Friday, September 20, 2019

Seruput Hangat dan Creamynya Teh Talua, Minuman Legendaris Khas Padang, Tanpa Bau Amis

Seruput Hangat dan Creamynya Teh Talua, Minuman Legendaris Khas Padang, Tanpa Bau Amis



Teh Talua, Minuman Melegenda Khas Padang  img source: cookpad

Rahma Weni --- Teh Talua, begitu orang Minang biasa menyebutnya. Teh yang dalam bahasa minang atau bahasa Padang  memiliki arti yang sama dengan bahasa Indonesia dan Talua yang dalam bahasa Minang yang berarti telur. Hmm, mungkin namanya akan terdengar sedikit aneh bagi kamu yang bukan orang Padang, Bahan utama dalam membuat minuman ini adalah telur, gula dan seduhan teh tubruk.


Apa yang terlintas di pikiranmu ketika nama teh disebut? Campuran gula dan teh yang diseduh dengan air panas, kan? Yap, jika biasanya minum teh hanya diseduh dengan air panas dan ditambah gula lalu langsung bisa dinikmati dengan cemilan kesukaanmu, namun kali ini Teh Talua khas Padang ini proses pembuatannya berbeda, lho.


Minuman ini dibuat dengan mencampurkan kuning telur dan gula yang dikocok sampai mengembang dan berbusa lalu ditambahkan air seduhan teh yang mendidih. What?  Telur mentah? Yes, that’s why we call it Teh Talua. Rasanya hangat dan creamy tanpa bau amis. Kok bisa nggak amis, sih? kan telurnya nggak dimasak di kompor? Pssstt, Ada rahasianya donk guys.


Minuman ini dipercaya dapat menghangatkan badan, lho. Daerah di sini masih banyak yang berhawa dingin. Biasanya Teh Talua dikonsusmsi saat pagi hari atau malam hari saat suhu sudah dingin. Selain untuk menghangatkan badan, Teh Talua juga dipercaya dapat menambah stamina.


Rasanya manis dan creamy, hmm begitu nikmat saat diseruput. Ditambah dengan paduan warnanya yang ciamik, 3 gradasi warna yang unik; lapisan bawah yang berwarna cokelat muda,  lapisan kedua yang warnanya coklat tua dan lapisan atas yang merupakan busanya yang creamy saat diseruput.  Sekilas sih mirip minuman Italia, Cappucino.


Gimana, kamu tertarik untuk mencobanya? Berikut saya tuliskan cara dan tips membuatnya agar tidak amis.

Bahan-Bahannya:


1 butir kuning telur ayam kampung atau kuning telur bebek. Kalau nggak ada, bisa pakai kuning telur ayam negeri

1 atau 1,5 sendok gula pasir (sesuai selera)

2 sendok penuh teh tubruk atau bubuk

Air 200 ml

Jeruk nipis setengah bagian

Cara Membuatnya:     

Masukkan kuning telur ke dalam gelas lalu tambahkan gula pasir

Kocok sampai putih, mengembang

Sementara mengocok telur, didihkan air di panci lalu seduh teh tubruk tadi dengan air mendidih dan saring agar ampas dan airnya terpisah.

Kemudian masukan air seduhan teh ke telur yang sudah dikocok tadi.

Aduk sampai tercampur rata.

Beri perasan jeruk nipis

Taraa, Teh Talua yang hangat dan creamy siap diseruput.


Tips Supaya Teh Talua tidak Amis


1.  Gunakan teh tubruk, bukan teh celup, agar aroma dan rasa teh terasa lebih kental
2. Gunakan air panas mendidih untuk menyeduh teh tubruk, buka air panas dari thermos atau dispenser
3. Gunakan kuning telurnya saja, jangan masukkan bagian putihnya. Biasanya aroma amis di minuman ini muncul dari putih telur yang ikut tercampur.
4. Kocok kuning telur dan gula sampai berwarna putih kental dan berbusa. Jika kocokan telur dan gula masih berwarna kuning, itu artinya belum sempurna dan juga bisa menimbulkan bau amis
5. Tambahkan air perasan jeruk nipis untuk menetralisir bau alami khas telur.


Nah, selain “Tambuah ciek”, Teh Talua Ciek” tentu sangat familiar di Rumah makan atau warung Padang.


Minuman dari telur ini, sangat melegenda di kalangan masyarakat Minang. Kalau kamu menyambangi kota Padang, jangan sampai lupa mencicipi kuliner khas Padang ini, ya.









EmoticonEmoticon