yang kita lakukan mendapat ridha dan pahala dari Allah, aamiin.




EmoticonEmoticon