Friday, September 13, 2019

Me Time Mudah dan Murah ala Rumahan


Me Time Mudah dan Murah ala Rumahan

Me Time Mudah dan Murah ala Rumahan


Rahma Weni --- Pernah nggak sih merasa ingin menjauh sejenak dari rutinitas, butuh waktu untuk diri sendiri tanpa terganggu oleh orang lain, anak ataupun suami? Yap, Me time, menghabiskan waktu sendiri, memanjakan diri sambil melakukan hal-hal yang disukai.

Bagi saya tujuan me time adalah merehatkan pikiran dan badan dari rutinitas agar terhindar dari kejenuhan dan stress. Dengan menyediakan waktu khusus untuk diri sendiri semoga kita terhindar dari stress, mudah lelah atau bahkan perasaan tertekan, ya.


Duh, kebayang gak sih kalau kita jarang Me Time? Pasti sering bad mood, uring-uringan dan mudah meledak menghadapi seseuatu apalagi menghadapai balita yang tantrum.

Apa yang kamu lakukan saat Me time? Bagi saya, yang berstatus ibu rumah tangga, me time saya nggak perlu jauh-jauh. Apa yang saja lakukan sebagai me time?

Shopping/ Window shopping


Shopping (unsplash)


Yap, Shopping. Pasti sudah diduga dari awal kan, kalau me time bagi kaum wanita adalah shopping, haha. Biasanya saya shopping lebih banyak via online daripada offline karena lebih mudah, lebih santai aja rasanya. Tanpa harus repot-repot keluar rumah, nyari ojek online atau taksi online. Cukup dengan bermodalkan jaringan internet saja dan pasar online dengan harga yang kompetitif sudah ada dalam genggaman.

Barang yang paling sering saya beli adalah peralatan dan bahan-bahan memasak, bukan fashion. Iyaa, saya nggak ngerti dunia fashion sama sekali, pakai baju aja kadang warnanya tabrak lari bin nggak matching sama sekali. Hoho.

Shopping merupakan aktivitas menyenangkan bagi kita. Meskipun begitu, jangan sampai kebablasan ya. Shopping pun harus yang benar-benar butuh, membeli barang yang memang kita perlukan. Hmm, kalau lagi nggak ada kebutuhan yang harus dibeli, saya pun window shopping sekedar memuaskan mata.

Belajar Memasak

Memasak (unsplash)




Kalau ingin me time, kegiatan lain yang saya lakukan adalah pergi ke dapur, nguprek bahan-bahan yang ada di dapur dan mengolahnya menjadi makanan dengan rasa yang bisa dikatakan jauh dari enak, haha. Sebagai pemula di dunia masak-memasak dan hanya berbekal resep dari internet, peralatan seadanya, plus skill memasak yang masih berada di level jongkok, jadilah makanan atau cemilan rumahan yang rasanya enggak karuan. Tapi selalu habis disantap bersama.


Sosial Media

Sosial media (unsplash)



Scrolling feed sosial media merupakan me time yang paling mudah dan simple saya lakukan, selama ada jaringan internet dalam genggaman. melihat-lihat feed sosial media sambil tidur-tiduran sudah cukup mengembalikan mood saya  atau membalas chatt di whatsapp sudah bisa  menaikkan kadar hormon bahagia saya. Eit, tapi harus hati-hati juga ya, jangan sampai kebablasan dan membuat semua terbengkalai.

Treatment di rumah

Perawatan kecantikan di rumah (unsplash)



Treatment kecantikan diri bagi saya nggak harus ke salon, bisa kok dilakukan di rumah dengan alat sederhana yang kita punya.  Maskeran dengan bahan alami atau bahan-bahan dapur seperti jeruk nipis, tomat, timun dan bahan lainnya yang bisa saya jadikan masker.  Melakukan perawatan diri di rumah tanpa keluar biaya banyak seperti ini sudah cukup mengembalikan mood saya yang terkadang sering swing begitu cepat, apalagi kalau PMS melanda. *nyari alasan* .

Perawatan diri ala ala salon dengan budget yang minim ini akan semakin menjadi precious moment kalau ditambah dengan alunan musik favorit. Apa musik favorit saya? Sebagai anak rantau yang terdampar jauh di negeri orang, musik kesukaan saya adalah lagu yang dibawakan dengan bahasa ibu, lagu daerah Padang, yap, lagu minang. Dulu waktu masih di kampung saya tidak begitu suka dengan lagu minang ini, saya lebih memilih memutar lagu-lagu western di komputer untuk menemani kegiatan saya di depan layar membuat tugas-tugas kuliah. Hitung-hitung sebagai latihan mengasah kemampuan listening dan pronunciation saya sebagai mahasiswa Bahasa Inggris, *duuh, jadi flashback belasan tahun yang lalu*. Namun, sejak hidup di negeri orang, musik minang menjadi pilihan ketika me time.  

Nah, itulah me time yang saya lakukan untuk mempertahankan kestabilan emosi agar terhindar dari marah, kesal atau uring-uringan. Me time mu ngapain, dears?




EmoticonEmoticon