Sunday, September 29, 2019

Si Kecil Bosan Ketika Perjalanan Jauh? Coba Lakukan 4 Permainan ini selama di Kendaraan


Si Kecil Bosan Ketika Perjalanan Jauh? Coba Lakukan 4 Permainan ini selama di Kendaraan


Anak rewel di perjalanan img source

Rahma Weni --- Saat perjalanan jauh tentu saja si kecil bosan dan mulai rewel. Ia bosan karena ruang geraknya terbatas, ia tidak bisa bergerak bebas seperti di rumah. Kalau anak bosan, tentunnya ia akan rewel selama perjalanan karena kemampuan komunikasinya yang belum sempurna. Anak merasa lelah, bosan, tapi belum bisa mengutarakannya. Salah satu cara anak menyampaikan rasa ketidaknyamanannya kepada orang tua adalah dengan bersikap rewel.

Agar si kecil tidak bosan dan rewel selama perjalanan jauh cobain yuk, ide permainan ini agar si kecil tetap happy selama perjalanan.

1. Membacakan Buku

membaca buku (unsplash)


Membaca buku merupakan aktivitas yang paling mudah dilakukan bersama anak. Aktivitas yang mudah namun sarat manfaat. Bunda bisa memilihkan buku cerita yang berwarna warni dan bergambar agar menarik perhatian anak dan alur ceritanya sederhana agar mudah dipahami, bukunya tipe board book yang nggak mudah rusak dan robek seperti buku Halo Balita.

Aktivitas membacakan buku ini selain mengusir rasa bosan anak dalam perjalanan juga mempunyai manfaat lain, lho Bunda. Membaca buku akan menambah kemampuan anak di bidang bahasa dan kosa kata, melatih kosentrasinya serta melatih imajinasinya.

2. Bermain Boneka Jari

Boneka Jari, alternatif permainan selama di perjalanan

Aktivitas lain yang bisa Bunda lakukan bersama si kecil ketika dalam perjalanan adalah bermain boneka jari. Bunda bisa menyiapkan beberapa karakter boneka jari sebelum berangkat sebagai bekal dalam perjalanan. Jika Bunda tidak punya boneka jari, Bunda bisa berkreasi dengan kain sisa untuk dibentuk dan dihias menyerupai karakter kartun atau hewan kesukaan anak atau dengan menggunakan sarung tangan juga bisa. Cerita yang disampaikan tak harus cerita dari buku. Orang tua bisa berkreasi dengan mengarang cerita sendiri.

Bunda bisa bergantian dengan si kecil untuk bermain peran. Minta anak menggerakkan tangannya sambil bercerita. Selain mengusir jenuh, permainan ini juga bisa meningkatkan daya imajinasi anak dan kemampuan berceritanya. Disamping itu Bunda bisa menyelipkan nilai-nilai sosial di dalam cerita. Mengajarkan anak tentang empati, toleransi dan peduli.

Baca Juga:

Tips Agar Si Kecil Tidak takut dan Tidak Trauma ke Dokter Gigi, Pengalaman Pertama Mengajak Balita ke Dokter

3.  Bermain Tepuk Tangan dan Bernyanyi



Anak-anak pasti suka menyanyi. Ajak anak bernyanyi selama dalam perjalanan. Bunda bisa bernyanyi bersama anak atau saling sambung nyanyian sama anak. Sambil bernyanyi Bunda juga bisa mengenalkan nama anggota tubuh pada anak, seperti nyanyi "Kepala, Pundak, Lutut" sambil memegang anggota tubuh yang dimaksud. Bernyanyi akan membuat anak senang. Sambil bernyanyi juga bisa diiringi dengan tepuk tangan. Bunda bisa mengkombinasikan tepukan pendek dengan tepukan panjang. Aktivitas ini bisa melatih kemampuan konsentrasi anak serta koordinasi otot tangannya.   

4.   Memasukkan Benda ke Kotak Celengan




Untuk permainan ini Bunda bisa mempersiapkannya sebelum berangkat. Permainan ini hanya menggunakan kardus bekas. Kardus bekas yang dilobangi bagian atasnya seperti lobang celengan, Siapkan juga bahan apa yang akan dimasukkan nantinya, bisa kancing baju, cotton bud, sedotan atau apa saja. Ukuran lobang bisa disesuaikan dengan benda yang akan dimasukkan. 

Selain mengusir rasa jenuh yang membuatnya rewel selama perjalanan, permainan ini juga bisa melatih motorik anak dan kemampuan konsentrasinya.

Itulah beberapa permainan yang bisa Bunda lakukan selama perjalanan bersama si kecil agar ia tidak merasa bosan dan rewel karena ruang geraknya yang terbatas dalam rentang waktu yang cukup lama.

Selamat mencoba. 





EmoticonEmoticon