Thursday, May 2, 2019

Liburan ke Bali? Daftar Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Beli sebelum Liburanmu Usai


Liburan ke Bali? Daftar Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib Kamu Beli sebelum Liburanmu Usai

Rahma Weni --- Jika kamu liburan ke Bali, pasti deh banyak teman atau saudara yang berpesan, “Oleh-oleh jangan lupa, ya”. Nah, sampai di Bali dan ketika liburanmu usai, bingung kan mau beli apa? Daripada kamu bingung mutar-mutar nggak tahu apa yang harus dibeli, mending bacaa ini dulu deh.

Supaya lebih mudah, saya bagi berdasarkan kategori aja ya. Berikut daftar Oleh-Oleh Khas Bali Berdasarkan Kategori.

1.    Makanan & Cemilan

Pie Susu

Pie Susu Oleh-Oleh Khas Bali
Pie Susu Oleh-Oleh Khas Bali Foto credit Dhian 

Nah, ini dia cemilan paling legendaris dari Bali. Pie susu ini bentuknya bundar, sama dengan pie umumnya, tetapi lebih gepeng dan di bagian tengahnya ada fla susu yang nikmaat banget. Begitu pie susu ini digigit berasa lumer di mulut dan rasa manisnya tinggal di lidah. Makan pie susu sebiji aja? Nggak cukup, pasti minta lagi.

Merek pie susu ini sangat banyak, industri pie susu pun ada yang sudah skala besar ada yang masih rumahan. Untuk varian rasa sekarang juga sudah bervariasi, ada yang original, coklat, keju, coklat keju, blueberry dan stroberi. Harganya dimulai dari 1.000 sampai kisaran 2.500 per bijinya.

Baca Juga:

Lakukan 9 Tips Ini Agar Liburan ke Pantai Jadi Makin Kece!

Kacang Disko

Kacang Disko Oleh-Oleh Khas Bali
Kacang Disko Oleh-Oleh Khas Bali Foto Credit Kecak mama

Suka cemilan kriuk-kriuk dengan sensasi rasa gurih dan pedas? Kacang Disko solusinya. Kacang disko ini sama seperti kacang tepung, tetapi komposisi tepungnya lebih tebal sehingga sensasi kriuknya lebih berasa. Varian rasa lumayan banyak, ada rasa original dan pedas, ada juga rasa keju, BBQ, dan udang yang cukup populer.

Untuk harganya sendiri tergantung dari berat jenis yang kamu pilih. Kacang disko dengan netto 250 gram berkisar dari Rp16.000 sampai Rp20.000 sementara netto 500 gram dijual sekitar 35.000 sampai Rp40.000.

Kacang Asin

Kacang Asin Oleh-Oleh Khas Bali
Kacang Asin Oleh-Oleh Khas Bali


Kacang renyah ini polos, tidak diberi balutan tepung atau bahkan perasa tambahan seperti kacang disko. Tapi gurihnya kacang asin cocok untuk teman saat baca buku atau sekedar bengong-bengong santai. Jiahaha, bengong-bengong santai. Harga kacang asin berkisar 35.000 dengan berat 150 gram.

Bakpia

Bakpia Oleh-Oleh Khas Bali
Bakpia Oleh-Oleh Khas Bali


Yap, Bakpia nggak hanya ada di Jogja lho. Di Bali juga ada Bakpia. Bentuk dan bahannya sama aja dengan Bakpia Jogja, terbuat dari tepung yang diisi dengan campuran kacang hijau dan gula. Sekarang variasi rasa bakpia juga sudah semakin banyak. Ada rasa cokelat, keju, stroberi, kacang tanah.

Bahkan salah satu merek Pia ternama di Bali, untuk membelinya pun kamu harus ngantri berjam-jam hanya untuk mendapatkan 2 kotak Pia. Iya, setiap pembeli yang telah antri tadi hanya dibolehkan membeli 2 kotak saja dengan harga yang dibanderol Rp. 90.000 per boksnya. 

Kopi Kintamani

Kopi Kintamani  Oleh-Oleh Khas Bali
Kopi Kintamani 


Temanmu penggemar kopi? Oleh-oleh yang satu ini jangan sampai lupa ya. Kopi Kintamani merupakan kopi Arabika yang ditanam di daerah Kintamani, Bali.

Rasa yang paling menonjol dari kopi Kintamani adalah rasa jeruk dengan tingkat keasaman yang cukup rendah. Kopi ini juga sudah di ekspor ke luar negeri, lho.

Salak Bali

Salak Bali Oleh-Oleh Khas Bali
Salak Bali

Nah, kalau kamu nencari oleh-oleh khas Bali yang lebih sehat dan natural, salak bali bisa jadi pilihan. Salah Bali termasuk dalam salak jenis gula pasir. Salak Bali mempunyai rasa yang manis dan daging buah yang super tebal, semnetara bijinya berukuran mini.

Kamu bisa mendapatkan salak gula pasir khas Bali ini di pasar tradisional. Harga salak per kg juga fluktuatif, biasanya sekitar Rp. 20.000-an.

Itulah oleh-oleh khas Bali yang berupa makanan atau camilan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh saat liburanmu telah usai.

Selamat berbelanja dan selamat menikmati liburan di pulau Dewata.




EmoticonEmoticon