Wednesday, September 25, 2019

Nikmati Sejuk dan Asrinya Masjid Al Ihsaan Sanur

Nikmati Sejuk dan Asrinya Masjid Al Ihsaan Sanur





Masjid Al Ihsaan  




Rahma Weni --- Kalau kamu berkunjung ke Pantai Sanur dan waktu shalat telah masuk, nggak usah khawatir dan bingung mencari mushalla atau masjid tempat shalat walaupun kamu berada di daerah yang penduduknya mayoritas non muslim.  Di dekat kawasan pantai Sanur ada sebuah masjid yang asri dan sejuk, yap Masjid Al Ihsaan.  Masjid Al Ihsaan ini berada di kawasan jalan Hang Tuah,  Komplek Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Denpasar. Bali.  tidak terlalu jauh dari pantai Sanur. 

Kalau kamu datang dari arah luar menuju kawasan pantai maka masjid ini terletak di sebelah kanan jalan sebelum memasuki gapura pantai Sanur. Kamu akan menemui plang merek dan teruslah berjalan kira-kira 50 meter ke dalamnya. Sepanjang jalan akan banyak pohon pelindung yang membuat suasana semakin sejuk.

Waktu itu pertama kali saya ke masjid ini, saya dari pantai Sanur, ketika mau pulang waktu Magrib masuk. Niatnya sih mau langsung pulang ke rumah saja karena jarak dari pantai Sanur ke rumah tidak terlalu jauh, sekitar 5 KM. Begitu saya pesan ojol, drivernya minta di cancel karena berbagai alasan. Dua kali saya membuat orderan, dua kali juga drivernya minta di cancel. Mengingat kondisi jalanan yang macet saat jam sibuk, lalu kami memutuskan untuk shalat Magrib dulu di masjid Al Ihsaan.


Halaman Masjid yang Luas dan Bersih

Masjid ini cukup luas dengan halaman yang cukup asri dan sejuk karena dipenuhi oleh berbagai tanaman. Kesan pertama memasuki masjid ini adalah asri dan udaranya yang sejuk. Ketika saya menginjakkan kaki di ubin masjid ini rasanya sangat adem, nyess sampai ke hati. Bangunannya  didesain secara terbuka tanpa dinding, semi outrdoor gitu kesannya, Tampilan bangunannya menurut saya sangat unik, baru kali ini saya melihat masjid yang di desain secara terbuka,  sehingga ketika kaki kanan kita mulai menapaki masjid kita bisa melihat seluruh ruangan dengan bebas bahkan sampai ke area luar. 

Udara panas di luar tidak akan terasa ketika berada di masjid ini walau tanpa pendingin udara yang nyala sekalipun. Udaranya akan tetap terasa sejuk karena sapuan angin semilir pantai yang lembut berpadu dengan dinginnya ubin masjid. Benar-benar Cozy. Hal ini tentunya akan semakin membuat kita betah berlama-lama beribadah di sini, kan?

Bagian Dalam Arsitektur Masjid


Sejarah Masjid Al Ihsaan


Masjid ini didirikan tahun 1980. Ketika ada tamu kenegaraan di zaman Presiden Soekarno akan melaksanakan sholat lima waktu dan sholat Jumat tidak ada mushola atau masjid di hotel. Maka manajemen berinisiatif membangun masjid yang susunan pengurusnya dari pihak hotel yang beragama islam, ditambah pengurus yang sudah menjabat di mushola sewilayah Sanur.


Masjid Al Ihsaan Sanur

Masjid ini memiliki fasilitas parkir yang luas, taman, gudang penelitian, tempat penitipan sepatu/sandal, perpustakaan, penyejuk udara, kamar mandi/wc, tempat berwudhu, sarana ibadah, kantor sekretariat dan lain sebagainya.

Menyediakan Makanan untuk yang Puasa Senin Kamis

Masjid ini menyediakan makanan dan takjil untuk berbuka puasa. Jadi, bagi kamu yang berpuasa sunnah Senin, Kamis maka saat magrib dan waktu berbuka datang kamu nggak perlu khawatir karena masjid ini menyediakan makanan untuk berbuka. Waktu saya datang ke sana bertepatan dengan hari Senin, saya melihat banyak makanan disajikan di sana. Lalu saya bertanya pada jamaah wanita di sana, masjid memang menyediakan makanan dan minuman untuk berbuka pada hari Senin dan Kamis. 

Fasilitas Masjid Bersih

Masjid Al Ihsaan, Sanur, memiliki fasilitas yang bersih. Mulai dari kamar mandi dan tempat berwudhu’ yang kinclong, air bersih yang memadai, mukena umum milik masjidnya juga bersih, lho. Halaman luarnya yang luas dan hijau serta bebas sampah. Nyaman banget berada di sini. Sejuk, bersih dan asri.  

Selain itu, area parkir kendaraan juga sangat luas dan dipelataran tempat parkir banyak pedagang makanan. Ada bakso, tipat tahu, Hanya 2 jenis pedagang makanan ini yang berhasil ditangkap dengan jernih oleh mata minus saya ini.

Jadi, bagi kamu yang berkunjung ke Sanur sekarang nggak usah khawatir lagi mencari tempat ibadah ya.


EmoticonEmoticon