Sunday, December 8, 2019

Doku Wallet : Cara Membuat Akun Doku Wallet dan Cara Top Up Saldo


Doku Wallet : Cara Membuat Akun Doku Wallet dan Cara Top Up Saldo


Cara Membuat Akun Doku Wallet dan Cara Top Up Saldo
Cara Membuat Akun Doku Wallet dan Cara Top Up Saldo

Rahma Weni ---  Halo, apa kabar semuanya? Sudah pernah dengar Doku? Kalau kemaren saya share tentang Aliexpress, situs belanja online internasioanl, sekarang saya mau share tentang Doku. Apa sih Doku Wallet itu?

Bagi kamu yang sering belanja Online sepertinya tidak asing lagi dengan Paypal kan? Nah, Doku ini hampir sama dengan paypal.  Doku Wallet ini fungsinya sebagai dompet elektronik yang bisa digunakan untuk belanja online ataupun offline di merchant yang sudah menjadi rekanan Doku. Doku Wallet bisa juga dipakai untuk beli pulsa, bayar tagihan atau beli paket data. Namun, untuk premium users selain untuk belanja, Doku Wallet juga bisa untuk mengirim uang ke sasama pengguna Doku atau transfer ke rekening bank. Lumayan lengkap, kan?

Untuk Menggunakan layanan DOKU Wallet, kamu tentunya harus memiliki DOKU ID yaitu ID unik sebagai representasi rekeningmu yang terdiri dari 10 digit angka.

Oke, langsung saja ke cara membuat akun di Doku:

Bagaimana Cara Membuat Akun Doku Wallet?

Download aplikasi Doku Wallet di Play Store

Klik Daftar Sekarang

Klik Masuk




Isikan Nama lengkap, jenis kelamin lalu klik Selanjutnya

Masukkan alamat email yang aktif dan isikan no hp  karena nanti pihak Doku akan mengirimkan email untuk mengaktifkan akun Doku. Lalu klik Selanjutnya






































Set tanggal lahir lalu klik Selanjutnya



Buat password yang terdiri dari 8 digit dan merupakan gabungan huruf dan angka dan ketik ulang, lalu klik Selanjutnya






































Setelah mengisi semua data, konfirmasi akun. Periksa lagi semua data apakah sudah benar. Jika sudah benar lalu centang kotak “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi”. Baru setelah itu klik BUAT AKUN SAYA.



Tampilan Dasboard lebih kurang seperti itu.






















Tampilan ini merupakan tampilan untuk akun biasa.  Untuk mengupgrade ke akun premium agar bisa transfer antar sesama pengguna Doku atau melakukan transfer ke rekening bank. Selain itu, kelebihan akun premium ini adalah bisa tarik tunai dan saldo maksimum bisa sampai 10 juta. Untuk mengupgrade ke akun premium, maka kita harus lengkapi profil terlebih dahulu. Klik menu lalu edit menu dan pilih lengkapi profil.


Pada bagian Lengkapi Profil, kita akan diminta untuk mengisi data diri, seperti nama, No. KTP, alamat dll. Kemudian upload Foto Kartu tanda pengenal misalkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga Foto diri yang sedang memegang KTP.
 

Nah, bagian ini nih yang sedikit wasting time karena sering gagal dan akhirnya diulang lagi proses yang sama. kadang hasil fotonya nggak presisi, kita mengarahkan kameranya secara vertikal tapi nanti hasilnya gambar tampil secara horizontal. jadi nggak sama dengan yang diminta aplikasi. So, harus ulang lagi foto KTP dan foto wajah sambil pegang ID. Hm, lumayan memakan waktu untuk proses verifikasinya. huhuhu..

Kadang verifikasi ditolak karena "Foto Kurang Jelas” atau ketika mau sumbit tapi selalu muncul keterangan “Lengkapi Semua Data”, padahal semua data sudah diisi.  Kita bis ahubungi CS Doku untuk meminta bantuan melalui email ke “care@doku.com” tapi, harap sediakan seember kesabaran dalam menunggu balasan email Doku ini. mereka responnya zuperr lama. Saya menghubungi Doku responnya berhari-hari.

Biaya pendaftarannya gratis, namun untuk setiap kali transaksi pengisian saldo DOKU akan dikenakan biaya administrasi sesuai dengan ketentuan tarif transfer antar bank.

Setelah selesai mendaftar ke Doku Wallet, kamu akan mendapatkan DOKU ID berupa 10 digit angka yang bisa kamu lihat pada halaman depan website resmi/aplikasi Doku Wallet.


Cara Membuat PIN Doku Wallet

Setiap melakukan transaksi finansial, kamu akan diminta untuk mengisi PIN yang telah kamu tentukan sebelumnya.Untuk membuat PIN, ketuk logo DOKU pada pojok kiri atas, kemudian masuk ke Edit Akun. lalu klik Buat PIN Baru yang terdiri dari 4 digit.






















Dalam beberapa saat kamu akan menerima SMS kode OTP berupa 6 digit angka yang harus kamu input ke aplikasi DOKU beserta password kamu untuk konfirmasi. Sampai tahap ini proses embuatan PIN selesai. Untuk bisa bertransaksi dengan menggunakan DOKU, tentunya harus ada saldonya dong. 

Cara Isi Saldo DOKU (Top Up)

Cara Top Up via Internet Banking BRI

Memilih menu “Transfer”
Memilih menu “Bank Lain”
Memilih kode Bank “Bank Permata”
Kemudian Masukkan nomor rekening “856666” + 10 digit DOKU Wallet ID kita. Contoh : 8566661234567890
Lalu masukkan jumlah transfer (nominal isi ulang)
Terakhir pilih “OK”
Setelah transaksi selesai, saldo DOKU Wallet akan otomatis terisi dalam waktu 5-10 menit. Transaksi ini juga akan dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan tarif transfer antar bank.
Minimum transfer Rp 10.000,-

Top Up DOKU Wallet Lewat Gerai Alfamart dan Group Minimarket

 Mengunjungi gerai Alfamart, Alfamidi, AlfaExpress, DAN+DAN, atau Lawson terdekat.
Mengajukan permintaan Top Up DOKU Wallet Anda kepada kasir.
Menyebutkan 10 digit DOKU Wallet ID dan nilai top up. Pilihan nominal yang tersedia: Rp 20.000, Rp 50.000, Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 300.000, Rp 400.000, Rp 500.000)
Lalu bayarlah sejumlah nilai top up 
Proses Top Up Sukses. Simpan bukti pembayaran dan segera cek saldo DOKU Wallet

Seperti itu langkah membuat akun Doku dan top up saldo di Doku. Semoga membantu. 
.































 .











5.  

2 komentar


EmoticonEmoticon