Wednesday, September 18, 2019

Menu Sarapan Favorit

Menu Sarapan Favorit


Menu Sarapan Favorit
Menu Sarapan Favorit



Rahma Weni --- Menu apa yang paling sering saya siapkan untuk sarapan? Dulunya saya sarapan apa saja karena saya tipe pemakan segala,saya bukan tipe picky eater yang suka pilah pilih makanan. Semuanya saya suka, semuanya disantap.

Biasanya pagi-pagi itu sarapan nasi goreng yang saya buat sendiri. Menu mudah dan praktis karena tinggal campur semua bahan dan aduk-aduk. Kalau bosan nasi goreng, saya beli nasi kuning atau nasi uduk pinggir jalan yang seporsinya seharga 5.000 sudah lengkap dengan ayam suwir, tahu, tempe dan mie plus sambalnya. Menu murah meriah dan kenyang kalau jajan begini. Tak lupa juga beli gorengan sebagai pelengkap nasi kuningnya. Sarapan kenyang dan  praktis tanpa perlu repot menyiapkan bahan dan berlama-lama di dapur. Hoho

Tapi, kebiasaan itu sekarang saya coba ganti. Kebiasaan yang sudah berurat dan berakar ini perlahan saya coba hilangkan sejak saya menerapkan pola hidup JSR yang belakangan ini sering berseliweran di feed instagram saya. *Kemana aja mak, JSR sudah booming sejak lama*

Sejak membaca postingan dr. Zaidul Akbar dan teman-teman blogger lainnya yang menerapkan JSR, saya berniat mengubah kebiasaan sarapan dari yang tidak sehat ke yang lebih sehat. Tapi keinginan untuk menjalani pola hidup sehat itu sungguh berat. Banyak godaan yang membuat saya maju mundur, apalagi godaan gorengan abang-abang pinggir jalan.

Beberapa hari belakangan ini saya memantapkan niat untuk megikuti JSR. Sekarang saya mulai mengganti sarapan yang awalnya sarapan berat, dari nasi saya ganti dengan buah. Alhamdulillah saya bisa menghindari nasi putih, menghindari gula dan produk turunannya, tapi tidak untuk gorengan. Saya masih belum bisa mengalahkan pesona gorengan yang berhias cabe rawit. Duuh, kebayang sedap dan pedasnya di mulut. 

Menu Sarapan Sehat yang baru saya coba adalah:

1. Buah

Sarapan Buah 



Sarapan pengganti nasi yang saya lakukan adalah makan buah. Bisa berupa buah potong atau di jus tanpa tambahan gula dan susu kental manis tentunya. Buah apa yang sering saya konsumsi? Buah apa saja yang ada di kios buah dekat rumah seperti  pepaya, pisang, ataupun nanas. Buah apa saja yang lagi musim. Kenapa? Biar murah dan dapat banyak. Haha.

2. Oatmeals

Oatmeals 

Sekarang saya mulai untuk stok oatmeal di rumah. Menu sarapan yang biasa saya buat dengan oatmeal adalah dimasak seperti bubur dan ditambah dengan potongan buah. Konsumsi oatmeal bagi saya merupakan hal baru. Baru kali ini saya makan oatmeal lagi setelah sejak zaman dahulu waktu pertama kali nyobain olahan oatmeal rasanya bikin eneg dan bikin mual. Kenapa begitu? Karena dulu saya nggak tahu cara menyajikannya, dulu pure oatmeal tanpa tambahan apapun. Kalau sekarang gimana rasanya sarapan dengan oatmeals? Hmm, lumayan enak karena sudah bukan murni oatmeal, sudah  dicampur dengan potongan buah. 

Bagaimana denga green smoothies? hmm, saya masih belum bisa menerimanya. Sayuran dicampur buah belum pernah saya coba. Dari penampakannya terlihat nggak enak menurut saya, tapi menurut teman-teman yang sudah mencoba green smoothies. Rasanya enak kok, nggak seseram yang dibayangkan. Hihi.

Itulah menu sarapan favorit saya yang sekarang sudah dicoba ubah sedikit demi sedikit. Semoga saya bisa istiqomah menjalankan pola hidup sehat seperti ini. 

Ketika umur sudah menginjak kepala 3, rasanya zholim banget ke tubuh kalau masih konsumsi makanan yang nggak sehat atau yang lebih sering dibilang dengan istilah “nyampah” sama dr. Zaidul Akbar. Dari kecil sampai umur segini masih "nyampah" dan membebani kerja badan rasanya kasihan sekali sama badan.  

Semoga istiqomah. 
  


EmoticonEmoticon