Thursday, September 26, 2019

Berjalan Tanpa Alas Kaki Itu Ternyata Menyehatkan, lho.


Berjalan Tanpa Alas Kaki Itu Ternyata Menyehatkan, lho.

Rahma Weni ----- Kamu sering berjalan tanpa alas kaki nggak? Kalau kamu berjalan tanpa alas kaki maka kakimu akan langsung bersentuhan dengan tanah, batu, kerikil atau rumput. Berjalan tanpa alas kaki atau 'earthing’ atau ‘grounding’ ini memang sudah banyak yang melupakannnya ya. Apalagi di kota besar, padahal dulu nenek moyang kita sering melakukannya. Aktivitas earthing ini jika dilakukan secara rutin ternyata bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan, lo. Berikut ini ulasannya!

1. Sarana Reflexy Gratis

 



Di telapak kaki kita terdapat banyak sekali syaraf tepi. Dengan melakukan earthing atau nyeker ini kaki kita akan menginjak dan bersentuhan secara langsung dengan bebatuan dan tanah. Nah, aktivitas ini akan membantu memberi stimulasi titik-titik refleksi di kaki kita. berjalan di permukaan yang tidak rata dapat merangsang berbagai daerah di telapak kaki sehingga hal itu dapat dijadikan sebagai sesi pijat gratis. Jangan tanya gimana rasanya saat pertama kali menginjakkan kaki di jalan yang berbatu, ya? Awalnya memang agak sakit apalagi jika kamu nggak biasa nyeker, namun percayalah, lama kelamaan kakimu akan beradaptasi kok.

2.  Meningkatkan Kesehatan Jantung


Dalam sebuah hasil riset dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, "earthing" membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi tingkat kekentalan darah. Jika aliran darah lancar maka sel tentunya tidak akan mudah menggumpal  dan resiko penyakit jantung akan berkurang secara signifikan.

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak


Berjalan nyeker akan membuat ion negatif masuk ke dalam tubuh kita. Ion negatif ini  dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, nyeker juga dipercaya dapat menyeimbangkan ritme sirkadian yang memberikan kesadaran yang baik ketika terjaga. Jadi, bagi kamu yang sering nyeker secara rutin, maka kualitas tidur malammu lebih baik jika dibandingkan dengan yang jarang nyeker.

4. Mengatur sistem saraf dan mengurangi tingkat kecemasan serta stres



Apa yang biasa dilakukan saat stress melanda? Hmm, mungkin sebagian orang akan merefresh pikiran dengan menghirup udara segar atau berjalan-jalan keluar rumah. Berada di luar ruangan diyakini dapat membantu kita untuk menstabilkan emosi dan menyeimbangkan sistem saraf. Tapi, tahukah kamu kalau nyeker atau earthing ternyata lebih efektif mengurangi rasa cemas dan stress mu, lho. Dengan membiarkan kaki menapaki tanah secara langsung akan bisa mengurangi stress yang kamu alami. 

Mengapa hal ini bisa terjadi? Bumi memiliki muatan atau ion negatif, sementara tubuh kita mempunyai muatan positif karena gelombang elektromagnetik yang sering kita gunakan dalam keseharian kita. Jadi, meluangkan waktu untuk earthing sangat penting bagi kesehatan emosional dan fisik kita.

5. Mengurangi Peradangan

Nyeker juga akan mengurangi peradangan karena  dengan bertelanjang kaki akan memungkinkan tubuh kita, yang membawa ion positif, menyentuh tanah secara langsung, yang megandung ion negative.

Wah, ternyata earthing punya banyak manfaat ya. Tapi harus diperhatikan juga keadaan sekelilingnya, ya.. Jangan sampai kamu menginjak benda tajam atau benda berbahaya. Tetap perhatikan sekelilingmu. Jadi, mulai sekarang rutinkan nyeker agar kamu memperoleh manfaat kesehatan dari earthing ini.
 img source: unsplash






EmoticonEmoticon